Apa itu WordPress Self Hosting?

Kenapa Memilih WordPress Self Hosting? Cari Tahu Kelebihannya, Yuk!

Kenapa Memilih WordPress Self Hosting?

Hi, Womanesia, dunia website dibangun oleh berbagai macam platform yang bisa dinikmati dan digunakan oleh penggunanya, baik yang gratis maupun yang berbayar. Seperti halnya WordPress yang amat populer di kalangan blogger.

WordPress juga memiliki versi gratis dan juga self hosting. Lalu, kenapa harus memilih WordPress Self Hosting? Apa saja kelebihan WordPress Self Hosting ini?

Artikel Womanesia kali ini akan mengulasnya. Agar banyak blogger makin paham dan tidak bingung membedakan antara WordPress gratis dan WordPress Self Hosting.

Apa sih WordPress Self Hosting Itu?

WordPress Self Hosting

Self hosting  adalah Website yang dibangun seperti mempunyai rumah sendiri.

Self hosting merupakan bentuk sebuah server yang terletak di lokasi tertentu yang disebut data center.

Server biasanya dipakai untuk menyimpan data, baik gambar, teks, video, atau data lainya yang berasal dari website kamu.

Nah, WordPress mempunyai keunikan dan kelebihan, yaitu menyediakan CMS (Content Management System) yang membuat penggunanya bisa melakukan self hosting.

Jika di platform gratis kamu menggunakan WordPress.com, maka di WordPress Self Hosting, pengguna menggunakan WordPress.org. dimana harus memiliki domain dan hosting sendiri.

Kelebihan WordPress Self Hosting

Apa itu WordPress Self Hosting?

Setelah mengetahui perbedaan antara WordPress gratis dan self hosting, mari simak apa saja kelebihan dari WordPress Self Hosting untuk menunjang performa Anda sebagai blogger maupun pebisnis.

1. Lebih Sempurna untuk Platform Blogger

WordPress Self Hosting memungkinkan Womanesia untuk memiliki kendali penuh akan website yang dikelola.

Gampangnya begini,

WordPress Self Hosting bisa dianalogikan seperti kamu memiliki rumah sendiri. Di mana kamu memiliki kendali penuh atas rumah tersebut sesuai keinginan serta memiliki hak tanah.

Enaknya lagi, WordPress Self Hosting itu sangat simpel karena kamu sebagai pengguna tidak terikat banyak peraturan dari WordPress itu sendiri. Salah satu contohnya terjadinya penghapusan website.

Selain itu, kamu juga bebas menambahkan fitur apa saja yang ditemukan di platform WordPress Self hosting sesuai kebutuhan, seperti plugin spam, SEO, memperkecil foto dan lain-lain.

2. Terlihat Lebih Profesional

Dunia kepenulisan tak jauh berbeda dengan dunia bisnis. Jika kamu seorang pebisnis yang juga seorang penulis, maka platform WordPress Self Hosting bisa membuat kamu terlihat lebih profesional.

Kamu bisa melakukan banyak perubahan pada web WordPress  Self Hosting yang kamu kelola hingga terlihat lebih unik. Keunikan ini akan membuat tampilan web kamu terlihat makin profesional. Hal ini juga yang akan membuat kamu terlihat lebih unggul di mata para calon klien nantinya.

3. Custom Tampilan

Buat kamu yang memahami pemrogaman, WordPress Self Hosting sangat direkomendasikan. Ketika kamu tidak puas dengan tampilan WordPress yang sudah ada, kamu bisa mengotak-atik tampilan blog sesuai keinginan.

4. Performa Kencang

Kelebihan lainnya yang bisa Womanesia dapatkan dari WordPress Self-Hosted adalah dari segi performa sebuah website.

Beberapa contohnya adalah statistik website di google Analytic lebih cepat meningkat, domain authory (DA) dan page authority juga cepat merangkak naik meski ada beberapa faktor yang harus diterapkan, dan peringkat Alexa juga lebih bagus.

Maka disimpulkan, bagi kamu yang ingin serius di dunia blog, kamu bisa mempertimbangkan WordPress Self Hosting sebagai website Andalan yang bisa menghasilkan cuan.

5. Bisa Mendaftar Ke Google Adsense

Anda juga bisa menghasilkan uang dari web WordPress Anda, loh! Namun, syaratnya Anda harus menggunakan WordPress Self Hosting. Anda dapat mendaftarkan web ke Google Adsense, melakukan monetisasi, dan menghasilkan uang dari WordPress Anda.

