Mengenal Asuransi ABDA dan Asuransi Tokio Marine

Bagi para pemilik mobil, kamu tentu sudah mengenal banyak referensi produk asuransi mobil dengan kualitas terbaik. Dua di antaranya adalah asuransi ABDA dan asuransi Tokio Marine Indonesia.

Asuransi mobil sendiri sudah menjadi sesuatu yang lekat dengan para pemilik kendaraan sebagaimana manfaat produk pengelolaan keuangan ini menjadi safety net untuk menanggung ganti rugi saat mobil mengalami kerusakan.

Asuransi ABDA sudah dikenal sebagai perusahaan asuransi yang memiliki reputasi yang bagus. Selain asuransi mobil, ABDA menawarkan asuransi kesehatan karyawan dan asuransi kecelakaan juga.

Asuransi Tokio Marine Indonesia pun tidak kalah bagus. Selain unggul di asuransi mobil, Tokio Marine turut menawarkan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi umum.

Khusus dalam ulasan kali ini, mari kita cari tahu lebih jauh mengenai keunggulan asuransi mobil ABDA dan asuransi mobil Tokio Marine.

Baca juga: Bersenang-senang tanpa Rasa Bersalah dengan Adanya Singkong Fund

Asuransi mobil ABDA

Pertama-tama, mari kita kenali lebih jauh tentang asuransi ABDA. Asuransi ABDA memiliki keunggulan pada produk asuransi kendaraan bermotor, khususnya mobil, dari PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk atau Asuransi ABDA.

Bila kamu bertanya-tanya soal keunggulan dari asuransi ini, tentu salah satu jawabannya adalah tersedianya layanan Road Side Assistance 24 jam yang membantu penggantian ban, pesan antar bensin, hingga membuka pintu kendaraan ketika kunci tertinggal di dalam mobil.

Selain asuransi mobil, ABDA juga memfokuskan diri pada jenis asuransi kerugian lainnya seperti, asuransi kebakaran, rekayasa, tanggung gugat, pengangkutan, peralatan berat, asuransi kesehatan, aneka, dan lain-lain.

Bicara lebih khusus soal asuransi mobil, asuransi ABDA sebenarnya menawarkan dua produk. Kedua produk tersebut, yakni total loss only (TLO) dan comprehensive (all risk).

Kamu tidak perlu khawatir soal biaya premi dari asuransi ini karena ada penawaran termurah mulai dari Rp36 ribu per bulan untuk produk TLO. Sementara itu, kamu hanya cukup mengeluarkan Rp205 ribu per bulan untuk produk comprehensive (all risk).

Akan tetapi, harga tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari kota atau wilayah domisili kendaraan, nilai kendaraan, tipe atau jenis kendaraan, tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih, usia kendaraan, jenis penggunaan, hingga perluasan jaminan yang dipilih.

Pada umumnya, harga premi produk comprehensive (all risk) biasanya lebih mahal dibandingkan dengan premi produk asuransi TLO.

Hal ini lantaran manfaat pertanggungan produk comprehensive (all risk) yang didapatkan lebih banyak. Khusus untuk asuransi comprehensive all risk, kamu akan dibebankan biaya own risk sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Besaran premi yang ditetapkan untuk produk Asuransi Mobil ABDA merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Lantas, apa saja manfaat polis asuransi ABDA? Sama seperti asuransi yang lain, asuransi ABDA tentu menawarkan keuntungan tersendiri. Ada pun tiga benefit yang ditawarkan asuransi ini:

1.Pertanggungan Total Loss Only (TLO)

Memberikan biaya pertanggungan mencapai 75 persen atau lebih dari harga kendaraan ketika mengalami kerugian, baik akibat kecelakaan maupun kehilangan.

2. Pertanggungan Comprehensive (All Risk)

Memberikan biaya pertanggungan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam polis, termasuk akibat pencurian.

3. Santunan Kendaraan Bermotor

Memberikan biaya pergantian selama kendaraan roda empat sedang dalam perbaikan akibat kerusakan.

Baca juga: Kakeibo: Tips Kelola Keuangan Ala Orang Jepang 

Asuransi Tokio Marine Indonesia

Buat kamu yang belum familier, asuransi Tokio Marine Indonesia merupakan salah satu produk yang dihadirkan perusahaan asuransi umum asal Jepang, Tokio Marine. Asuransi ini hadir di Indonesia sejak tahun 1975.

Salah satu asuransi yang ditawarkan oleh asuransi Tokio Marine Indonesia, yakni asuransi mobil. Namun tak cuma itu, ada pula Asuransi Kesehatan Tokio Marine, asuransi rumah, dan asuransi tambahan plannya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Bicara lebih khusus soal asuransi mobil Tokio Marine Indonesia, tersedia dua pilihan produk, yaitu comprehensive (all risk) dan Total Loss Only (TLO).

Asuransi yang satu ini juga dikenal unggul lantaran menyuguhkan opsi polis yang beragam. Karena itu, kamu bisa dengan mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Preminya juga terbilang terjangkau. Untuk polis Total Loss Only (TLO), polisnya dimulai dari Rp36 ribu per bulan. Sementara itu, untuk all risk, polisnya dimulai dari Rp205 ribu per bulan.

Akan tetapi, harga tersebut tentu dapat pula dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kota atau wilayah domisili kendaraan, nilai kendaraan, tipe atau jenis kendaraan, tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih, usia kendaraan, jenis penggunaan, dan perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Untuk asuransi all risk, ada biaya risiko (own risk) yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Asuransi Tokio Marine Indonesia juga menawarkan beberapa benefit melalui masing-masing produknya.

1. Asuransi All Risk

Menanggung risiko kerusakan kecil hingga total

2. Asuransi TLO

Menanggung risiko kerusakan/ kerugian total

3. Auto Partner Silver

Manfaat All Risk + tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)

4. Auto Partner Gold

Manfaat All Risk + tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)

5. Auto Partner Platinum

Manfaat All Risk + tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)

Jadi mau pilih yang mana untuk memproteksi mobil kesayanganmu? Jangan ragu untuk mengonsultasikan kebutuhan keuanganmu dengan broker atau agen asuransi pilihanmu.