Kakeibo:Tips Mengelola Keuangan Ala Orang Jepang

Kakeibo: Tips Mengelola Keuangan ala orang Jepang  – Apakah Womanesia masih kesulitan bagaimana cara yang baik dalam mengelola keuangan?

Tenang! Kabar baiknya kali ini kita bongkar bagaimana rahasia orang Jepang dalam mengatur keuangan yang bisa Womanesia tiru.

Kamu Mungkin Tertarik: Rahasia Kecantikan Ala Orang Jepang 

Mengenal Konsep Kakeibo, Sebuah Cara Mengelola Keuangan Ala Orang Jepang

Orang Jepang sendiri menyebut pengaturan keuangan ini dengan istilah Kakeibo yang artinya buku catatan keuangan rumah tangga.

Dan secara sederhana Kakeibo merupakan buku catatan untuk mengatur antara pemasukan dan pengeluaran yang ditulis secara manual dengan tujuan agar lebih hemat dan efektif.

Sementara Kakeibo pertama kali dibuat oleh seorang jurnalis wanita asal Jepang yang bernama Hani Makoto di tahun 1908.

Pada dasarnya konsep Kakeibo ini sangat sederhana dan cukup efektif. Namun sayangnya sangat jarang dilakukan oleh orang-orang yang saat ini telah mengenal teknologi.

Bagaimana Tips Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang atau Kakeibo?

Metode Kakeibo dianggap menjadi teknik cerdas dalam mengelola keuangan. Untuk menerapkan teknik ini, hanya dibutuhkan buku catatan, pulpen, penggaris, dan stabilo saja. Bahkan, setiap orang bisa membuat desain kakeibo sebagai buku catatan rumah tangga versinya sendiri

Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu tiru untuk mulai mengatur uang dengan metode menabung ala orang-orang Jepang:

Cara mengatur keuangan ala orang jepang

1. Siapkan Catatan Keuangan

Langkah pertama, Womanesia wajib menyiapkan catatan besar dan catatan kecil. Catatan besar berisi keseluruhan neraca keuangan bulanan. Biasanya meliputi laporan keuangan yang masuk dan keluar.

Sementara untuk catatan kecil berfungsi menulis semua pengeluaran yang womenesia butuhkan. Dan pastikan womenesia bawa catatan ini kemanapun kamu pergi ya!

Lalu, kenapa sebaiknya menggunakan catatan yang ditulis secara manual dengan tulisan tangan?

Pasalnya berdasarkan studi Psychological Science dengan menulis tangan orang akan lebih mudah mengingat ketimbang diketik di smartphone maupun laptop.

Alasannya agar lebih gampang ingat berapa pemasukan dan pengeluaran Womanesia setiap bulan.

2. Catatlah Pemasukan Bulanan.

Langkah kedua, Womanesia wajib mencatat kebutuhan pemasukan bulanan. Pemasukan ini meliputi gaji bulanan, penghasilan usaha sampingan dan bahkan hasil pemberian orang tua, kakak, adik, dan lainnya jika ada.

3. Sisihkan Penghasilan untuk Tabungan

Cara menabung ala orang jepang

Langkah selanjutnya setelah mencatat semua penghasilan bulanan. Womanesia wajib menyisihkan hasil penghasilan untuk tabungan.

Ingat tabungan ini wajib menjadi pengeluaran pertama womenesia, ya. Jangan sampai kamu jadikan pengeluaran yang terakhir.

Berbeda dengan metode pengeluaran lainnya yang biasanya tabungan dialokasikan menunggu hasil sisa-sisa kebutuhan bulanan.

4. Bagi Pengeluaran Jadi 4 Bagian.

Mengatur keuangan ala orang Jepang

Salah satu hal menarik dari konsep Kakeibo adalah cara membagi pengeluaran menjadi 4 bagian. Diantaranya yaitu:

  • Survival

Catatlah apa saja yang mungkin Womanesia butuhkan agar tetap bisa bertahan hidup. Dan lebih gampangnya adalah kebutuhan pokok Womanesia yang meliputi kebutuhan sandang, pangan, dan papan.

Misalnya saja, kebutuhan kuota internet, kebutuhan makan, tagihan listrik, kebutuhan transportasi, perlengkapan sehari dan lainnya.

Dan pastinya setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda tergantung apa pekerjaan dan bagaimana aktivitas kesehariannya.

  • Opsional

Pembagian pengeluaran kedua adalah opsional. Caranya catatlah pengeluaran Womanesia yang bersifat opsional, tidak mendesak dan juga tidak terlalu penting.

Misalnya saja pengeluaran untuk belanja barang-barang mewah, makan di restoran, dan juga kebutuhan yang tidak penting lainnya.

Kebutuhan opsional ini meskipun tidak terpenuhi, kamu masih tetap bisa menjalankan hidup dengan normal.

  • Culture

Culture sendiri merupakan alokasi dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan Womanesia untuk menambah wawasan baru.

Misalnya saja untuk membeli buku, nonton film, majalah, kursus online, dan lainnya.

  • Extra

Alokasi dana yang terakhir adalah pengeluaran extra. Pengeluaran extra ini berfungsi untuk kebutuhan diluar dugaan. Misalnya saja untuk memperbaiki gadget yang rusak, sakit, membeli hadiah untuk teman, memperbaiki rumah, dan lainnya.

Kamu Mungkin Tertarik: 4 Jenis Parenting Style dan Dampaknya Bagi Perkembangan Anak

6. Siapkan Wadah untuk Tiap Pengeluaran.

Setelah mencatat dan membagi alokasi pengeluaran. Langkah selanjutnya yang perlu Womanesia lakukan adalah menyiapkan wadah di setiap pembagian alokasi pengeluaran.

Wadah ini bisa berupa celengan, amplop, ataupun rekening. Dan pastikan womenesia tidak lupa untuk mencatat semua pengeluaran bulanan womenesia ya!

7. Evaluasi Laporan Keuangan

Kelola keuangan metode kakeibo

Langkah terakhir adalah mengevaluasi setiap laporan keuangan bulanan. Pastikan Womanesia mencatat isi setiap wadah sebelumnya yang dibagi di akhir bulan. Apakah masih ada yang tersisa atau bahkan malah minus?

Selanjutnya evaluasi dan dijadikan pertimbangan untuk perencanaan keuangan bulan depan.

Dan sebaiknya jawab 4 pertanyaan berikut untuk memudahkan Womanesia dalam mengevaluasi pengeluaran setiap bulannya.

Apakah Womanesia sudah menabung sesuai dengan kesepakatan anggaran yang dibuat?

Hal apakah yang sebaiknya kamu lakukan agar tetap bisa menabung?
Kira-kira pengeluaran yang mana yang ternyata terlalu boros?

Bagaimana caranya agar bulan depan pengeluaran bisa lebih baik lagi?

Keempat pernyataan diatas dibuat agar womenesia sadar apa saja pengeluaran yang perlu womenesia perbaiki agar bulan depan pengaturan keuangan womenesia bisa lebih baik.

Kesimpulan

Itulah tips mengatur keuangan ala orang Jepang atau Kakeibo. Bagaimana konsep pengaturan keuangan ini sangat sederhana namun efektif bukan?

Dan pastinya Kakeibo ini sangat mudah womenesia terapkan untuk mengelola keuangan agar lebih hemat.

Konsep ini juga sangat cocok diterapkan womenesia sebagai ibu dalam mengatur keuangan rumah tangga. Jadi, apakah Womanesia tertarik mencobanya?

 

1 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *