10 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga Terkini

Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah – Bagi womanesia yang menikah, lalu memutuskan menjadi ibu rumah tangga. Namun, tetap ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Tenang, Anda masih tetap bisa berkarya dan menghasilkan dari rumah.

Yuk simak 10 rekomendasi sampingan ibu rumah tangga terkini.

10 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga di Rumah

Perempuan tetap bisa berdaya sekalipun di rumah. Apalagi zaman sudah berbeda, di mana bekerja tidak harus di kantor.

Perempuan yang memutuskan menjadi fulltime mom daripada berkarir di luar rumah tetap bisa bekerja sampingan, lho.

Nah, berikut 10 pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang bisa Womanesia coba, ya.

1. Usaha Katering

pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang
                 Sumber foto: freepik.com

Bagi Womanesia yang memiliki hobi memasak. Tidak ada salahnya jika kamu mencoba usaha sampingan catering. Mengingat di tengah pandemi ini banyak usaha warung makan yang terpaksa tutup.

Usaha ini juga bisa kamu promosikan secara online untuk berbagai acara seperti syukuran, ulang tahun, arisan dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa kamu tawarkan ke perkantoran, dan instansi kerja lainnya. Jadi bisa dikatakan, jika usaha catering ini sangat bisa menjadi pekerjaan sampingan menghasilkan uang berasal dari hobi. Asyik, bukan?

Mungkin Kamu Tertarik : Trend Fashion Wanita Berhijab 2021 Simpel dan Modis

2. Penulis Lepas

aneka usaha sampingan ibu rumah tangga
                   Sumber foto: freepik.com

Pekerjaan sampingan ibu rumah tangga tanpa modal lainnya yang juga bisa dikerjakan di rumah saja secara online adalah penulis lepas. Terutama bagi Womanesia yang memiliki hobi menulis.

Selain menambah pemasukan uang bulanan kamu juga bisa mengasah bakat menulis agar lebih kreatif.

Sebagai penulis lepas kamu tidak begitu terikat dengan perusahaan dan lebih fleksibel. Jadi womenesia bisa menulis kapan saja dan dimana saja sembari mengurus anak. Bagaimana womenesia menarik bukan?

3. Online Shop

Bisnis sampingan terkini bagi ibu rumah tangga yang sedang hits di tengah pandemi dan bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja adalah online shop. Selain itu, pekerjaan ini juga bisa kamu lakukan meski tanpa modal.

Sebagai seorang pemula Womanesia bisa menjajal sebagai marketer maupun reseller. Hanya bermodalkan smartphone dan internet kamu bisa menjalankannya ke mana pun dan di mana pun.

Namun, sayangnya semakin ke sini persaingan online shop pun semakin besar. Jadi butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi jika ingin sukses.

Dan pastinya Womenesia harus upgrade ilmu seputar online shop. Dan sebaiknya cari agen atau distributor yang terpercaya agar lebih aman dan terhindar penipuan. Jadi tidak ada salahnya kamu mencobanya!

4. Usaha Tanaman Hias

contoh usaha sampingan ibu rumah tangga
                  Sumber foto: freepik.com

Keahlian lainnya yang dimiliki ibu rumah tangga adalah berkebun tanaman hias. Hal ini juga memiliki peluang besar sebagai kerja sampingan bagi ibu rumah tangga cukup menjanjikan.

Apalagi mengingat di tengah pandemi ini yang memaksa di rumah saja banyak yang mencoba hobi baru berkebun tanaman hias.

Banyak sekali macam tanaman hias yang bisa Womanesia tanam seperti lidah mertua, anggrek, bonsai, tanaman hias lainnya.

Selain itu, tanaman hias ini juga bisa womenesia jual kembali sehingga lumayan untuk pemasukan bulanan. Dan jika womenesia lakukan secara profesional bisa menjadi ladang penghasilan. Jadi apakah Womanesia tertarik?

Kamu Mungkin Tertarik: Cara Perempuan Milenial Menghadapi Single Shaming dengan Elegan 

5. Les Privat

Salah satu usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga dan juga dibutuhkan di tengah pandemi adalah les privat. Bagi kamu yang memiliki keahlian mengajar tidak ada salahnya membuka usaha sampingan les privat. Selain itu, pastikan tempat mengajarmu nyaman untuk belajar anak-anak.

Selain menambah penghasilan, dengan mengajar les privat Womanesia bisa memberikan ilmu pendidikan kepada anak-anak. Jadi ilmu Womanesia lebih bermanfaat.

Tidak hanya itu, sembari mengajar murid-murid les privat, kamu juga bisa mengajar anak sendiri. Jadi sangat fleksibel dan bermanfaat bukan?

6. Jualan Pulsa

ide usaha sampingan ibu rumah tangga

Di era digital terkini, pulsa menjadi kebutuhan wajib hampir semua orang. Hal ini bisa menjadi peluang besar jika Womanesia ingin mencoba berjualan pulsa.

Selain itu, pekerjaan ini juga dinilai sangat fleksibel dan tidak membutuhkan banyak waktu. Jadi sangat mudah dikerjakan meski kamu harus mengurus rumah dan anak.

Cara memulai usaha ini pun sangat mudah. Cukup daftarkan ke agen pulsa terdekat yang menyediakan deposit. Atau Womanesia juga bisa beli melalui layanan e-commerce. Selanjutnya bisa kamu tawarkan ke keluarga dekat, tetangga, dan lainnya.

7. Laundry

Ide bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga yang cukup digandrungi terutama di area perkotaan yang mayoritas sibuk bekerja adalah laundry.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, Womanesia juga bisa mencoba usaha laundry kecil-kecilan. Namun, meskipun usaha ini terbilang mudah, kamu tetap melakukannya secara profesional.

Pastikan cucian bersih, rapi, harum dan jangan sampai mengecewakan pelanggan.

8. Kerajinan Tangan

usaha sampingan ibu rumah tangga di rumah
Sumber foto: freepik.com

Keahlian wanita lainnya yang mungkin dimiliki oleh laki-laki, sekaligus bisa dijadikan ide usaha sampingan ibu rumah tangga adalah membuat kerajinan tangan. Selain itu, kerajinan tangan memiliki nilai estetika dan jual yang tinggi.

Ada banyak sekali kerajinan kekinian yang bisa Womanesia buat. Seperti merajut tas, dompet, baju, dan lainnya. Ada juga kerajinan pembuatan bunga hias dan lainnya.

Jika Womanesia bisa mengkreasikan kerajinan tangan secara maksimal dan profesional. Maka pundi-pundi uang yang bisa kamu dapatkan pun semakin besar. Selain itu pelajari juga bagaimana cara memasarkannya secara online. Pasalnya kerajinan tangan sangat diminati di luar negeri.

9. Penata Rias

Bagi Womanesia yang punya hobi make up dan sangat tertarik di dunia tata rias. Tidak ada salahnya jika kamu membuka usaha sampingan ibu rumah tangga sebagai  penata rias. Pasalnya jasa tata rias cukup banyak dicari orang, terutama untuk berbagai acara wisuda dan lainnya.

Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. Kamu cukup membeli alat make up dan mengasah keahlianmu. Wah menyenangkan bukan memiliki hobi yang dibayar?

10. Penjahit Pakaian

pekerjaan sampingan buat ibu rumah tangga
Sumber foto: freepik.com

Usaha sampingan ibu rumah tangga terkini lainnya yang cocok untuk Womanesia tekuni adalah penjahit pakaian. Tidak perlu modal besar, kamu cukup membeli mesin jahit.

Jadi buat Womanesia yang mempunyai keahlian menjahit, kamu bisa coba menjalani usaha sampingan ini. Dan kamu bisa tawarkan ke orang terdekatmu atau lewat online. Tapi pastikan kamu selalu menjaga kualitas jahitan ya!

Kesimpulan

Itulah 10 rekomendasi pekerjaan sampingan ibu rumah tangga terkini yang bisa kamu kerjakan secara fleksibel sembari mengurus keluarga. Pastinya tidak sulit serta tidak butuh modal yang cukup besar. Jadi, kamu bisa tetap berdaya dari rumah.

Nah, kira-kira usaha sampingan manakah yang paling cocok dengan keahlian Womanesia?