Bermasalah dengan Bau Mulut? Atasi dengan Obat Kumur Terbaik dari SehatQ

Womanesia.ID РHi, Womanesia 

Bau mulut tak sedap merupakan problem yang cukup mengganggu penampilan.

Keadaan yang demikian sering kali mengganggu orang lain dan jadi tidak pede. Ada beragam faktor penyebab bau mulut bermasalah.Contohnya kondisi gigi yang bermasalah dan kerap jadi sebab mayoritas.

Bau mulut bermasalah pun bisa muncul diakibatkan sakit secara medis dan lainnya. Untuk memahami pemicu bau mulut tak sedap simak selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga:  Tampil Cantik di Pernikahan, Inilah Rekomendasi Produk Kecantikan untuk Calon Pengantin

Ini Dia Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu

Pada dasarnya bau mulut bisa timbul karena adanya kuman dan bakteri yang berkembang dan tumbuh subur dalam mulut. Alhasil ketika bernapas atau berbicara akan tercium bau kurang sedap.

Ada beragam pemicu penyebab bau mulut bermasalah hingga keluar bau yang mengganggu. Berikut adalah contoh yang mayoritas menjadi pemicunya:

1. Tidur Mendengkur

Apabila kamu termasuk yang suka mendengkur saat tidur atau tidur dengan kondisi mulut terbuka, menurut penelitian saat bangun tidur akan lebih berpotensi menimbulkan bau mulut kurang sedap.

Saat tidur dalam posisi itu mulut akan jadi kering dan jadi lahan empuk bagi bakteri untuk berkembang.

Pada saat itu pula jumlah saliva akan berkurang hingga mulut tidak memiliki kekuatan dalam melawan bakteri, bau tak sedap akan tercium dari mulut.

2. Mulut Kering

Aroma tak enak dari mulut bisa juga diakibatkan berkurangnya saliva hingga mulut jadi kering. Padahal air liur ini memiliki fungsi penting untuk melawan bakteri. Keadaan mulut kering kerap terjadi saat bangun tidur.

Apabila jumlah saliva menurun, otomatis kuman dan bakteri akan lebih cepat berkembangbiak.

Beberapa sebab yang mengakibatkan timbulnya mulut kering, misalnya efek samping mengonsumsi obat tertentu atau mengalami dehidrasi.

Baca juga: Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas. Tahan sampai dua Minggu, lho!

3. Gusi Bermasalah

Penyebab bau mulut bermasalah bukan hanya berasal dari area mulut yang kurang terlindungi kesehatannya.

Sebab lain bisa datang dari gusi yang bermasalah. Beragam penelitian yang telah dilaksanakan menemukan keterkaitan antara terjadinya gusi bermasalah dengan aroma tak sedap dari mulut.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman dengan Bau yang Kuat

Konsumsi minuman atau makanan tertentu juga bisa jadi faktor bermasalahnya bau mulut. Misalnya saja sehabis makan bawang, durian atau petai tentu akan memunculkan aroma kurang enak.

Sisa makanan yang tertinggal pun bisa jadi sebab mulut menyebarkan aroma yang tidak enak.

Ada lagi faktor potensi penting yakni mengonsumsi obat medis jenis tertentu dan menghisap rokok. Terlalu sering bisa berakibat mulut jadi kering.

Jadi, meskipun sering sikat gigi, tak bisa menyelesaikan masalah jika tetap mengonsumi obat tersebut.

Baca juga: 9 Tips Memilih Kos untuk Mahasiswa Agar Kuliah Optimal

Rekomendasi Obat Kumur Terbaik Untuk Mengatasi Bau Mulut

Obat kumur banyak dijadikan solusi untuk mengatasi bau mulut yang kurang sedap karena menggosok gigi setiap hari terkadang tidak cukup.

Berikut adalah rekomendasi obat kumur yang dapat kamu coba:

1. Listerine Zero

Obat kumur yang paling sering digunakan dan direkomendasikan adalah Listerine Zero karena cocok digunakan setiap hari dan tidak mengandung alkohol.

Produk ini mengandung 4 macam minyak esensial yang efektif membuat mulut terasa segar selama beraktivitas.
Selain tidak mengandung alkohol dalam Listerine Zero terkandung methyl salycylate sehingga ampuh juga dipakai sebagai cairan kumur antiseptik.

Menggunakannya dua kali dalam sehari sebanyak 20 ml dapat mengatasi bakteri, virus dan penyebab lainnya.

Baca juga: Tips Bersosialisasi selama Pandemi Penuh Makna

2. Betadine Kumur

Betadine kumur menjadi antiseptik yang diklaim ampuh mengatasi bau mulut tak enak dan mencegah infeksi karena adanya jamur, virus dan bakteri.

Antiseptik ini terkandung povidone-iodine yang bekerja utama sebagai antiseptik dan mengurangi risiko gigi berlubang.

Gunakan obat ini sehari 3-4 kali dan pastikan kamu sudah mendapatkan ijin dari dokter apabila menggunakannya lebih dari seminggu.

3. Total Care Mouthwash Lemon Herbs

Dalam obat kumur ini terkandung beragam bahan alami misalnya tea tree oil, lemon dan habatussauda.

Kandungan tersebut tidak hanya membuat mulut menjadi fresh juga bermanfaat sebagai antibakteri yang bagus.

Total Care Mouthwash Lemon Herbs juga memiliki kandungan xylitol, cetylpyridinium dan fluoride yang mampu mengatasi dan mengurangi plak gigi.

Cara pemakaian produk ini adalah tuang sebanyak 15 ml dan gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Bilas dengan air agar bersih. Satu lagi, produk ini berlabel halal, jadi kamu bisa tenang menggunakannya saat tidak sengaja tertelan.

5. Pepsodent Mouthwash Sensitive Expert

Bagi yang memiliki masalah gigi sensitif atau sering ngilu karena suhu dingin atau panas cocok sekali menggunakan obat kumur satu ini.

Obat kumur tersebut dipercaya mampu mempercepat pengeroposan enamel yang membuat gigi makin sensitif.

Di dalamnya ada zinc yang bermanfaat untuk mengatasi perkembangan bakteri yang jadi penyebab bau mulut bermasalah dan gigi keropos. Flouride di dalamnya juga membuat gigi terlindungi dari adanya plak.

Mulut dengan aroma kurang nyaman akan sulit diatasi apabila tidak paham dan tahu penyebab bau mulut bermasalah.

Sebab itu, penting mengetahui dulu penyebab rincinya sebelum mencari solusi baik ke dokter atau menggunakan obat rekomendasi dari SehatQ di atas.