Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen. Bisa untuk Diet, lho!

Hi, Womanesia

Siapa yang suka konsumsi beras merah untuk diet?

Beras merah memang sudah terkenal sebagai golongan beras yang mempunyai beragam khasiat untuk kesehatan.

Beras ini kerap kali dijadikan sebagai salah satu menu makanan sehat karena seratnya lebih padat dan kadar gulanya rendah.Jadi, bisa pula digunakan sebagai menu makanan untuk diet.

Meskipun memiliki zat baik yang lebih baik dibandingkan dengan beras putih, tekstur beras merah lebih kasar sehingga banyak yang tidak suka memakan beras merah.

Tapi tenang. Kali ini Womanesia akan mengulas tentang cara memasak beras merah agar pulen. Pastinya kamu harus menggunakan cara tertentu supaya hasil memasak beras merahnya enak , ya.

Baca juga: Tips Menyimpan Sayuran agar Awet di Kulkas 

Cara Praktis Memasak Beras Merah Agar Pulen

Memiliki tekstur yang kasar, tidak semua orang bisa menanak beras merah menjadi nasi yang pulen dan disenangi banyak orang.

Untuk membuatnya pulen terdapat tips sederhana yang dapat kamu praktikkan di rumah mulai sekarang:

1. Simpan Beras di dalam Kulkas

Cara memasak beras merah agar pulen bisa memakai teknik yang pertama ini,  yakni menyimpan beras tersebut di dalam kulkas selama beberapa waktu.

Simpan beras dalam wadah tertutup, biarkan hingga jangka waktu tertentu. Konon rasa terbaik akan muncul apabila memakai cara ini.

2. Jangan Memasak Beras yang telah Disimpan Lama

Beras apapun baik itu merah atau putih jika dibiarkan terlalu lama, kemudian di masak biasanya hasilnya tidak akan pulen.

Untuk beras merah kandungan minyaknya akan keluar sehingga saat telah matang akan terasa pahit ketika dimakan. Usahakan menimbunnya tidak lebih dari setahun.

3. Rendam Beras Dalam Air

Cara memasak beras merah agar pulen selanjutnya adalah merendamnya terlebih dahulu sebelum memasaknya.

Waktu perendaman maksimal selama setengah jam dengan jumlah perbandingan air yang benar.

Cara ini diyakini akan membuat hasil tanakan beras merah menjadi lebih empuk.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Rahasia Beras Merah Untuk Diet

Jika Anda mengamati lebih dalam, rata-rata orang yang tengah diet lebih memilih konsumsi karbohidrat yang minim gula. Contohnya adalah beras merah. Dibandingkan dengan beras putih kandungan gulanya memang lebih rendah. Adapun manfaat beras merah untuk diet antara lain:

1. Tinggi Serat

Bila kandungan gula beras merah lebih sedikit dari pada beras putih, sebaliknya kandungan seratnya lebih tinggi. Serat tinggi pada makanan akan menimbulkan rasa kenyang lebih lama bagi yang mengonsumsinya.

2. Memiliki Banyak Nutrisi

Beras merah bukan hanya kaya akan kandungan serat, tapi juga kaya akan nutrisi seperti kalsium, magnesium, zat besi, vitamin B, protein, sumber zinc dan potasium.

Kandungan nutrisinya yang tinggi ini membuat konsumsi beras ini baik untuk kesehatan dan cocok dijadikan menu diet sehat.

3. Antioksidan

Beras yang memiliki warna merah terang khas menunjukkan bahwa kandungan antioksidannya cukup tinggi. Antioksidan yang juga disebut antosianin berfungsi untuk membantu menangkal zat radikal bebas dan terhindar dari penyakit kanker.

4. Dapat Menurunkan Kolesterol

Dalam sebuah pernyataan oleh ahli kesehatan, diet menggunakan menu makanan beras merah juga ternyata baik untuk menekan kolesterol jahat yang ada pada tubuh.

Antosianin yang ada dalam beras merah tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan saja, tapi juga sebagai anti peradangan dan dapat terhindar dari penyakit jantung. Lainnya adalah bisa menekan risiko seseorang mengalami kelebihan berat badan.

Beras merah sejak dahulu telah dikenal sebagai bahan pangan yang baik dan sehat untuk tubuh. Hanya saja karena teksturnya yang kasar banyak orang yang enggan mengonsumsinya. Baru setelah booming pola hidup sehat dengan menu yang sehat termasuk beras merah, jenis beras ini kemudian banyak dicari hingga harganya lumayan mahal.

Nah, Womanesia bisa mencoba praktikkan cara memasak beras merah agar pulen di atas. Siapa tahu lebih enak dimakan untuk program diet, kan?