Ciri-Ciri Perempuan Introvert, Si Pendiam yang Elegan

ciri ciri perempuan introvert

Ciri-ciri perempuan introvert – Hai, Womanesia, kali ini mau ngomongin soal kepribadian perempuan introvert. Sebuah karakter yang selama ini banyak yang mengira kepribadiannya cenderung pemalu sehingga tak banyak memiliki teman. Benarkah demikian? Bagaimana sih mengenali ciri-ciri perempuan introvert itu?

Sesi sharing di instragram live bersama mbak Mira Sahid , lifestyle blogger juga konsultan StiFin di bulan februari lalu membuat saya tersadar. Sebenarnya saya bukan tergolong perempuan ekstrovert.  Kok tahu? Dari beberapa pertanyaan yang saya ajukan ke Mbak Mira, ternyata ciri-ciri karakter saya lebih mengarah ke perempuan feeling introvert. Tetapi untuk memastikannya, Mbak Mira menyarankan agar saya mengikuti tes StiFin terlebih dahulu. Yup, siap agendakan untuk tes ya, mbak. Hehehe

Nah, siapa yang menyangka jika sesi sharing Mbak Mira berdampak luar biasa buat kehidupan saya, khususnya dalam membangun sebuah bisnis. Setidaknya dengan mengetahui apa sih karakter kita? Ini akan sangat membantu bagaimana menghandle pekerjaan bisnis, bagaimana menghadapi masalah dalam tim serta bagaimana membangun kerajaan bisnis lebih berkembang lagi.

Begitu juga ketika saya ingin menjalin hubungan pertemanan dan asmara. Dengan mengetahui jenis kepribadian saya ini, saya lebih tahu bagaimana harus bersikap kepada teman maupun calon yang masih dalam pencarian. Hahaha… Pokoknya,  Saya bersyukur banget mendapatkan solusi dari setiap masalah di saat yang tepat.

Balik ke topic introvert lagi, ya. Apakah memang benar, tipe orang yang memiliki kepribadian introvert ini cenderung menjadi pemalu dan pemilih? Coba cek di ulasan selanjutnya, ya, Womanesia.

Apa Itu Kepribadian Introvert?

ciri ciri perempuan introvert

Womanesia, istilah kepribadian introvert pertama kali dicetuskan oleh Carl Jung pada tahun 1960-an. Menurut Psikolog Jung dalam bukunya berjudul Pshycologische Typen, manusia memiliki dua tipe kepribadian, yakni introvert dan ekstrovert. Namun ada kalanya dua kepribadian ini akan berubah tergantung dari situasi, yang mana gabungan kepribadian ekstrovert dan introvert mendapat sebutan ambivert.

Sementara apa sih yang dimaksud seseorang berkepribadian introvert?

Dari sumber di Wikipedia, menurut ahli American Psychological Association, ciri-ciri introvert lebih suka menarik diri, pendiam, tenang, suka menyendiri, tidak tergesa-gesa dan berhati-hati. Dari ciri-ciri ini disimpulkan bahwa ciri-ciri perempuan introvert akan lebih suka bekerja secara mandiri daripada harus merepotkan orang lain.

Eits … tapi jangan salah paham, sekalipun memilih mandiri untuk menyelesaikan semua pekerjaan, bukan berarti introvert termasuk orang yang cuek, anti sosial, pemalu atau bahkan bisa dikatakan karakter yang muak dengan hubungan sosial. is it true?

Jelas tidak benar. Introvert tidak seperti yang dianggap kebanyakan orang kok. Dia bisa bersikap baik dan elegan layaknya si ekstrovert. Hanya saja cara melakukan yang sedikit berbeda. Wajib pahami ini, ya, Womanesia.

Apakah Introvert adalah Sifat yang Buruk?  

Tidak ada yang buruk. Baik introvert maupun ekstrovert memiliki kelebihan dan kekurangan. Ciri-ciri perempuan introvert menonjolkan keunikan yang tidak dimiliki oleh ekstrovert. Begitupula Ekstrovert yang kekhasannya suka menghipnotis siapapun yang menjadi temannya. Kita hanya butuh saling mengenal lebih dalam lagi kepribadian introvert maupun ekstrovert Itu saja kuncinya menjalin hubungan dengan karakter yang berbeda.

Sebagaimana karakter ekstrovert yang cenderung supel, ramah, banyak bicara dan mudah bergaul. Kepribadian perempuan introvert juga memiliki ambisi hasrat, semangat, pendapat dalam lingkungan sekitarnya. Hanya saja, Introvert akan lebih banyak diam karena dia memilih jalan ketenangan. Tidak selalu memilih tenang dan sepi, tetapi dalam kondisi sendiri itu, kebanyakan si introvert justru akan lebih nyaman dan bahagia.

Ciri-ciri Introvert tidak membutuhkan banyak stimulasi dalam melakukan hubungan sosial seperti halnya ekstrovert. Dia  justru akan lebih nyaman sekaligus mampu mengoptimalkan bakat, kemampuan dan hal positif lainnya dengan menempatkan pada zona stimulasi yang tepat.

Ciri-Ciri Kepribadian Introvert, si pendiam tampil elegan

Saya tidak segan menyebut introvert termasuk si pendiam yang tampil elegan. Karena ketika dia sekali saja muncul di depan banyak orang, si pendiam ini akan tampil elegan. Idenya brilliant, sosoknya penuh kharismatik dengan tanpa banyak berbicara saat memutuskan sesuatu.

Nah, berikut ciri-ciri perempuan introvert versi Womanesia yang perlu kamu tahu agar tidak menimbulkan prasangka negatif, ya.

