Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Di era sekarang, sudah banyak sekali anak kecanduan gadget. Bahkan, di umur yang seharusnya tidak diperbolehkan bermain gadget, tapi orang tua membebaskannya lantaran si kecil suka menangis dan mengamuk. Padahal, dengan selalu menuruti kemauan anak, anak akan terbiasa untuk menangis dan mengamuk agar orang tuanya mengizinkan.

Cara mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget sebenarnya dari orang itu sendiri. Jika orang tuanya lemah, maka akan sulit untuk mencegah anak dari tindakan buruk. Padahal, bermain gadget bisa membuat perilaku anak berubah secara drastis, lho. Tentunya hal tersebut akan mengganggu perkembangan dan sosialisasinya.

Tips Mudah Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Beberapa orang tua mungkin memberikan izin kepada anaknya dengan beberapa syarat. Hal itu bagus jika orang tua mampu menjaga konsistensinya. Karena ada beberapa orang tua yang memberikan kelonggaran sehingga anak malah semakin menyukainya. Jika Anda ingin agar anak tidak kecanduan gadget, berikut beberapa tipsnya.

Baca juga: Speech delay pada anak

#1 Membatasi Waktu Penggunaan

Sebagai orang tua, penting sekali untuk membatasi waktu penggunaannya anak saat bermain gadget. Membatasi penggunaannya bisa dilakukan sesuai dengan umur anak itu sendiri. Misalnya untuk anak yang berusia di bawah dua tahun, sebaiknya tidak dibiarkan bermain sendiri.

Sementara untuk anak yang berusia dua sampai empat tahun bisa memberikan waktu kurang dari satu jam setiap harinya untuk menggunakan gadget. Anak yang berusia lima tahun ke atas bisa dibatasi dengan tidak lebih dari dua jam sehari. Jika orang tua rajin untuk membatasi penggunaan kepada si kecil, tentu anak akan terbiasa.

#2 Memberikan Contoh yang Baik untuk Menghindari Anak Kecanduan Gadget

Salah satu alasan kenapa anak suka bermain gadget bisa saja disebabkan oleh kebiasaan orang tuanya. Misalnya orang tua bermain gadget setiap hari tanpa mengenal waktu. Akhirnya anak-anak pun menjadi terbiasa dan mulai meniru kebiasaan tersebut.

Jika orang tua memberikan contoh yang baik, anak pun pasti akan berusaha ikut mencontoh hal tersebut. Selain itu, jika dibiarkan kebiasaan buruk itu, komunikasi antara orang tua dengan anak itu sendiri akan terasa kurang. Akibatnya sering kali masalah broken home terjadi pada anak-anak.

Baca juga: Tanda-tanda ayah toxic

#3 Memperbanyak Aktivitas yang Bermanfaat

Ada lagi cara untuk mencegah agar anak tidak kecanduan bermain gadget. Salah satunya dengan memperbanyak aktivitas yang bermanfaat. Aktivitas tersebut bisa Anda lakukan di luar atau pun dalam rumah. Selain bisa membuat anak-anak sehat, kegiatan ini juga bisa membangun komunikasi lebih mendalam terhadap anak.

#4 Membatasi Wilayah Penggunaan Gadget

Pernahkah Anda melihat momen saat anak meminta gadget kepada Anda karena melihat anak orang lain yang sedang bermain? Tentunya hal ini sangat tidak bagus dalam hubungan sosialisasinya. Ada baiknya orang tua membatasi wilayah penggunaan gadget. Misalnya saat di rumah orang lain, saat sedang makan, saat di ruang keluarga, dan saat tidur.

#5 Memberi Tahu Bahaya Terkait Penggunaan Gadget Secara Berlebihan

Sebelum memutuskan untuk memberikan anak penggunaan gadget, ada baiknya sebagai orang tua memberitahukan kepada anak bahaya saat menggunakannya. Tidak perlu menakuti anak, tapi dengan memberi tahu dampaknya, anak bisa mengurangi penggunaannya.

Jika orang tua rajin mengingatkan anak dan membiasakan anak untuk terbiasa bermain sesuai jadwal, tentunya anak akan terhindar dari kecanduan. Selain itu, cobalah untuk membuat aktivitas yang menyenangkan bersama si kecil agar dia tidak ingin bermain gadget terus menerus.

Beberapa cara di atas bisa Anda lakukan untuk menghindari anak kecanduan gadget. Hal paling penting adalah konsistensi dalam menyesuaikan jadwal. Jangan memberikan kelonggaran pada anak karena mereka malah akan semakin mencari kesempatan.