Perkembangan otak anak

Kandungan Wajib yang Harus Ada di Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak

Vitamin untuk kecerdasan otak anak selalu menjadi salah satu produk yang banyak diburu oleh orang tua, selain dengan memberikan asupan makanan yang bergizi. Pemberian vitamin kecerdasan otak ini bertujuan untuk memaksimalkan perkembangan otak anak, sehingga nantinya bisa mendukung perkembangan aspek lainnya. Mulai dari perkembangan kognitif, perkembangan sosial, perkembangan fisik dan juga perkembangan emosi.

Ada begitu banyak jenis vitamin untuk kecerdasan otak anak yang beredar di Indonesia, tentu dengan pilihan kandungan nutrisi yang  berbeda. Lalu, sebenarnya kandungan apa saja yang baik untuk menunjang perkembangan otak?

AA dan DHA

AA atau Arachidonic Acid dan DHA atau Docosahexaenoic acid merupakan golongan nutrisi long chain polyunsaturated fatty acid atau LC PUFA. Yaitu nutrisi yang tidak dapat dibentuk secara alami oleh tubuh, sehingga asupannya harus didapatkan dari luar tubuh. Salah satu makanan yang mengandung AA dan DHA adalah ASI.

Akan tetapi ASI umumnya hanya bisa diberikan hingga anak berusia 2 tahun. Jadi saat sudah lepas dari ASI, anak-anak bisa mendapatkan asupan AA dan DHA dari telur, salmon, ikan tuna, sarden, dan daging. Selain itu, AA dan DHA juga bisa didapatkan dari suplemen.

AA dan DHA sangat bermanfaat untuk pertumbuhan fungsi visual dan juga sistem saraf pusat. Lebih detailnya, AA bertugas sebagai neurotransmitter atau zat pengantar, sedangkan DHA bertugas untuk membentuk sel saraf dan juga cabang sel saraf atau synapse.

Perkembangan otak anak

Vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu kandungan wajib yang harus ada pada suplemen atau vitamin untuk kecerdasan otak anak. Mengapa?

Karena vitamin B dipercaya dapat membantu perkembangan otak pada anak serta dapat membantu mengaktifkan fungsi otak sehingga dapat meningkatkan kemampuan memori anak.

Kurangnya asupan vitamin B diyakini mampu menyebabkan menurunkan kemampuan mengingat atau memori. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memberikan asupan vitamin B misalnya daging, bayam dan juga telur.

Dalam kasus lain, kekurangan vitamin B-12 juga dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan syaraf, hilangnya memori,kelambatan perkembangan mental dan juga perubahan suasana hati. Vitamin B-12 ini juga merupakan nutrisi yang sangat penting dalam pembentukan myelin.

Myelin ini berperan penting dalam pembentukan lapisan sekitar serat syaraf.  Fungsinya untuk melindungi akson, mempercepat arus informasi yang akan melewati jutaan bahkan milyaran sel saraf otak.

Terbayang bukan sepenting apa myelin ini?

Vitamin B-12 dapat ditemukan di bahan makanan seperti daging sapi, ikan, daging kambing serta daging domba.
Pemenuhan vitamin B maupun vitamin B-12 memang dapat diperoleh dari makanan. Akan tetapi asupan vitamin B juga bisa didapatkan dari suplemen vitamin, terutama jika orang tua merasa asupan vitamin dari makanan kurang atau belum memenuhi.

Biotin

Biotin juga merupakan salah satu nutrisi penyusun yang penting dalam vitamin untuk kecerdasan otak anak. Biotin memiliki peran sebagai penjaga syaraf yang secara sistematis membantu aktivitas neurotransmitter serta membantu sinyal syaraf.

Biotin akan bekerja sama dengan vitamin B kompleks guan melindungi kinerja otak, membantu meningkatkan daya ingat, mencegah gangguan neurodegeneratif dan membantu membangun pertahanan pada masalah-masalah kognitif.

Asupan biotin yang cukup juga dapat membantu otak anak semakin mudah berkonsentrasi. Biotin selain dapat diperoleh dari suplemen vitamin juga bisa didapatkan dari makanan seperti salmon, wortel, hati, kacang-kacangan, sarden, jamur dan pisang.

Kolin

Kolin diibaratkan sebagai makanan otak, bahkan kebutuhan akan kolin sudah sangat diperlukan sejak bayi masih dalam kandungan dan terus berlanjut hingga tahun-tahun pertama pertumbuhan bayi setelah dilahirkan.

Pada masa awal kehidupan inilah otak anak akan mengalami perkembangan otak anak yang sangat pesat, bahkan mencapai 80%. Sehingga asupan kolin menjadi sangat penting.

Perkembangan otak anak

 

Kolin berperan aktif dalam pembentukan otak dan juga dapat membantu otak agar bekerja lebih baik dalam hal memori jangka panjang. Selain itu asupan kilin yang mencukupi dapat membantu perkembangan sistem saraf pusat.

Dimana sistem saraf ini bertugas untuk mengatur koordinasi antara otaK dengan organ tubuh lain. Dalam hal ini termasuk juga detak jantung, gerak otot, dan fungsi dasar organ tubuh lainnya.

Asupan kolin dapat diperoleh dari berbagai makanan, misalnya kacang-kacangan, polong-polongan, ayam, ikan, telur, daging, dan brokoli. Apabila asupan kolin dari makanan dirasa kurang, maka bisa juga didukung dengan asupan suplemen.

Vitamin D

Pada umumnya vitamin D memang lebih dikenal sebagai vitamin yang berperan besar pada kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi, vitamin D ternyata juga memiliki fungsi lainnya seperti pembentukan sel imun, diferensiasi sel tubuh, dan juga memiliki peran dalam perkembangan otak pada anak.

Vitamin D sendiri bekerja aktif pada area hipokampus, yaitu suatu area otak yang memiliki peran dalam memori dan pembelajaran. Vitamin D bisa saja memiliki peran dalam mempengaruhi protein yang terkait dengan ingatan, perilaku sosial, kontrol motorik dan juga pembelajaran.

Selain dari sinar matahari dan makanan seperti susu, sereal dan minyak ikan, vitamin D biasanya juga mudah ditemukan di berbagai suplemen  vitamin untuk kecerdasan otak anak.

Starkidz Gold merupakan salah satu suplemen otak serta vitamin untuk kecerdasan otak anak yang dilengkapi dengan berbagai kandungan nutrisi. Mulai dari AA, DHA, Lysin, Kaolin, Vitamin D, minyak ikan, vitamin A, vitamin B1 dan B2, asam glutamat dan juga biotin.

Suplemen otak

Memilih vitamin puntuk kecerdasan otak anak memang terlihat mudah, tapi pastikan juga bahwa suplemen vitamin yang dikonsumsi anak sudah dilengkapi dengan kebutuhan nutrisi yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya.