Kelebihan Google classroom

Kelebihan Dan Kekurangan Google Classroom Menurut Ahli

Kelebihan dan kekurangan Google classroom brainly memang perlu diketahui oleh siapapun yang menggunakannya.

Dengan fitur ini, memang belajar menjadi semakin mudah karena dukungan teknologi yang maju. Pembelajaran terutama di masa pandemi covid 19, banyak dilakukan secara daring dan dengan aplikasi ini jadi semakin praktis.

Pihak Google sendiri memang serius dalam membuat teknologi baru di dunia pendidikan dengan diluncurkannya layanan Google classroom ini.

Jarak dan waktu tidak akan menjadi kendala untuk siapapun yang ingin belajar secara daring di dalamnya.

Sebelumnya, Google classroom memang tidak dikenal banyak orang karena memang belum banyak yang menggunakannya untuk belajar.

Sebenarnya, layanan ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan belajar saja. Keperluan meeting dan pekerjaan juga bisa dilakukan. Simak ulasannya di website Womanesia, ya!

Baca juga: Tips Jago Public Speaking Buat Kamu yang Introvert

Apa itu Google Classroom?

Google classroom adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk keperluan sekolah agar terhubung dengan orang lain secara online bagi setiap orang yang punya akun Google.

Salah satu keuntungannya yaitu lebih efisien dari segi waktu serta menghemat kertas.

Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

Karena memang banyak disukai, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan Google classroom menurut para ahli. Ini cukup penting untuk diketahui siapapun yang hendak menggunakannya.

Kelebihan Google Classroom

Ada sejumlah kelebihan classroom yang menjadikannya spesial dan disukai oleh penggunanya, yaitu sebagai berikut ;

1.Cukup Mobile Friendly Bagi Pemula

Kelebihan pertama dari Google classroom, yaitu cukup mobile friendly meskipun untuk pemula.

Maksudnya, siapapun yang pertama kali menggunakannya tidak akan mengalami kendala atau kesulitan berarti. Bahkan, bagi mereka yang mungkin baru melakukan pembelajaran online, bisa langsung beradaptasi.

2. Kemudahan untuk Mengelola Tugas

Google classroom juga membantu untuk mengelola tugas. Jika guru kelas memberikan tugas maka akan tampil di halaman tugas.

Di sana akan muncul apa saja daftar pekerjaan yang harus diselesaikan oleh para siswa atau mahasiswa.

Materi secara otomatis akan disampaikan ke halaman ini atau bisa juga diperoleh lewat email.

Tentu saja, ini akan sangat membantu siswa dan guru dalam mengumpulkan atau memberikan tugas. Berbagai format bisa dilampirkan mulai dari dokumen, gambar, tulisan, dan lain-lain.

3. File Akan Tersimpan Di Google Drive

Kelebihan lainnya dari Google classroom, ialah file yang dikumpulkan atau dibagikan akan tersimpan ke akun Google Drive.

Sinkronisasi secara otomatis akan dilakukan dan ini tentu sekaligus menjadi backup data yang aman.

Google classroom belum mempunyai penyimpanan tetap, maka sebaiknya unduh Google Drive dahulu.

4. Mudah Dalam Memeriksa Tugas

Memeriksa tugas secara harian mungkin diperlukan oleh sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan mungkin ada kesalahan atau kekurangan perihal tugas yang dikerjakan sebelum dikirim.

Di samping adanya fitur untuk bisa meninjau tugas, tersedia juga layanan untuk membuat tugas. Sehingga, tidak akan membosankan meskipun mengerjakan banyak tugas jika menggunakan Google classroom. Segala fiturnya, tersedia di satu halaman saja.

5. Gratis

Kelebihan selanjutnya dari Google classroom yaitu adalah sifatnya gratis. Artinya, siapapun yang hendak memakai tidak usah membayar.

Jadi, bisa menjangkau dari golongan manapun. Bahkan, hanya memerlukan kuota internet dan gadget handphone saja.

Baca juga: Kenapa Memilih WordPress Self Hosted

Kekurangan Google Classroom

Di samping menyimpan berbagai kelebihan, memang ada kekurangan classroom. Berikut sejumlah kekurangan tersebut:

1. Desain Tampilan Yang Kurang Menarik

Tampilan dari Google classroom terkesan sederhana serta kurang menarik untuk siswa. Mungkin, bagi para guru atau orang dewasa tidak masalah karena memudahkan pengelolaan. Namun untuk siswa, mungkin perlu tema yang lebih unik dan sesuai dengan usia mereka.

2. Ketika Google Drive Penuh, File Tidak Dapat Terkirim

Kelebihan dan kekurangan Google classroom pdf lainnya juga penting diketahui. Salah satu kekurangannya yaitu pengiriman file tidak bisa dilakukan jika terlalu banyak memori di Google Drive.

Hal ini disebabkan memang ada kapasitas penyimpanannya jika menggunakan drive ini. Solusinya, Anda harus diinstal lokasi penyimpanan file baru dan menghubungkan ke Google classroom agar bisa tersimpan dengan aman.

Kelebihan Dan Kekurangan Edmodo

Selain Google classroom, ada aplikasi lainnya yang cukup membantu dalam proses pembelajaran dan pendidikan yaitu edmodo.

Situs ini merupakan social network yang bisa diakses tanpa membayar di www.edmodo.com. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Edmodo ;

Kelebihan edmodo

Dari segi penampilan cukup menarik. Tampilannya diadaptasi seperti halnya Facebook, dan relatif mudah dipakai bahkan bagi para pemula.

Edmodo mampu memberikan pratinjau dari format file seperti PPT, PDF html, swf, dan lain-lain.

Edmodo tidak hanya bisa di akses memakai laptop atau komputer PC saja, namun juga bisa dipakai dengan smartphone Android atau ios.

Kekurangan Edmodo

Tidak terintegrasi dengan akun sosial media lainnya seperti Twitter, Facebook, maupun Google Plus. Padahal di masa sekarang, hampir setiap situs sudah terintegrasi sosial media untuk fitur berbagi.

Secara bahasa, penggunaan programnya masih dalam bahasa Inggris dan kerap kali membuat guru dan siswa kesulitan.
Belum tersedia video conference.

Padahal, layanan ini sangat penting agar siswa dan guru bisa berinteraksi secara langsung melalui video.

Kelebihan Dan Kekurangan Google Meet

Aplikasi berikutnya yang sangat banyak dipakai di masa pandemi untuk keperluan kantor yaitu Google meet.

Fitur-fitur yang ada di dalamnya sangat membantu masyarakat untuk tetap bekerja wfh. Inilah kelebihan dan kekurangan Google meet.

Kelebihan Google Meet

Google meet memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya diminati untuk keperluan pekerjaan, yaitu sebagai berikut:

1. Punya Tampilan Menarik

Aplikasi Google meet mempunyai interface atau tampilan unik, fungsional dan menarik. Ukurannya yang ringan, bisa mempermudah kinerja perangkat yang menggunakannya. Tampilannya yang user-friendly, juga memudahkan para pemula.

2. Bisa Mengundang Peserta Rapat Cukup Banyak

Google meet juga mempunyai kelebihan mampu mengundang peserta rapat dengan jumlah banyak. Bahkan, untuk berarti gratis dan saja bisa menghadirkan peserta sebanyak 30 orang. Kelebihan ini tidak dijumpai pada aplikasi sejenis, misalnya zoom.

3. Terintegrasi Dengan Kalender

Google kalender menjadi produk dari Google yang bisa terintegrasi di aplikasi ini. Sehingga, para penggunanya bisa mengetahui agendanya secara detail dan segera. Peserta bisa memenuhi panggilan rapat dalam satu kali klik.

4. Ada Fitur Teks Langsung

Saat percakapan online, aplikasi Google meets bisa memunculkan teks percakapan. Namun, bahasa yang didukung memang masih Inggris saja. Teks akan muncul apabila video call memang bersifat rekaman.

Kekurangan Google Meet

Di samping kelebihan, ada juga beberapa kekurangan aplikasi Google Meet yaitu sebagai berikut.

1. Pilihan Paketnya Berbayar

Versi gratis Google meet punya keterbatasan, yaitu menghadirkan peserta 30 orang saja. Jika ingin lebih banyak, maka harus membayar dengan mulai paket seharga 6 USD per bulan.

Paket ini bisa mengundang hingga 100 orang. Paket lainnya tersedia yaitu 12 USD untuk peserta 150 orang. Berikutnya, 25 USD perbulan yang bisa hingga 250 orang setiap kali pertemuan.

2. Tidak Dapat Merubah Background

Sayangnya, aplikasi Google meets memang belum bisa mengubah background dengan latar belakang virtual sesuai keinginan. Tidak seperti aplikasi sejenis. Tentunya, harus menghadirkan background yang cocok saat menggunakannya karena tidak bisa dirubah.

Informasi kelebihan dan kekurangan Google classroom dari para ahli, edmodo dan google meets yang sudah dijelaskan tentu akan semakin membuka wawasan Anda. Apapun aplikasinya, jika digunakan secara baik tentu akan memberikan manfaat bagi siapapun.