Tips Merawat Aki Mobil Agar Preforma Terjaga dan Tetap Prima

Aki mobil merupakan komponen mobil yang mempunyai peran penting, jadi harus dirawat dengan baik. Tetapi masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui tips merawat aki mobil dengan benar itu. Simak penjelasan berikut agar aki mobil tetap terjaga.

Baca juga: Ubah Sampah Plastik Menjadi Aneka Kreasi Kreatif 

Simak Tips Merawat Aki Mobil

Aki mobil merupakan komponen yang penting untuk kendaraan. Aki mempunyai fungsi utama untuk menyuplai daya listrik bagi komponen mobil. Saat aki mobil tidak berfungsi maka kenyamanan pengendara dan penumpang menjadi terganggu. Lalu apa yang harus dilakukan supaya kondisi aki mobil tetap prima dan tidak cepat tekor?

Di masa pandemi ini pasti banyak orang yang yang di rumah sehingga mobil jarang digunakan. Hal ini bisa membuat aki jadi cepat tekor dan tidak prima. Mobil yang jarang digunakan tidak membuat aki menjadi lebih awet tetapi justru membuat tekor atau soak saat dihidupkan.

Cara Merawat Aki Mobil Kering

Berikut ini tips merawat aki mobil kering yang harus Anda perhatikan, sehingga keawetannya lebih bisa bertahan lama.

1. Memeriksa Kondisi Aki Mobil

Kondisi aki mobil harus Anda periksa dengan baik, supaya performa aki kering tidak terganggu. Aki kering mempunyai kerak yang mengganggu kinerja dan proses penyaluran listrik pada bagian sistem mobil.

Anda harus rutin membersihkan korosi pada sekitar terminal supaya performa aki terjaga dengan baik. Korosi yang alami akan menumpuk dan melemahkan arus listrik yang mengalir dan menghambat kinerja aki.

Jika tidak memungkinkan untuk Anda memeriksanya sendiri, Anda bisa membawanya ke bengkel yang lebih ahli di bidangnya.

2. Memastikan Aksesoris Mobil dalam Kondisi Mati

Anda harus mengetahui aki mobil akan otomatis terisi secara penuh saat mesin mobil menyala. Pastikan Anda tidak menyalakan aksesoris listrik pada mobil saat mesin mati. Anda harus mematikan perangkat audio, AC atau pendingin ruangan, lampu, dan yang lainnya.

Saat mobil tidak menyala dan konsumsi listrik terus berjalan maka pastikan arus listrik yang tersimpan tidak akan ada daya lagi untuk menyala dan cepat habis. Jika kondisi tersebut berlangsung dalam waktu yang lama maka selang beberapa waktu aki harus diganti.

Baca juga: Duck Syndrome, Topeng Andalan Mr dan Mrs. Perfect

3. Alternator dalam Kondisi Baik

Tips merawat aki mobil kering juga harus memperhatikan alternator. Pada aki mobil, Anda akan menemukan bagian komponen alternator. Biasanya kondisi alternator yang bagus sangat berpengaruh pada umur aki kering sehingga lebih panjang.

Tetapi saat kondisi alternator buruk maka kemampuan aki akan terhambat dan menurun sehingga lebih cepat soak. Pastikan Anda membantu ketahanan performa alternator secara rutin supaya kondisi aki mobil tetap terjaga dengan baik.

4. Perhatikan Ventilasi Udara

Aki kering mempunyai pengaruh yang sangat penting terhadap performa hantaran listrik. Jadi Anda harus menambahkan aksesoris pelindung pada aki mobil untuk mempertahankan suhu udara pada bagian kaki yang kering.

Perlindungan aki kering dengan ventilasi yang bagus akan terhindar dari suhu yang ekstrim dan memperpanjang umur dari aki. Pada bagian aki kering yang harus Anda perhatikan adalah bagian ventilasi udara.

5. Menjaga Sirkulasi Listrik

Untuk menjaga sirkulasi dengan Anda harus merawat aki mobil dengan cara menyalakannya secara rutin. Jika Anda menyalakan setiap hari, maka akan membawa dampak positif untuk kesehatan mesin mobil.

Jika mesin rutin dinyalakan, di bagian oli dan mesin lain akan bekerja secara optimal. Mesin mobil yang sering dinyalakan membuat aki terisi dengan baik serta kondisi aki mobil kering akan terjaga dalam waktu yang lama.

Baca juga: Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Tips Merawat Aki Mobil Basah

Karena terdapat dua jenis aki yang tersemat di kendaraan, Anda juga perlu tahu bagaimana perawatan aki basah sehingga performanya mampu bertahan secara optimal.

1. Memeriksa Secara Rutin

Umumnya aki basah membutuhkan pemeriksaan yang teliti dan rutin. Anda harus memastikan kondisi aki basah tidak mengalami keretakan supaya aki tidak bocor. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan kepala aki tidak mempunyai gerak berwarna putih.

Jika terdapat kerak putih maka anda harus membersihkannya dengan cara melepas dan memasang kembali secara kencang. Anda juga harus mengecek kabel aki jika ada pengelupasan yang membuat hantaran listrik tidak sempurna.

2. Bersihkan Kerak Putih

Aki basah pasti mempunyai cairan yang akan mengalami oksidasi dan proses kimia lalu meninggalkan berbagai kerak putih pada kepala aki. Biasanya kerak tersebut mengandung asam sulfat atau h2so4 karena mempunyai sifat korosi dan merusak komponen lain.

3. Mengecek Kondisi Cairan

Tips merawat aki mobil juga harus memperhatikan kondisi cairan aki. Agar aki terjaga dengan baik, pastikan Anda melakukan pemantauan air aki. Proses penguapan akan membuat air aki berkurang dan tidak sesuai ukuran standar. Saat aki berkurang kinerjanya juga akan terhambat dan menurun.

4. Menyalakan Mesin Secara Rutin

Untuk menjaga kualitas Anda harus menyalakan mesin mobil secara rutin. Anda bisa membuka kap mesin serta melihat kondisi aki. Jika mesin dihidupkan secara rutin maka arus listrik akan terisi dengan baik dan menjaga kualitas aki.

Jika Anda tidak berencana menggunakan mobil dalam waktu yang cukup lama sebaiknya melepaskan aki mobil pada bagian kap. Hal ini bertujuan agar kondisi aki tetap terjaga dengan baik dan nyalakan minimal 3 kali seminggu dalam waktu 10 menit.

5. Perhatikan Penggunaan Piranti Elektronik

Umumnya harga aki mobil terbilang cukup mahal dan harganya sangat fleksibel. Hal ini tergantung dengan jenis serta merek dari aki. Agar baterai tidak gampang rusak dan merugikan perekonomian, Anda sebaiknya merawat aki dengan baik.

Mobil yang jarang digunakan harus diperhatikan cara perawatannya secara detail. Karena jika mobil dibiarkan tidak menyala, aki akan mudah tekor saat mesin dihidupkan. Hal ini dikarenakan tidak ada siklus pengisian ulang yang sering terjadi saat mesin hidup atau berjalan. Biasanya mobil yang jarang digunakan bisa dirawat dengan memanaskan mesin sesekali waktu.

Untuk Anda yang mempunyai mobil sebaiknya rajin merawat mobil, terutama aki. Karena aki merupakan komponen penting dari komponen yang lainnya. Perhatikan dan pahami tips merawat aki mobil di atas. Apabila memerlukan bantuan, Anda bisa datang ke bengkel mobil terdekat untuk ikut menangani permasalahan mobil Anda.