Tips Investasi Aman untuk Pemula

Hi, Womanesia, punya banyak uang dan tertarik melakukan investasi? Mengapa tidak!

Saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan investasi karena dianggap lebih aman, bisa melindungi simpanan atau harta yang dimiliki. Investasi aman pun dapat mendatangkan keuntungan yang menggiurkan bila dilakukan dengan maksimal.

Investasi yang dilakukan bisa dalam berbagai bentuk. Misalnya saham atau trading, emas, obligasi, deposito, reksadana hingga koleksi barang branded. Untuk jangka waktunya ada yang panjang hingga pendek tergantung dari kebutuhan masing-masing.

Lantas, bagaimana investasi aman untuk pemula versi Womanesia? Cek ulasannya, yuk!

Baca juga: Bersenang-senang tanpa Rasa Bersalah dengan Adanya Sinking Fund

Tips Investasi yang Aman Untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Bagi seorang pemula harus selalu waspada jika ingin melakukan investasi. Jangan hanya tergiur dengan keuntungan yang berlipat akhirnya mengabaikan risiko yang akan diterima bila melakukan investasi yang tidak aman atau tanpa pertimbangan.

Berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk investasi yang aman dan menguntungkan.

1. Pastikan Punya Uang Cukup

Untuk melakukan investasi aman, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memastikan bahwa uang yang kamu miliki cukup untuk investasi.

Umumnya untuk investasi tertentu membutuhkan dana minimal yang tidak sedikit, seperti properti.

Jika uang atau dana yang kamu miliki belum terlalu banyak bisa ikut investasi semacam emas atau ikut saham dalam jumlah kecil. Apabila dilakukan secara kontinu dan serius, keuntungan yang didapat dari investasi tersebut bisa diinvestasikan lagi.

2. Ketahui Jenis dan Tujuan Investasi

Begitu memastikan bahwa uang yang akan digunakan dalam investasi telah cukup, tips investasi aman selanjutnya adalah mengetahui berbagai jenis investasi yang bertebaran saat ini.

Masing-masing investasi yang ditawarkan memiliki kelebihan dan kekurangan yang wajib kamu ketahui.
Misalnya saja investasi yang saat ini sedang menjamur adalah P2P Lending.

Investasi ini memang dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi para investornya. Namun, memiliki risiko tinggi jika peminjamnya gagal bayar atau mengalami keterlambatan pembayaran.

Jadi, sebaiknya cari tahu dulu satu persatu jenisnya dan cek kekurangan dan kelebihannya.

Selain itu, sebagai pemula dalam dunia investasi kamu juga harus bisa memahami tujuan dari investasi yang dilakukan.

Apabila tujuan utamanya adalah ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat, risiko kecil dan modal tidak terlalu banyak, maka carilah investasi yang demikian. Akan tetapi, kamu harus tetap waspada agar tidak terjebak, karena setiap investasi pasti memiliki risiko tinggi.

3. Komitmen

Dunia investasi memang kadang menggiurkan bagi mereka yang paham dan bisa mengelola investasinya dengan baik. Bagi pemula yang tergolong awam, harus paham betul tentang seluk beluk dunia investasi.

Termasuk di dalamnya adalah selalu berkomitmen untuk menyisihkan dana hingga sabar menjalani setiap proses untuk mendapatkan keuntungan. Waktu yang dibutuhkan untuk menuai hasil biasanya beragam.

Ada yang relatif cepat bisa sukses merasakan manisnya keuntungan investasi. Ada pula yang butuh waktu lama.

Baca juga: 7 Bocor Halus yang Bikin Finansial Berantakan

4. Ketahui Karakter dalam Berinvestasi

Ingat bahwa saat melakukan investasi aman, karakter seseorang akan berbeda-beda. Ada yang suka berjalan pelan, asalkan aman dan menguntungkan.

Adapula yang tanpa berpikir panjang rela menggelontorkan modal yang besar agar keuntungan yang di dapat juga besar pula.

Untuk itulah kamu pun harus mengetahui karakter kamu berada di fase yang mana. Jika tertarik berinvestasi langsung dalam jumlah besar, apakah dana yang dimiliki cukup dan siap menerima risiko jika terjadi hal buruk. Semuanya harus dipertimbangkan dengan baik.

5. Belajar dan Belajar

Kunci sukses seseorang dalam melakukan investasi bukan hanya pandai dalam mengelola dan melihat peluang saja. Kemauan untuk belajar dan belajar juga jadi kunci sukses seseorang dalam berinvestasi. Belajar tentang apapun yang berkaitan dengan investasi dari siapapun bisa kamu lakukan dari sekarang.

Investasi pada dasarnya adalah hal yang menguntungkan apabila kamu tahu betul tentang dunia tersebut dan cara pengelolaannya yang baik.

Semoga dengan adanya tips investasi aman di atas, dapat memberikan wawasan baru bagi kamu yang baru terjun dalam dunia investasi.