Aneka kreasi kreatif

Ubah Sampah Plastik Menjadi Aneka Kreasi Kreatif

Pernah mendengar berita  sampah plastik yang masuk ke dalam perut ikan paus? Itu adalah bukti nyata bahwa sampah plastik sudah menjadi masalah terbesar di muka bumi ini. Akibat kecerobohan manusia dalam membuang sampah plastik secara sembarangan. Sampai-sampai hewan laut pun terkena dampaknya.

Seharusnya sampah plastik menjadi perhatian kita semua. Banyak cara sebenarnya bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Salah satunya dengan mengubah sampah plastik menjadi aneka kreasi kreatif.

Saat ini, para pegiat dan pemerhati lingkungan hidup mulai melakukan sosialisasi langkah kreatif mengolah limbah plastik. Apa saja sih yang bisa dihasilkan dari sampah platik?

#1 Pot Tanaman

Memiliki hobi bercocok tanam dan memiliki banyak botol bekas? Kamu bisa memanfaatkan botol bekas untuk membuat pot. Caranya?

Belah botol menjadi dua bagian. Lalu jadikan botol bagian bawah sebagai pot. Isi pot dengan tanah atau media tanam lain. Langkah selanjutnya, tanamlah tanaman yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa melukis atau menghias pot botol plastik tersebut agar tampilannya lebih menarik.

#2 Eco Brick

Ecobrick memiliki arti bata yang ramah lingkungan. Bagi kamu yang ingin membangun rumah antimainstream. Kamu bisa banget menggunakan ecobrick ini sebagai pengganti batu bata yang biasanya terbuat dari tanah atau batu kapur.

Isi botol bekas yang sudah dicuci dan dikeringkan dengaan sampah plastik lainnya (biasanya plastik kemasan snack) hingga padat dan tidak ada lagi rongga udara di dalamnya.

Kumpulkan botol ecobrick ini sebanyak-banyaknya atau sesuaikan dengan kebutuhan. Ecobrick siap untuk kamu gunakan.

eco briks

#3 Celengan Lucu

Mengajarkan anak-anak menabung juga bisa menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan dan mengurangi limbah sampah plastik dengan cara yang kreatif. Ajak anak-anak untuk menghias botol plastik bekas dan lubangi sisi atau bagian tutupnya untuk memasukkan uang. Mereka pasti bersemangat menabung di celengan yang lucu.

#4 Tempat pensil

Kamu juga bisa membuat aneka kreasi kreatif dari sampah botol plastik menjadi tempat alat tulis, loh. Bagi dua botol bekas dengan salah satu bagian lebih panjang. Lalu pasang resleting dengan lem tembak.

Tempat pensil dan pernak-pernik kamu siap untuk kamu gunakan. Jangan lupa untuk menghiasnya agar terlihat lebih indah dan memiliki nilai jual.

Baca Juga: Toko Buah dan Sayur

#5 Wadah Aksesoris

Bagi kaum perempuan, aksesoris menjadi salah satu item wajib yang harus ada dalam setiap gaya fashion mereka. Terkadang, aksesoris yang berlimpah terserak di mana-mana.

Nah, kamu bisa memanfaatkan botol plastik bekas untuk membuat tempat aksesoris. Kamu membutuhkan beberapa botol bekas untuk kamu ambil bagian bawahnya.

Tempelkan potongan botol pastik pada sebatang besi atau kayu, tata secara bersusun hingga terlihat bagus. Dan tempat aksesoris siap digunakan.

#6 Palet Lukis

Jika sebelumnya menggunakan bagian botolnya, sekarang kamu bisa memanfaatkan tutup botol untuk membuat palet lukis untuk wadah catnya. Ambil piring bekas yang sudah tidak digunakan, tempelkan beberapa tutup botol di atasnya dengan lem tembak. Palet lukis kamu siap kamu pakai.

palet lukis

Baca Juga: Ciri-Ciri Hidup Gaya Konsumtif

#7 Lukisan Bernilai Seni Tinggi

Beberapa waktu yang lalu viral seorang pelukis yang menggunakan sampah plastik sebagai bahan lukisannya. Ia mengumpulkan bermacam warna sampah plastik bekas. Kemudian ia mencuci dan menjemurnya hingga bersih dan kering.

Lalu sang seniman menyulapnya menjadi lukisan yang sangat indah dan bernilai jual tinggi. Kalau kamu mempunyai jiwa seni dan ingin membuat lukisan berbahan sampah plastik. Kamu bisa mencobanya.

Banyak cara untuk mengubah sampah plastik menjadi aneka kreasi kreatif. Yang dibutuhkan hanyalah kreativitas, ide, dan kesabaran dalam membuatnya.

Satu langkah kecil ini bisa menjadi penyelamat ekosistem di bumi agar kelak anak cucu kita bisa menikmati keindahan aneka ragam hayati yang ada. Selamat berkreasi dengan sampah botol plastik bekas!