Blog yang menggunakan WordPress Self Hosting akan lebih mudah terindeks sehingga lebih banyak mendatangkan pengunjung. Makin banyak pengunjung artinya memperbesar peluang peningkatan pendapatan dari adsense.

6. Bisa Install Banyak Plugin

Apa yang membuat WordPress Self Hosting diminati banyak pelaku bisnis dan blogger?

Sebab di sini WordPress Self Hosting menawarkan kemudahan. Di mana penggunanya bebas install plugin sesuai keperluan.

Womanesia sudah mengulasnya di atas bahwasanya WordPress Self Hostes sudah seperti rumah sendiri sehingga ketika kamu ingin mengubah website personal menjadi website bisnis, maka kamu tinggal menginstal plugin E-Commerce.

Ini hanya sebagian contoh saja. Jenis plugin lainnya banyak sekali ditemukan di WordPress Self Hosted.

7. Optimasi SEO Lebih Mudah

Siapa sih yang tidak ingin brandingnya naik dengan hasil konten yang bisa ditemukan di page one Google?

Tidak hanya pebisnis saja, blogger juga bisa memiliki kesempatan untuk melejitkan branding dengan membuat konten berkualitas dan bisa nangkring di halaman pertama google.

Nah, WordPress Self Hosting memberikan solusinya dengan menyediakan jenis-jenis  plugin SEO yang bisa diinstall.

Plugin SEO ini yang nantinya akan membantu para pebisnis maupun blogger untuk mengoptimasi konten. Yah, meski banyak faktor untuk bermain SEO, tetapi setidaknya plugin SEO di WordPress Self Hosting bisa menjadi tolok ukur seberapa SEO Friendly konten yang sudah kamu tulis.

1 Kekurangan WordPress Self Hosting

Womanesia pernah melakukan sedikit penelitian kepada teman-teman blogger, kenapa sih belum memakai platform WordPress Self Hosting?

75% rata-rata mereka menjawab terkendala dengan dana yang dikeluarkan di WordPress Self Hosted cukup mahal.

Hmmm … Masuk akal banget!

Bukan rahasia umum jika membangun platform blog menggunakan WordPress Self Hosting memang membutuhkan modal besar.

Bagaimana tidak, biasanya kamu menggunakan platform blogger.com cukup membeli domain saja, sementara untuk WordPress.org (Self hosted) kamu juga harus membeli hosting agar bisa mengelola blog dengan baik.

Nah, menurut Womanesia dana bukan kendala terbesar buat kamu yang ingin membuat platform pada WordPress Self Hosted. Kenapa?

Dengan melihat banyak kelebihan di atas, tentunya kamu bisa balik modal jika Website WordPress Self Hosting dikelola dengan baik.

Womanesia sendiri sudah merasakan gurihnya mendapatkan cuan dari hasil menggunakan WordPress Self Hosting yang lebih sering dilirik klien.

Dari sini kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung yang nantinya digunakan untuk perpanjangan domain dan hosting.

Gimana, solusi yang sangat solutif bukan?

Selain itu, guna menghindari harga WordPress Self Hosting mahal, kamu bisa memilih jasa hosting yang memberikan harga murah, tetapi layanan berkualitas.

Sahabat hosting bisa kamu jadikan partner dalam membangun website/blog WordPress Self Hosting.

Selain menyediakan hosting tahunan, Sahabat Hosting juga melayani pembelian hosting per bulan di mana sangat cocok buat kamu yang ingin tester performa terlebih dahulu.

Dan kabar baiknya, bulan ini Sahabat Hosting mengadakan promo DISKON HEMAT sebesar 20% buat kamu yang membeli paket hosting apa saja khusus di bulan Agustus.

WordPress Self Hosting

Enaknya lagi, Sahabat Hosting juga menawarkan jasa migrasi yang juga ada DISKON HEMAT sebanyak 50%. Wow, banget, kan?

Kamu duduk manis di rumah, dan biarkan tim sahabat hosting membantu migrasi blog kamu dengan sekali klik.

Womanesia semakin tertarik?

Sekadar saran, jika ada penyedia hosting yang siap menjadi solusi dari kegalauanmu terkait blog, lalu memberikan pelayanan yang profesional dan lebih aman, kenapa kamu tidak mencoba?

Bukankah sayang dilewatkan oleh Womanesia?

Kepo saja di sahabathosting.com dulu juga boleh, lho. Siapa tahu kamu cocok!

WordPress Self Hosting