6 Tips Jago Public Speaking yang Baik untuk Introvert, Sudah Pernah Coba?

Tips public speaking yang baik untuk introvert– Hi, Womanesia, sebagai seorang yang introvert, pernah nggak sih kamu ngerasa takut saat berbicara di depan umum?

Ketahuilah, public speaking bagi seorang introvert adalah nightmire sejak zaman dahulu kala. Mendengar kata ‘public speaking disebut’ si introvert pasti sudah merasakan kecemasan berlebih. Jantung berdebar kencang udah deg-degan banget, lutut mendadak lemas, dan bahkan bisa saja semalaman nggak bisa tidur.

That’s the introvert people problems. Right? 

Tapi tidak masalah. Semuanya bisa dilatih sekalipun kamu seorang introvert dan ingin mahir di public speaking. Womanesia akan berbagi tips keren, lho, buat kamu yang masih suka grogi bicara di depan umum.

Apakah Introvert Bisa Jago Public Speaking?

Public speaking untuk introvert

Apakah seorang introvert bisa melakukan public speaking?

Jawabannya adalah BISA. Justru kamu yang memiliki sifat introvert dapat melakukan public speaking lebih tertata rapi dan luwes dibandingkan ekstrovert.

Ketahuilah, faktanya, banyak pembicara andal dunia berkepribadian introvert dan mereka bisa jago public speaking. Bahkan ada yang bilang justru menjadi introvert adalah modal yang baik menjadi public speaker andal dan mahir.

Lagipula seiring dengan perkembangan, tentu saja kamu tidak bisa berdiam diri saja. Apalagi jika masuk lingkup kerja. Mau tidak mau kamu harus terdorong maju dan tidak takut bicara di depan umum.

Mungkin pada awalnya kamu akan mengalami demam panggung. Namun, lama kelamaan pasti terbiasa jika menerapkan tips penting yang akan disampaikan di artikel ini.

Baca juga: Ciri-ciri Perempuan Introvert, Si Pendiam yang Elegan 

Jago Ngomong Belum Tentu Jago Public Speaking

Selama ini orang selalu beranggapan bahwa jago ngomong sudah pasti jago public speaking. Ternyata dalam praktiknya, orang yang ekstrovert belum tentu jago public speaking. Jadi, orang introvert pada dasarnya bisa jadi public speaking yang andal.

Penyebabnya kemampuan berbicara itu tidak sama dengan public speaking. Setiap orang pasti bisa bicara, tapi tidak semua orang bisa mengemukakan pendapatnya. Bahkan dengan karakternya, orang introvert pun bisa menyampaikan pendapat dengan tegas dan lugas.

Namun, karena orang introvert sering mengalami rasa takut dan malu bicara di depan umum tips public speaking yang baik ini sepertinya jadi solusi menarik.

1. Lakukan Persiapan Bicara di Depan Cermin Dahulu Sebelum Tampil

Orang introvert yang cenderung suka menyendiri, memang lebih nyaman ketika sendiri dibandingkan harus berbicara di depan orang banyak. Akan tetapi, suka menyendiri ini bisa kamu manfaatkan untuk berlatih public speaking sebelum tampil, lho.

Banyak juga yang memilih berlatih di depan cermin seolah-olah sedang berbicara di depan orang banyak.

Latihan seperti ini akan memudahkan Womanesia, yang mana akhirnya terbiasa menghadapi banyak orang. Tentunya sebelum berlatih, kamu harus menyiapkan materi, cara penyajian hingga apa yang harus kamu lakukan agar pembicaraan tidak monoton.

2. Perhatikan Kosakata Saat Berbicara

Sejatinya introvert terlahir sebagai pemikir alami, jadi sepertinya tidak akan mengalami banyak kesulitan. Hal seperti ini bahkan dapat menjadi kelebihan mampu mengutarakan pendapat dengan memilah kosakata yang bagus.

Dalam sebuah public speaking peranan kosakata sangat penting. Tujuannya adalah agar mereka yang mendengar pembicaraan kamu bisa memahami apa yang tengah disampaikan.

Untuk itulah pemilihan kata yang jelas, menarik, lugas dan mudah dipahami harus kamu gunakan saat berbicara di depan umum.

Baca juga: Cara Perempuan Milenial Menghadapi Single Shaming

3. Jangan Takut dan Minder dengan Para Audiens

Tips public speaking untuk introvert

Takut berbicara di depan public adalah hal yang lumrah. Banyak yang merasa takut tidak bisa menyampaikan dengan sempurna di depan mereka. Padahal sebagai audiens, mereka pun tidak akan menghardik kamu ketika bicara atau bahkan memarahi.

Para audiens akan senantiasa mendengarkan apa yang kamu sampaikan dengan tenang. Jadi, kamu tidak perlu takut, karena memiliki rasa ketakutan yang berlebihan hanya akan membuat kamu sulit untuk berani maju dan berkembang.

4. Sering Berlatih Adalah Kunci

Sebagai introvert pastinya kamu pernah merasa bingung hendak berbicara apa lagi di depan publik ketika materi yang kamu sampaikan habis. Padahal jika sudah menguasai materi tersebut, kamu bisa mengembangkannya sehingga rasa gugup dan takut bisa teratasi.

Cara mengatasinya bahkan mudah, hanya cukup sering berlatih saja. Sering berbicara di depan umum akan jadi latihan yang mujarab untuk mengusir segala ketakutan dan dapat merangsang otak untuk mengetahui dengan cepat apa yang harus dibicarakan. Mental pun akan lebih siap dan terlatih.

5. Ketahui dan Kuasai Apa yang Jadi Kelebihan Kamu

Setiap orang pasti punya kelebihan, begitu juga dengan orang introvert. Paling penting adalah kamu tahu apa yang menjadi kelebihanmu dan menguasainya.

Jika kamu termasuk introvert, tapi memiliki sisi humoris, maka manfaatkan dan keluarkan sisi tersebut untuk bicara dan menghibur para penonton.

Meski awalnya garing, apabila sering dilatih, maka bisa jadi nilai lebih dan akan mengasah kemampuan kamu dalam berbicara di depan publik.

Kelebihan ini pula yang dapat membantu menghilangkan rasa takut dan grogi.

Baca Juga: Tips Bersosialisasi Selama Pandemi yang Penuh Makna

6. Posisikan Diri Sebagai Penonton

Jurus pamungkas agar kamu yang introvert jago public speaking adalah kamu sama dengan penonton. Artinya tak ada perbedaan antara kamu yang berdiri di depan, sementara penonton duduk sebagai pendengar.

Dengan cara ini di mana kamu menyamakan posisi, dijamin kamu nggak bakalan grogi lagi. Sebab dalam pikiranmu tertanam, tugas public speaker hanya menyampaikan sesuatu dengan sangat baik dan penonton mencoba mendengar, lalu berusaha memahaminya. That’s the clue!

Lagipula kamu sudah mempersiapkan dengan sangat matang. Harapannya pasti kamu dan penonton ingin semuanya berjalan dengan lancar bukan? Jadi, just go with the flow, ya! 

Womanesia, Public speaking bagi sebagian besar orang introvert memang menakutkan, tapi jika ketakutan tersebut terus dipupuk justru tidak akan berkembang. Oleh sebab itu tips jago public speaking bagi kamu yang introvert di atas perlu kamu terapkan mulai saat ini.

Latih, latih dan latih. Bukankah ada kata bijak yang bilang, lebih baik menjadi pejuang daripada mati menjadi pecundang?