1. Kesendirian Baginya adalah Energi

Sendiri merupakan kekhasan introvert. Bagi orang introvert kesendirian adalah sebuah kebahagiaan yang tak ternilai. Menyendiri untuk sosok introvert adalah caranya untuk menjaga energi, kesehatan dan kebahagiaan. Inilah keistimewaan introvert yang tidak banyak orang pahami.

2. Cukup Menguras Energi Jika Berkumpul Banyak Orang

kepribadian introvert

Lelah saat berkumpul dengan banyak orang? atau pernah nggak merasa ingin sendiri dulu untuk mengembalikan energi yang hilang?

Kedua hal di atas merupakan ciri-ciri perempuan introvert. Bagi mereka berkumpul dengan banyak orang butuh energi lebih. Meski begitu tidak bisa diartikan pribadi introvert tidak bisa luwes berinteraksi dengan banyak orang. Bisa-bisa saja sih, hanya saja si karakter introvert ini lebih suka memilih berkumpul dengan orang yang lebih dekat dibanding orang yang baru dikenal. Kalaupun introvert merasa nyaman dengan orang baru biasanya posisinya sudah bergeser sedikit menjadi sosok ambivert.

3. Lingkaran Pertemanan Sempit, Tapi Berkualitas

Tepatnya bukan membatasi diri dalam pertemanan. Keunikan Introvert adalah dia lebih selektif dalam menjalin sebuah hubungan. Tipikal introvert yang pendiam tidak menyukai basa-basi. Introvert akan bergerak jika memang ada kepentingan tertentu. Misal saja dia sedang membangun bisnis, maka mau nggak mau karakter introvert harus memperluas jaringan, namun tidak untuk menjadi teman dekat.

4. Pendiam menjadi Ciri-ciri Perempuan Introvert

Ada kalanya diam itu lebih baik. Mungkin seperti ini jargon karakter introvert yang dipahami selama ini. Namun yang benar adalah mereka akan berbicara yang menurutnya penting.

5. Keramaian Membuat Kepribadian Introvert Kehilangan Fokus

Walaupun tidak semua orang introvert kehilangan fokus saat berada di tempat ramai. Tetapi ada keunikan karakter introvert ini ketika berada di lingkungan padat dan ramai, dia akan kehilangan produktivitas. Jika kamu memiliki teman perempuan yang memiliki ciri tersebut, maka pahamilah. Sebagai catatan, sikap diamnya orang introvert tidak bermaksud sombong atau cuek, ya, Womanesia.

6. Lebih Peka Terhadap Kesalahan yang Dilakukan

Bukan rahasia lagi jika sosok introvert lebih main perasaan daripada ekstrovert. Sebab dia lebih cenderung bermain dengan pikirannya ketika sedang melakukan kesalahan terhadap orang lain.

Maka jangan heran dengan tipikal introvert jika sudah menganalisa diri sendiri dengan sangat detail. Karena baginya, kesadaran diri ini sangat penting. Dengan menyadari kesalahan, maka dia akan bergegas mengambil sikap dengan memperbaiki, lalu menghabiskan waktu intropeksi diri melalui hobi-hobi yang disukai.

7. Ciri-ciri Perempuan Introvert Cenderung Visual

Ciri-ciri introvert bukanlah tipikal yang suka buru-buru. Dia akan melakukan observasi sebelum mencoba sesuatu. Hingga saat dia akan memutuskan untuk mencoba secara langsung, dia akan melakukannya sendiri terlebih dahulu dengan tidak merepotkan orang lain.

8. Inspirasi Datang dalam Kesendirian

kepribadian introvert

Benar adanya jika tingkat produktivitas kepribadian introvert mengalami perkembangan saat sendiri. Orang introvert akan mengolah pikirannya untuk mneghasilkan ide-ide cemerlang ketika dia sedang sendiri. Coba cek diri masing-masing ya, Womanesia.

9. Update Boleh, Tetapi Tidak Harus Mengikuti Tren

Butuh berpikir ribuan kali untuk mengikuti tren terbaru yang sedang popular. Tipikal orang introvert akan menghindari ini karena lebih memilih aman. Bisa dibilang, kepribadian introvert kebal terhadap stres sosial .

10. Lebih Suka Menyampaikan Pendapat Lewat Tulisan

Wah, saya banget ini. Hehehe… Yup. Introvert lebih memilih menyampaikan isi kepalanya melalui tulisan karena dia cenderung berhati-hati dalam perkataan yang takut menyakiti orang lain.

11. Tidak Suka Mengambil Risiko

Tidak suka mengambil risiko di sini bukan berarti sosok introvert tidak menyukai tantangan. Justru sebaliknya, Introvert lebih suka melakukan hal-hal baru yang menantang, namun dia akan lebih berhati-hati mengekspresikan dirinya untuk hal-hal yang disukai

12. Hatinya Terbuka pada Orang Tertentu

Karena ciri-ciri perempuan introvert lebih suka menyendiri, maka isi hatinya akan terbuka pada orang tertentu saja. Dia akan bercerita kepada seseorang yang benar-benar dipercaya. Baginya, kehidupan pribadinya bukanlah konsumsi orang banyak.

13. Pendiam Bikin Salah paham

Fakta lain yang harus Womensia ketahui tentang kepribadian perempuan introvert adalah sikap pendiamnya seringkali bikin salah paham. karena introvert cenderung berpikir lama sebelum mengambil keputusan.

Womanesia, itulah 13 ciri-ciri perempuan introvert yang harus kamu kenali sebelum berteman atau menjalin hubungan ya. Bukankah banyak keunikan dari seorang introvert? Dan apakah kamu memiliki ciri-ciri seperti di atas atau sebaliknya? Yuk, Womanesia mulai belajar mengenali diri sendiri!

 

 

 

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *