Botok Tawon Banyuwangi, Kuliner Ekstrim, tapi Bikin Sehat Hingga Datangkan Rezeki

Hi, Womanesia,

Tentu sudah familiar dengan serangga bernama tawon kan?

Serangga penghasil madu ini terkenal memiliki sengat yang sakit, meskipun madunya sangat bermanfaat untuk manusia. Namun, siapa sangka jika tawon tidak hanya penghasil madu, serangga ini pun dapat dikonsumsi menjadi botok tawon banyuwangi yang khas, lho.

Botok tawon berasal dari sarang lebah dimana anakannya masih menempel pada sarang tersebut.

Bagi sebagian besar orang, mungkin botok ini terasa aneh, bahkan ada yang merasa geli. Akan tetapi, di daerah Banyuwangi, botok ini telah menjadi kuliner ekstrim khas yang sangat terkenal dan mendatangkan banyak rejeki bagi para penjualnya karena sulit sekali menemukan kuliner ini di daerah lainnya.

Komposisi dan Harga Seporsi Botok Tawon Khas Banyuwangi

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa komposisi utama dari kuliner ekstrim ini adalah sarang tawon dengan anakan yang masih menempel.

Adapun bumbu batok tawon tersebut adalah cabai, tomat, gula merah dan belimbing sayur yang diiris, lalu dihaluskan dan bumbunya dirajang.

Sama halnya dengan pepesan atau botok lainnya, cara memasak kuliner ini adalah dengan mengukusnya bersama daun pisang agar baunya khas.

Botok tawon banyuwangi

Setelah matang biasanya botok tawon ini akan terlihat genangan kuah atau air dengan sendirinya.

Rasanya mirip dengan kuah bening. Adanya air inilah yang membedakan antara botok ekstrim ini dengan botok lainnya. Kuliner ini sangat cocok disantap dengan nasi hangat.

Berbahan utama sarang tawon lengkap dengan anakan yang masih ada di sana,  membuat kuliner ini terasa istimewa dan sulit didapatkan.

Bagaimana tidak, untuk mendapatkan bahan utamanya saja terasa sulit, karena tidak setiap waktu sarang tawon beserta anaknya selalu tersedia dan diperjual belikan.

Faktor inilah yang menjadikan kuliner ini sulit ditemukan setiap harinya.

Di Banyuwangi sendiri, hanya daerah tertentu saja yang selalu menyediakan kuliner ekstrem ini. Apabila kamu traveling ke Banyuwangi dan penasaran ingin menikmati botok tawon bisa datang ke rumah makan dengan nama Bulog Rogojampi, Banyuwangi.

Tersedia setiap hari, pemilik warung harus menyetok sarang dan anak tawon sebagai komposisi utama botok tawon dari banyak orang yang berbeda.

Tentu saja agar dapat menyajikan botok ekstrim ini setiap harinya. Harga botok tawon untuk satu bungkusnya sekitar Rp. 10.000.

Harga yang cukup sepadan mengingat sulitnya mencari bahan baku utama kuliner ini.

Rasanya dijamin enak dan bikin ketagihan bagi siapa saja yang suka menyantap kuliner satu ini.

Baca juga: Makanan Cacing dan Ulat Hanya Ada di Kuliner Tradisional Papua

Manfaat Botok Tawon yang Wajib Diketahui

Botok tawon banyuwangi

Mendengar namanya saja mungkin sebagian besar orang akan merasa geli dan enggan untuk menikmatinya.

Namun, siapa sangka jika kuliner khas Banyuwangi ini memiliki banyak manfaat besar yang tidak ketahui orang. Berkaitan dengan manfaatnya bisa kamu cek di bawah ini:

  • Menambah stamina dan imunitas atau kekebalan tubuh
  • Mengandung vitamin C yang tinggi
    Sebagai obat untuk pengapuran yang terjadi pada pembuluh darah

Dari banyaknya manfaat botok tawon untuk kesehatan, maka wajar jika kebanyakan yang mencari kuliner ini adalah para lelaki, utamanya yang bekerja di lapangan atau pekerja kasar.

Banyak pula pembeli botok yang berasal dari daerah lain karena digunakan untuk obat.

Menariknya lagi, selain bagus untuk kesehatan, botok tawon pun telah ditasbihkan sebagai salah satu hidangan spesial bagi masyarakat Banyuwangi.

Untuk beragam acara adat Banyuwangi, kuliner ini harus tersedia, terutama untuk acara suku Osing.

Acara yang sering menghadirkan kuliner ini adalah selamatan pernikahan, selamatan membangun rumah hingga ketika akan memulai usaha.

Masyarakat di sana percaya bahwa kuliner ini melambangkan simbol dengan makna adanya berkah yang melimpah serta dimudahkannya berbagai hajat.

Hal ini dikiaskan dengan dengan bentuk sarang tawon yang selalu didatangi hingga berhasil membuat madu.

Mengambil makna inilah tujuan dihadirkannya botok tawon dalam acara tertentu agar nantinya mendatangkan ketentraman atau menarik pelanggan bagi acara pembukaan usaha.

Baca juga: Resep Daging Kuah Penghilang Stres, Mau Coba? 

Cara Mengolah Botok Tawon yang Lezat

Di atas telah disajikan tentang apa saja bahan yang digunakan untuk membuat botok tawon. Kini saatnya Womanesia tahu tentang cara pembuatan botok ini dengan cara sederhana.

Setelah bahan utama berupa botok tawon tersedia, potong hingga sarang tersebut menjadi potongan kecil-kecil.

Campur dengan tumisan bumbu yang telah dihaluskan dan masukkan ke dalam daun pisang yang telah dipincuk.

Proses pembuatannya hampir sama dengan membuat botok atau pepesan pada umumnya.

Selanjutnya kukus hingga matang kira-kira setengah jam. Setelah matang, angkat dari kukusan dan jangan kaget apabila saat mengangkatnya akan banyak kuah layaknya sayur bening yang merembes dari balik daun.

Jika sudah memunculkan kuah, artinya botok tersebut sudah matang.

Ternyata tidak terlalu sulit bukan? Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah atau jika sedang traveling ke Banyuwangi jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke berbagai warung yang menyajikan kuliner ekstrem ini.

Terutama warung milik Mega yang terletak di Desa Lemahbang Kulo, Rojogampi yang terkenal menyajikan botok tawon lezat tiada tara.

Selamat mencoba, Womanesia!