4 Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Khasiat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut tidak diragukan lagi. Dari dulu sampai sekarang banyak yang menggunakannya. Bahkan tidak sedikit produk kesehatan yang menambahkan ekstrak daun sirih karena terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit.

Dalam rumah tangga pun herbal ini biasa untuk pertolongan ketika ada anggota keluarga yang sakit. Agar mudah mendapatkannya, banyak yang menanam sirih di pekarangan.

Ada juga yang merawatnya sebagai tanaman hias karena daunnya yang indah dengan akar menjuntai dari ruas terlihat cantik.

Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut yang Perlu Diketahui

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih cukup mudah. Bisa dengan merebus sekitar 5 lembar dengan air sebanyak 300 ml sampai mendidih. Setelah dingin, bisa meminumnya atau menggunakannya sebagai obat kumur.

Sampai sekarang belum ada informasi mengenai efek samping dari herbal murah dan berkhasiat ini. Karena itu semakin banyak yang menggunakannya.

Jika ingin praktis bisa membeli produk yang memang mengandung ekstrak bahan alami ini. Manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut antara lain:

Anti bakteri

Kandungan zat dalam sirih dipercaya mengandung bahan anti bakteri. Karena itu banyak yang menggunakannya untuk menjaga kesehatan mulut.

Jika terlanjur sakit, zat alami ini juga bisa berfungsi sebagai obat yang aman tanpa efek samping.

Baca juga: Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan 

Mencegah karang gigi

Karang gigi sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit, namun sangat mengganggu penampilan.

Apalagi jika berwarna hitam yang menyebabkan gigi terlihat kurang bersih meski sudah menyikatnya dengan benar.

Sedangkan karang gigi sulit hilang dengan sendirinya. Biasanya untuk melepaskan, dokter gigi akan melakukan pengeboran yang prosesnya menyebabkan rasa nyeri.

Sebagai antisipasi agar tidak tumbuh di sela gigi, bisa memanfaatkan daun sirih.

Caranya dengan rajin berkumur menggunakan rebusan daun sirih atau menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstraknya.

Dengan pemakaian teratur maka karang tidak akan muncul. Selain itu, gigi juga menjadi lebih sehat.

Mengurangi bengkak pada gusi

Khasiat daun sirih

Penyebab gusi bengkak adalah kuman yang tumbuh di sela gigi, apalagi jika ada bagian yang berlubang.

Menggosok gigi secara rutin saja kadang belum cukup untuk mengatasinya karena kuman mudah masuk dan berkembang biak.

Agar gusi tidak bengkak, perlu menjaga kebersihan rongga mulut. Khasiat daun sirih yang mengandung bahan anti bakteri mampu membantu menetralkannya.

Gusi akan tetap sehat tanpa gangguan rasa sakit karena bengkak atau iritasi yang sering menyertai gigi berlubang.

Baca juga: Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen. Bisa untuk Diet, lho!

Menjaga kebersihan mulut

Kebersihan seluruh bagian tubuh sangat penting, termasuk rongga mulut. Cara menyikat yang kurang benar atau kandungan bahan dalam pasta gigi tidak lengkap memberi kesempatan pada kuman untuk berkembang biak.

Berkumur menggunakan rebusan daun sirih yang berfungsi sebagai antibakteri mampu menjadikan rongga mulut bersih terawat. Selain itu juga mencegah timbulnya gigi berlobang, sakit pada gusi dan sariawan.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih bagi kesehatan rongga mulut saat ini cukup mudah. Pepsodent Action Herbal mengandung ekstrak sirih yang berkhasiat. Karena dalam bentuk pasta gigi, sangat praktis.

Kita tidak perlu merebus daun sirih sebelum menggunakannya. Tinggal mengeluarkan secukupnya dari kemasan tube ke sikat dan menggunakannya untuk menggosok gigi dengan benar.

Khasiat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut yang terbukti ampuh menjadikan semakin banyak yang menggunakannya.

Kita bisa langsung memetik daunnya, merebus atau meminumnya secara langsung. Namun agar lebih praktis bisa mengganti pasta gigi dengan menggunakan Pepsodent Action herbal yang mengandung ekstrak daun sirih.