9 Tips Memilih Kost Mahasiswa Agar Kuliah Optimal

Tips Memilih kost mahasiswa – Womanesia, salah satu tantangan terbesar saat kuliah adalah menjadi anak kost. Yup, hijrah dari daerah asal, tinggal berjauhan dari keluarga, dan ‘dipaksa’ hidup mandiri. Ini bisa menjadi tantangan dan pengalaman yang luar biasa.

Kost bisa menjadi salah satu kebutuhan pokok dan support system yang tidak bisa dianggap remeh karena dapat menunjang kesuksesan dan kelancaran kuliah.

Untuk itu, kamu harus mencari kost yang nyaman, aman, memiliki sarana dan prasarana yang baik, serta yang terpenting dekat dengan lokasi kampus. Memilih kost tidak boleh asal-asalan dan yang penting murah.

Baca Juga : Tren Wanita Berhijab 2021

Fungsi dan Manfaat Kost

Kost akan menjadi tempat tinggal utama selama menempuh pendidikan. Selayaknya kost pada umumnya, kost bisa berupa rumah atau kamar.

Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat kost yang harus Womanesia pahami sebelum memilih kost Mahasiswa yang nyaman berupa rumah atau kamar.

1. Sebagai Tempat Tinggal

Layaknya sebuah rumah, kost akan menjadi tempat tinggal dan melakukan aktivitas dan rutinitas, seperti mandi, masak, dan makan. Kost juga menjadi tempat meletakan berbagai perlengkapan, mulai dari pakaian, buku, tempat tidur, serta perlengkapan pendukung lainnya.

2. Sebagai Tempat Istirahat

Fungsi utama kost sebagai tempat tinggal adalah tempat istirahat setelah seharian beraktivitas di kampus dan berbagai kegiatan lainnya. Tidak jarang mahasiswa menginginkan fasilitas pendukung yang bisa memberikan kenyamanan, seperti AC atau kipas angin, serta tempat tidur yang nyaman.

3. Sebagai Tempat Belajar

Merujuk lagi tujuan merantau dan menjadi anak kost, yaitu kuliah. Yang tugas utamanya adalah belajar, mulai dari mengulang materi yang disampaikan dosen, belajar untuk ujian, hingga tempat untuk mengerjakan tugas. Sebaiknya mengkondisikan kost menjadi tempat yang nyaman untuk belajar dengan santai dan menyenangkan.

Mungkin Anda Tertarik: 9 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang

Tips Memilih Kost untuk Mahasiswa  Agar Kuliah Optimal

Setiap mahasiswa pasti mendambakan kuliah yang lancar, bebas hambatan, dan cepat selesai agar dapat menggapai cita-cita. Percaya atau tidak, kost yang nyaman akan berpengaruh terhadap proses perkuliahan.

Sebaiknya, jika memang kamu sudah berniat kuliah di luar kota dan menjadi anak kost, kamu sudah harus mulai memikirkan dan merencanakan tempat kost. Berikut ini 9 tips memilih kost yang nyaman agar kuliah  optimal.

1. Ukuran Ruang

Tips memilih kost mahasiswa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu harus memilih kost berupa rumah atau kamar. Selanjutnya, pilih kost yang memiliki ruangan yang layak. Bila ukuran kamar terlalu sempit kamu akan merasa tidak nyaman, apalagi ditambah dengan barang-barang. Jangan lupa perhatikan juga sirkulasi udara.

2. Dekat dengan Kampus

Memilih kost ideal untuk mahasiswa

Karena tujuan utama adalah kuliah, maka sebaiknya pilih kost yang jarak tempuhnya dekat dengan kampus. Jarak akan berpengaruh terhadap mobilitas, memudahkan, serta efisiensi waktu dan biaya. Kamu jadi tidak perlu buru-buru dan kelelahan karena jarak tempuh yang jauh. Perjalanan yang jauh akan menyebabkan tubuh cepat letih.

Lagi, ketika ada barang yang tertinggal akan mudah mengambilnya. Kuliah menjadi aman dan optimal.

3. Lingkungan yang Mendukung

Lingkungan yang mendukung tidak hanya bersih, tapi juga pergaulan yang bisa memberikan memberikan pengaruh positif. Misal, jauh dari pergaulan bebas, serta penghuni kost yang suka merokok dan minum alkohol. Meski tidak terlibat, namun akan memengaruhi psikologis dan mendapat image buruk dari orang yang akan merugikan diri sendiri. Selain itu, pilih kost yang tidak begitu ramai dan sering digunakan sebagai tempat nongkrong.

Pilih juga tempat kost yang dekat dengan minimarket, warung makan, laundry, dan fasilitas yang dianggap penting lainnya.

4. Cari Tahu Peraturan Kost

Sebagai informasi, tiap kost memiliki aturan yang harus dipatuhi. Saat mencari kost, sebaiknya tanyakan peraturan agar bisa menyesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan. Misal, kost yang mempunyai jam malam dan melarang tamu beda jenis kelamin.

5. Kamar Mandi

Memilih kost anak kuliah
Sumber gambar: www.grid.id

Bagi sebagian orang kamar mandi merupakan area personal yang menjadi pertimbangan saat memilih kost. Ada yang kamar mandi terletak di dalam kamar dan ada yang di luar.

Jika di luar juga harus diperhatikan untuk kapasitas berapa orang. Periksa juga kondisi kamar mandi, jika kotor dan berlumut sebaiknya minta penanggung jawab kost untuk membersihkannya terlebih dahulu.

6. Kost Putra, Kost Putri, atau Campur

Pemilihan kost variatif tidak hanya persoalan harga. Ada sebagian kost yang bebas menerima pengguna putra maupun putri dan satu tempat. Namun, tidak sedikit yang mengatur kost khusus untuk putra atau putri saja.

7. Mencari Jauh-jauh Hari

Agar mendapat kost yang nyaman, survei dan cari kost dengan rentang waktu yang cukup. Misal, setelah dinyatakan lulus di Universitas Airlangga, Surabaya, kamu harus segera survei dan mencari. Tidak harus datang ke sana langsung, kamu bisa melakukannya melalui internet.

Pilihan lain, jika memiliki keluarga, teman, atau senior yang terlebih dahulu kuliah di sana, kamu bisa meminta bantuan untuk mencarikan beberapa rekomendasi kost terbaik.

8. Keamanan

Tidak ada yang mau tinggal di tempat yang keamanannya tidak terjamin. Keamanan bisa didapat dari fasilitas satpam, kamera pengintai (CCTV), hingga kunci kamar yang berkualitas.

9. Harga Kost dan Kesesuaian budget

Setelah mendapatkan beberapa kost yang dianggap layak, segera lakukan survei pasar agar tidak mendapatkan harga yang terlalu tinggi. Sesuaikan juga harga yang ditawarkan dengan semua fasilitas yang didapat. Semakin bagus fasilitas tentu akan semakin mahal, bukan. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Itulah ulasan mengenai 9 tips memilih kost untuk mahasiswa yang nyaman sekaligus agar kuliah berlangsung optimal.

Pada dasarnya, memilih kost sama dengan memilih rumah sebagai tempat tinggal. Faktor budget dan kenyamanan akan berbanding lurus. Yang terpenting pilih kost yang bersih dan mampu membuat kamu menjadi mahasiswa yang sukses secara akademis dan prestasi.

Semoga informasi ini memberi gambaran dan bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi anak kost ya, Womanesia!