Data Science Jurusan Favorit Era Digital

Data science menjadi salah satu jurusan kuliah yang wajib Anda lirik dari sekarang.

Menurut beberapa artikel yang saya baca, d koata Science yang akan membantu banyak perusahaan untuk perkembangan kedepannya. Sehingga banyak yang memilih kuliah tersebut untuk keinginan berkarir di dunia teknologi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

Pengertian Kuliah Data Science

Data Science adalah ilmu yang mempelajari data kuantitatif dengan menggunakan rumus, pemrograman, maupun tools yang mendukung. Sehingga ilmu ini akan memberikan seseorang untuk memecahkan suatu masalah berdasarkan data yang sudah dimiliki.

Kuliah Data Science saat ini banyak dipertimbangkan oleh para lulusan sekolah menengah atas yang ingin melanjutkan ke universitas. Jurusan Data Science menjadi salah satu favorite untuk berkarir di dunia teknologi dan startup.

Pada jurusan Data Science akan mempelajari materi seputar bahasa pemrograman dan juga dipersiapkan untuk pemahaman dasar mengenai Artificial Intelligence (AI). Maka ada beberapa jurusan yang mempelajari terkait Data Science sebagai materi yang dipahami pada tingkat dasar sampai sulit, yaitu:

1. Teknik Informatika

Teknik Informatika dikenal sebagai jurusan para programmer yang akan menciptakan website dan software lainnya yang terkait teknologi. Sehingga pada jurusan ini pastinya memiliki pemahaman Data Science dengan materi seputar pemrograman dan pemecahan masalah.

2. Statistika

Statistika adalah jurusan yang berfokus pada pengolahan kata untuk di analisa dan dicari penyebab masalah atau jalan keluarnya. Sehingga Statistika ini juga bisa menjadi salah satu jurusan yang memiliki pemahaman Data Science dalam mengolah data untuk disajikan secara tepat.

Baca juga: Membuat Surat Lamaran yang Benar untuk Fresh Graduate

3. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer merupakan jurusan yang mempelajari seputar pemrograman dan pengembangannya. Sehingga akan ada materi yang mendukung pemahaman Data Science untuk kedepannya dan berguna untuk perusahaan.

4. Matematika

Matematika adalah jurusan bagi yang suka perhitungan dengan penasaran yang tinggi. Jurusan ini juga dicari dalam pekerjaan Data Science yang harus memiliki kemampuan menganalisis yang tinggi dan teliti dalam pemecahan masalah. Sehingga hasil data yang disajikan minim kesalahan.

5. Sistem Informasi

Sistem Informasi sering dikaitkan atau disamakan dengan jurusan Teknik Informatika. Padahal kedua jurusan ini berbeda, Sistem Informasi akan mempelajari secara rinci suatu proses untuk pemecahan masalah yang nantinya akan dikembangkan oleh Teknik Informasi menjadi sebuah program. Sehingga kedua jurusan ini harus memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi.

Prospek Kerja Data Science Menggiurkan

Di Indonesia perkembangan teknologi saat ini membuat prospek kerja Data Science pun semakin dicari perusahaan. Sehingga banyak yang minat untuk menguasai dan mendalami ilmu Data Science tersebut. Prospek kerja Data Science memiliki tiga bidang dengan fokus yang berbeda yaitu Data Analyst, Data Scientist, dan juga Data Engineer.

Ketiga bidang tersebut harus memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang baik. Sehingga keputusan yang akan diberikan bagi perusahaan besar untuk menentukan hasil akhir terkait rencana atau perkembangan kedepannya. Maka bisa dikatakan bahwa Data Science membutuhkan ketelitian dan hard skill yang baik mengingat banyak perusahaan yang membutuhkannya.

Untuk mendalami kuliah Data Science sebagai pilihan untuk karir yang baik kedepannya. Anda bisa bergabung di Data Science UBM dengan fasilitas yang terbaik untuk membantu meraih impian. Mendalami Data Science tidak akan bosan dan mudah dengan UBM karena dibantu oleh pengajar yang profesional dan unggul pada pendidikan bisnis digital.