Inilah Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes

Daun kelor atau dengan nama lain (moringa) sudah terkenal manfaatnya dari sejak dulu kala. Salah satunya kita akan membahas mengenai manfaat daun kelor untuk diabetes.

Katanya, apabila Anda mengonsumsi daun kelor untuk pasien diabetes, maka dapat menurunkan kadar gula darahnya. Namun, apakah daun kelor bisa menurunkan diabetes itu benar adanya?

Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Pria 

Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes

Sebelum membahas lebih jauh, kita akan mengulik lebih jauh mengenai kandungan daun kelor ini. Sehingga julukan daun kelor untuk diabetes bisa diketahui dengan lebih pasti.

Menurut beeberapa penelitian ilmiah, terdapat beberapa kandungan di dalam daun kelor yang cukup berkhasiat.

Bahkan, hampir semua bagian dari tanaman ini bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan dengan baik oleh manusia. Mulai dari biji, batang, hingga akarnya yang bisa dijadikan obat herbal dan kosmetik.

Ada beberapa nutrisi yang cukup populer di dalam daun kelor ini sehingga bisa dijadikan salah satu obat herbal, yaitu vitamin, mineral, beberapa asam amino esensial, vitamin B6, vitamin C, zat besi, riboflavin (B2), vitamin A, dan magnesium.

Dalam penelitian lainnya, bahkan dikatakan bahwa di dalam daun kelor terdapat kandungan vitamin C 7 kali lebh banyak dari buah jeruk, vitamin A 10 kali lebih banyak dari wortel, kalsium 17 kali lebih baik dari susu, protein 9 kali lebih banyak dari susu, potassium 15 kali lebih baik dari pisang, serta zat besi 25 kali lebih baik dari bayam,

Maka dari itu, di beberapa daerah terutama di luar negeri, daun kelor menjadi primadona dan digunakan sebagai obat untuk masalah malnutrisi yang terjadi pada anak dan ibu hamil.

Lalu, apa manfaat daun kelor untuk diabetes saja?

Tentu tidak, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan melalui konsumsi daun kelor ini untuk kesehatan lainnya, yaitu:

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Selain manfaat daun kelor untuk diabetes, ia bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini karena daun kelor mengandung antioksidan quercetin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Menurut sebuah penelitian, daun kelor dapat menurunkan oksidasi yang terjai di pembuluh darah sehingga dapat menunjukkan efek menurunkan tekanan darah pada hewan uji coba.

2. Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Yang kedua, daun kelor dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan pada hewan uji coba menunjukkan, bahwa daun kelor memiliki potensi menurunkan kadar lemak jahat.

3. Mencegah Kanker

Selain itu, daun kelor juga mengandung senyawa bernaa polypheenols yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel, mencegah kerusakan sel, dan mencegah terjadinya kanker.

4. Dapat Mencegah Demensia

Terakhir, daun kelor dapat digunakan untuk mencegah demensia. Demensia sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan saraf di otak. Nah, daun kelor ini dapat digunakan untuk menurunkan kerusakan sel yang mengakibatkan gangguan pembuluh darah untuk mensuplai oksigen. Selain itu, daun kelor dapat digunakan juga untuk meningkatkan daya ingat.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat 

Lalu, bagaimana cara mengonsumsi daun kelor untuk diabetes ini?

  • Anda dapat merebusnya saja dan meminum airnya. Cukup campurkan 5 sampai 10 buah daun kelor direbus dalam 1 gelas air mendidih.
  • Daun kelor dapat dimakan langsung atau dibuat menjadi jus.
  • Apabila dimakan langsung, Anda bisa mencampurnya dengan salad atau menjadi lalapan. Lalu, Anda juga bisa membuatnya sebagai sayur bening.

Dari ketiga cara di atas, Anda tidak boleh memasaknya terlalu lama agar nutrisi daun kelor tidak rusak dan dapat diperoleh secara maksimal.

Ada Kandungan Daun Kelor pada Obat Herbal Mosehat

Mosehat merupakan jamu tetes ekstrak daun kelor diformulasikan oleh LAB berpengalaman puluhan tahun, diolah secara higienis dan Modern.

Kandungan ekstrak daun kelor pilihan sebagai bahan utama Mosehat sudah teruji secara klinis dan memiliki banyak manfaat sebagai solusi kesehatan tubuh masyarakat Indonesia, terutama untuk diabetes.

Testimoni mosehat untuk diabetes ini sudah dibuktikan oleh Ibu Siti Maemunah di Kecamatan Taman Utara, Lampung Timur. Beliau memiliki penyakit kadar gula atau diabetes. Yang katanya, kakinya bengkak dan sering kesemutan.

Hingga akhirnya, beliau mencoba konsumsi Mosehat selama kurang lebih 3 minggu, Alhamdulillah rasa sakit dan  kesemutan Bu Maemunah berangsur mulai hilang.

Nah, Anda juga mau membuktikan khasiat mosehat yang mengandung daun kelor ini untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh?