Simak 5 Alasan Kenapa Reksadana Pasar Uang Menjanjikan

Investasi merupakan salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan kondisi finansial, karena investasi memberikan keuntungan lebih dari sekedar menabung.

Ada berbagai jenis investasi yang bisa Anda pilih, salah satunya investasi reksadana pasar uang. Pada dasarnya, Reksadana sendiri merupakan produk investasi dari kumpulan dana masyarakat pemodal yang diolah ke bentuk portofolio efek, seperti obligasi saham, pasar uang dan efek lainnya.

Reksadana pasar uang menjadi satu investasi dari berbagai jenis investasi reksadana yang memiliki tingkat risiko lebih kecil dibandingkan lainnya.

Dengan melakukan investasi reksadana pasar uang, maka dana Anda 100% akan diolah menjadi instrumen pasar uang seperti SBI atau Sertifikat Bank Indonesia, deposito, atau obligasi dengan batas waktu kurang dari 1 tahun. Tak perlu takut mencoba jenis investasi ini, karena ada banyak keunggulan yang bisa Anda rasakan.

Baca juga: Bersenang-senang tanpa Rasa Bersalah dengan Adanya Sinking Fund 

5 Alasan Kenapa Reksadana Pasar Uang Menjanjikan

Banyak orang yang tidak memulai investasi karena takut dengan risiko yang akan datang dan takut kehilangan modal. Tapi, tak perlu khawatir, karena Reksadana pasar uang dinilai menjanjikan dan minim risiko. Berikut 5 alasan kenapa reksadana pasar uang menjanjikan, yaitu:

1. Keuntungan yang Stabil

Salah satu alasan banyak investor memilih reksadana pasar uang karena bisa mendapatkan keuntungan yang stabil.

Ini cocok bagi Anda untuk mewujudkan kebutuhan di masa depan yang sudah terencana. Anda hanya perlu memperkirakan berapa kebutuhan dan dana yang akan dikeluarkan, sehingga bisa memperhitungkan keuntungan yang dibutuhkan.

Pasalnya sifat keuntungan reksadana pasar uang yaitu cenderung tidak fluktuatif dan tidak banyak terpengaruh pada kondisi ekonomi global.

Investasi ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek maupun panjang.

Apalagi jika Anda mengetahui cara investasi reksadana pasar uang yang tepat sasaran, tentu keuntungan yang didapatkan sangat optimal.

2. Potensi Return Lebih Tinggi

Reksadana pasar uang juga dinilai memiliki potensi return yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan deposito. Semakin tinggi nilai aset, maka semakin tinggi pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Investasi reksadana pasar uang berbeda dengan deposito, di mana suku bunga deposito ditetapkan dari awal sehingga tidak ada peningkatan yang bisa didapatkan.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Ala Orang Jepang 

3. Mudah Mencairkan Dana

Reksadana pasar uang cocok dijadikan sebagai dana darurat Anda, karena investasi ini mudah dicairkan.

Hal ini berbeda jika Anda menyimpan dana di deposito, di mana Anda harus menunggu waktu jatuh tempo untuk pencairan dana agar tidak dikenakan pinalti.

Kebebasan dalam menarik atau mencairkan dana kapanpun tanpa terkena pinalti merupakan salah satu alasan reksadana pasar uang dipilih oleh banyak investor.

Sehingga Anda bisa memanfaatkan reksadana pasar uang sebagai tabungan atau dana darurat yang terus bertambah/menguntungkan.

4. Minim Risiko

Seperti yang diketahui sebelumnya, reksadana pasar uang dinilai memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan reksadana lainnya.

Investasi ini cocok bagi Anda yang masih baru memulai berinvestasi. Anda bisa mencari tahu cara investasi reksadana pasar uang dan menetapkan strategi yang akan dijalankan.

5. Biaya Pembelian dan Penjualan yang Minim

Reksadana pasar uang juga bersifat bebas biaya pembelian dan penjualan. Arti pembelian di sini yaitu penambahan dana yang ingin disimpan pada reksadana pasar uang, sedangkan arti penjualan yaitu dana yang dicairkan dari dana yang tersimpan.

Baik pembelian maupun penjualan reksadana pasar uang, Anda akan dikenakan biaya yang minim bahkan ada yang gratis biaya. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut membeli atau menjual reksadana pasar uang kapanpun ketika dibutuhkan.

Investasi Reksadana di DBS Treasures Saja!

Investasi reksadana pasar uang merupakan investasi yang instrumen aset bersifat jangka pendek atau tidak lebih dari 1 tahun dengan kualitas tinggi dan aktiva utang jangka pendek mudah cair.

Dalam investasi reksadana, DBS Treasures menjadi pilihan priority banking yang tepat untuk memudahkan investasi Anda. Lantas, apa saja yang bisa Anda dapatkan dari DBS Treasures? Berikut ulasannya:

1. Investasi Dikelola Oleh Profesional

Dengan investasi reksadana di DBS Treasures, maka dana investasi akan dikelola oleh mitra manajer investasi profesional, terkemuka dan berpengalaman dalam berinvestasi.

Hal ini bagus untuk mengoptimalkan kinerja produk Anda. Makanya tak heran jika DBS Treasures jadi pilihan yang tepat.

2. Wawasan Panduan Investasi

Selain mendapatkan keuntungan investasi, Anda juga akan mendapatkan wawasan panduan investasi yang sangat bermanfaat.

Hal ini dikarenakan DBS Treasures memiliki tim ahli finansial yang proaktif menganalisis dan mengkomunikasikan risiko, kinerja, serta potensi perkembangan peluang terkini yang telah dipersonalisasi untuk Anda.

3. Diversifikasi

Untuk menghindari risiko yang terjadi saat berinvestasi, maka dilakukanlah diversifikasi penyebaran dana ke berbagai jenis aset investasi.

4. Likuiditas Harian

Likuiditas harian artinya investor bisa menjual kepemilikan sesuai nilai aktiva bersih di hari yang sama.

5. Pengawasan Pemerintah

Anda tak perlu khawatir untuk memulai investasi reksadana pasar uang, karena selain risiko minim, investasi ini juga sudah terdaftar dan diawasi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, jadi bisa dipastikan aman.

Investasi yang sudah di berada dibawah OJK pasti tidak akan menjadi kedok penipuan, selama Anda juga bisa memainkannya dengan tepat.
Itulah beberapa alasan mengapa investasi reksadana pasar uang dinilai menjanjikan yang bisa Anda ketahui.

Mari lakukan investasi untuk masa depan yang lebih cerah sekarang juga! Jangan lupa, DBS Treasures menjadi pilihan priority banking sebagai mitra manajemen kekayaan Anda, agar Anda dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat.