Tips Memilih Asuransi Syariah yang Tepat dan Terbaik

Tips memilih asuransi syariah – Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian dari asuransi syariah ialah sebuah usaha untuk saling melindungi dan tolong menolong di antara para pemegang polis (peserta). Yang dilakukan melalui pengumpulan serta pengelolaan dana tabarru. Selain itu, memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu lewat akad (perikatan) sesuai prinsip syariah.

Jika Anda tertarik untuk memilih asuransi syariah sebagai produk asuransi, jangan pilih penyedia asuransi sembarangan. Karena, produk asuransi gunanya untuk melindungi Anda dan keluarga dari berbagai risiko.

Tips Memilih Asuransi Syariah

Anda perlu memperhatikan beberapa tips memilih asuransi syariah berkualitas seperti yang ada di bawah ini:

1. Mengenali Kebutuhan Diri

Pertama, harus tau jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan, antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan hingga asuransi yang punya manfaat investasi, seperti unit link.

Oleh karena itu, kenali kebutuhan Anda. Jika membutuhkan asuransi kesehatan berbasis syariah, maka pilih produk asuransi kesehatan syariah.

Baca juga: Waspadai 7 Bocor Halus dalam Keuangan yang Bikin Financial Berantakan 

2. Mencari Referensi dan Menentukan Produk

Perusahaan asuransi sudah banyak menerbitkan berbagai macam produk syariah. Masing-masing produk mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan bertanya kepada kerabat atau tetangga yang sudah menggunakan asuransi syariah.

Bisa juga dengan mencari informasi di internet mengenai produk-produk asuransi syariah. Kemudian, bandingkan produksi asuransi satu dengan yang lain untuk menemukan mana yang sesuai dengan Anda. Jika sudah ketemu mana yang cocok, bisa langsung mengajukan asuransi syariah ke kantor cabang atau secara online.

3. Pastikan Perusahaan Asuransi Terdaftar Resmi dan Diawasi Regulator

Tips satu ini tidak boleh ketinggalan, yakni memastikan bahwa perusahaan asuransi syariah telah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK maupun DPS.

Hal tersebut untuk membuktikan jika perusahaan tersebut benar-benar ada dan terpercaya. Anda bisa mencari tahu kredibilitas atau rekam jejak perusahaan asuransi melalui website perusahaan.

4. Cermat Dalam Membaca Akad Asuransi

Akad pada asuransi syariah merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal ini ialah bentuk perjanjian atau semacam kontrak.

Jadi, Anda perlu mempelajari dan memahami isi akad sebelum melakukan tanda tangan persetujuan. Periksa kembali dengan teliti, agar Anda tidak merasa dibohongi.

5. Memahami Ilustrasi yang Diberikan

Sebelum melakukan akad, pihak asuransi akan terlebih dahulu memberikan ilustrasi mengenai produk asuransi syariah. Misalnya, seperti perkiraan besaran dana yang didapat ketika periode perjanjian berakhir.

Anda harus mempelajari dan memahami ilustrasi tersebut. Tanyakan hal-hal yang menurut Anda kurang jelas. Jangan sampai mudah tergiur dengan keuntungan besar yang tidak wajar.

Baca juga: Bersenang-senang tanpa Rasa Bersalah dengan Adanya Sinking Fund 

6. Sesuaikan Kebutuhan dengan Manfaat

Produk asuransi memiliki manfaat dan keuntungannya masing-masing. Maka, pilihlah produk yang bisa memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan. Jadi, alangkah baiknya Anda mengetahui manfaatnya sebelum memutuskan membeli asuransi syariah.

Contohnya, Anda membeli asuransi kesehatan syariah, yang artinya asuransi ini akan mengganti biaya-biaya atas risiko kesehatan.

7. Perhatikan Premi

Anda harus menyesuaikan besaran asuransi premi dengan kemampuan. Pilih produk asuransi syariah yang menawarkan premi terjangkau, namun memiliki manfaat yang Anda butuhkan.

Jika ada beberapa produk asuransi syariah yang menawarkan besaran premi hampir sama, maka sebaiknya Anda bandingkan manfaat produknya terlebih dahulu.

8. Cari Tahu Sistem Pengelolaan Dana Asuransi

Sistem dari pengelolaan dana asuransi syariah ini berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits. Selain itu, juga memakai sistem dan prinsip Al-Mudharabah yang Islam ajarkan.

Sistem tersebut halal dan bisa diterima semua kalangan, baik kaum muslim maupun non muslim. Jadi, dengan mengetahui sistem pengelolaan dana asuransi syariah, Anda akan lebih tenang untuk menggunakan produk asuransi satu ini.

Demikianlah tips-tips memilih asuransi yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk asuransi, baik itu asuransi syariah atau asuransi lainnya bisa langsung mengunjungi website lifepal.co.id. Semoga bermanfaat!