Tips Merawat Kamera Pengintai agar Tetap Bekerja dengan Baik

Kamera pengintai atau CCTV terdiri dari berbagai komponen yang memerlukan perawatan khusus agar dapat bekerja dengan baik. Namun, sebagian orang yang cenderung mengabaikan dan membiarkannya begitu saja seusai dipasang. Hingga pada akhirnya ketika terjadi gangguan atau masalah, baru menyadari akan pentingnya merawat dan mengecek komponen-komponennya.

Selayaknya perangkat elektronik lainnya, kamera CCTV juga memerlukan jeda dan perawatan secara berkala untuk menjaga performanya.

Dengan merawat kamera pengintai secara rutin, kamu dapat memperpanjang masa pakai dan menghemat pengeluaran untuk reparasi dan penggantian kamera CCTV baru.

Tips Merawat Kamera Pengintai supaya Lebih Awet


Mungkin bagi beberapa orang yang masih awam dalam perihal perawatan kamera CCTV akan merasa aneh melakukan hal tersebut, terutama pada jenis kamera pengintai wireless.

Sebagian besar orang membiarkan perangkat CCTV begitu saja selepas dipasang karena mereka pikir kamera CCTV tidak membutuhkan treatment khusus.

Padahal merawat kamera pengintai dengan baik secara rutin dapat membuatnya lebih awet dan mampu bekerja dengan baik meskipun sudah digunakan bertahun-tahun. Perawatan yang dimaksud tidak hanya tentang pemeliharaan sistem dan perangkat pendukungnya saja. Tapi juga komponen pada kamera CCTV itu sendiri.

Supaya kamu lebih tahu tentang cara merawat kamera CCTV, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Bersihkan Kamera CCTV secara Rutin

Baik kamera pengintai wireless maupun berkabel perlu dibersihkan secara rutin karena perangkat ini menjadi komponen utama yang bekerja langsung di area pemantauan. Namun, kamera CCTV outdoor lebih membutuhkan perawatan ekstra karena lebih mudah kotor karena debu, air hujan, asap kendaraan, hingga terkena kotoran burung.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian lensa hingga bersih agar tidak mempengaruhi kualitas hasil gambar yang direkam. Serta bersihkan bagian housing atau pelindung kamera pengintai agar terlihat bersih dari debu dan kotoran yang menempel.

2. Lakukan Pemeriksaan pada Komponen CCTV

Pemeriksaan pada komponen-komponen CCTV juga penting sekali dilakukan, terutama pada jenis kamera pengintai wireless.Supaya perangkat tersebut dapat bekerja dengan optimal dan tidak terjadi gangguan di kemudian hari.

Pemeriksaan terhadap meliputi pengecekan kamera CCTV, kabel, DVR, hingga konektor pada jenis CCTV kabel.

Pastikan kamu rutin memeriksa kabel dan konektor kamera pengintai untuk memastikan bahwa kedua komponen tersebut tersambung dengan baik dan tidak longgar atau kendor.

Jangan lupa untuk memeriksa bahwa tidak ada komponen kabel yang putus dan konektor yang tersambung ke DVR terpasang dengan baik.

3. Mengatur Penempatan DVR

DVR pada kamera pengintai akan bekerja secara terus-menerus yang memungkinkannya mudah panas, sehingga membutuhkan sirkulasi udara yang baik.

Pindahan DVR ke tempat yang memiliki ventilasi yang cukup, agar perangkat tersebut tidak mudah panas dan dapat bekerja dengan optimal.

Bila memungkinkan dan terdapat ruangan ber-AC sebaiknya pindahkan DVR ke ruangan tersebut. Suhu ruangan yang dingin sangat cocok untuk tempat meletakkan DVR.

Pastikan juga bahwa ruangan tersebut tidak berdebu karena debu-debu yang masuk ke dalam lubang DVR dapat mengganggu kinerjanya.

Serta pastikan ruangan penempatan DVR merupakan tempat yang aman dan bersifat tertutup. Sehingga tidak sembarang orang dapat masuk ke sana untuk menghindari risiko terjadinya pencurian data-data rekaman CCTV yang kamu miliki.

4. Lakukan Back Up Data pada Rekaman CCTV

Supaya kamu tidak kehilangan data-data rekaman penting karena terjadi pencurian data di DVR atau karena gangguan teknis. Sebaiknya lakukan back up data rekaman CCTV secara rutin. Pilahlah rekaman mana yang sekiranya penting dan perlu diamankan.

Jika kamu merasa semua rekaman tersebut penting, sebaiknya lakukan back up data secara berkala dalam jangka waktu yang berdekatan.

Biasanya cara ini digunakan oleh perusahaan, perbankan, industri manufaktur, rumah sakit, dan lembaga pemerintah. Tapi tidak ada salahnya jika kamu menerapkannya pada data-data rekaman CCTV di rumah dan di tempat usaha.

Untuk berjaga-jaga jika ada sebuah peristiwa yang tidak terduga di kemudian hari dan membutuhkan rekaman CCTV tersebut.

CCTV Hikvision dengan Teknologi AcuSense Menjadi Pilihan yang Tepat

Teknologi AcuSense yang dihadirkan Hikvision bertujuan untuk membantu memaksimalkan kinerja CCTV pada bidang industri manufaktur, perkantoran, minimarket, pergudangan, lingkungan perumahan, dan tempat-tempat lainnya.

Kamera CCTV Hikvision dengan teknologi AcuSense menawarkan fitur-fitur menarik yang akan membantu kamu meningkatkan keamanan di rumah maupun tempat usaha. Berikut detail keunggulan yang ditawarkan kamera ini :

1. Telah Tersedia Fitur Alarm Peringatan yang Lebih Akurat

Teknologi AcuSense yang disematkan pada kamera CCTV Hikvision mampu memberikan alarm peringatan yang lebih akurat terhadap pergerakan yang terjadi di area sekitar lokasi pemantauan.

Kamera CCTV tersebut mampu memberikan alarm peringatan ketika mendeteksi pergerakan kendaraan dan manusia yang berusaha menerobos masuk.

Berkat teknologi AcuSense yang diusung, kamera CCTV Hikvision mampu membedakan pergerakan mencurigakan dengan lebih akurat. Sehingga terjadinya alarm peringatan yang tidak relevan akan terminimalisir. Alarm peringatan yang tidak relevan biasanya terjadi ketika kamera CCTV mendeteksi pergerakan benda atau hewan kecil yang berkeliaran di sekitar area pemantauan.

2. Telah Tersedia Fitur Peringatan Visual dan Auditori

Kamera CCTV Hikvision dengan teknologi AcuSense telah dibekali fitur peringatan secara auditori dan visual. Ditambah lagi dengan fitur audio dua arah yang akan mempermudah kamu memantau dan mengontrol area sekitar.

Kamu bisa menyesuaikan fitur peringatan tersebut sesuai kebutuhan dan keinginan.

3. Data Hasil Perekaman Dapat Dicari dengan Cepat dan Mudah

Berkat disematkannya teknologi AcuSense pada perangkat CCTV Hikvision. Membuatnya mampu mengurutkan hasil rekaman berdasarkan objek manusia dan kendaraan, sehingga fitur tersebut akan mempermudah kamu dalam mencari data rekaman dengan lebih mudah dan cepat.

Jika kamu ingin mencari detail informasi dan spesifikasi kamera pengintai dari Hikvision AcuSense, kamu bisa langsung mengunjungi website resminya untuk mendapatkan detail spesifikasi dan produk-produk Hikvision seri lainnya.

Tunggu apalagi, kunjungi website-nya sekarang juga!