Ini Dia Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Hi, Womanesia,

Siapa, sih, yang belum mengenal cuka apel? Sebagian besar orang pasti pernah mendengar namanya, kan?

Ramuan termasyhur yang telah ekses mulai dari Periode Yunani kuno ini dapat dihasilkan dengan cara mencampur sari buah apel bersama dengan ragi serta gula. Kemudian, bahan-bahan ini difermentasi hingga mendapatkan sari cuka yang diinginkan.

Konon katanya, khasiat dari cuka jenis ini ada beragam, loh. Bukan hanya digunakan sebagai campuran makanan saja, tetapi sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka apel tidak hanya sebagai makanan. Manfaat lainnya, Cuka apel termasuk herbal serba guna kaya manfaat. Tak hanya itu, sudah dikenal sejak Yunani Kuno, Cuka apel juga menjadi obat tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat cuka apel untuk kesehatan? Womanesia simak ulasan artikel berikut!

1.Berguna untuk Program Diet

Bagi Anda yang ingin diet anti repot, Cuka apel sebagai herbal sangat bisa membantu Anda dalam proses menurunkan atau menjaga bobot tubuh ideal.

Secara tidak langsung, Cuka apel ini membantu keberhasilan program diet Anda. Asalkan dikonsumsi secara rutin.

Namun Womanesia harus tahu, sekalipun cuka apel bisa untuk program diet anti ribet, tentunya manfaatnya tidak langsung menjadikan proses diet Anda bisa langsing begitu saja dalam sekejap.

Proses diet Anda membutuhkan proses juga wajib diimbangi dengan melestarikan pola hidup yang sehat, makan makanan bergizi secara seimbang, dan olahraga teratur.

Jangan lupa, konsumsi cuka apelnya juga sebaiknya dilakukan secara rutin, ya, Womanesia!

Adapun, waktu terbaik untuk meminum cuka apel yang disarankan yaitu di pagi hari, sebelum Anda melakukan sarapan.

Sebaiknya juga berikan jeda sekiranya tiga puluh menit atau setengah jam, barulah bisa menyantap makan pagi.

Baca juga: Benarkah Ketombe Penyebab Rambut Rontok? 

2. Melindungi Makanan Agar tetap Higienis

Selain khasiat langsung bagi tubuh, cairan cuka apel yang sudah dikenal sejak berabad-abad silam ini juga bisa menjaga makanan tetap bersih serta bebas dari kuman. Hebat, bukan?

Ini bisa terjadi karena cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang lebih tinggi dibandingkan jenis yang lain.
Nah, asam asetat inilah yang akan berperan dalam melenyapkan kuman yang ada pada makanan.

Oleh sebab itu, herbal berbahan dasar sari buah apel ini sering dijadikan bahan tambahan untuk lalap atau salad, apalagi kalau bahan dasarnya sayuran mentah.

3. Melindungi Sel Tubuh

Cuka apel mengandung polifenol dan dipercaya dapat membantu menjaga tubuh Anda dari penyakit bahkan risiko kanker.

Nah, polifenol sendiri merupakan antioksidan yang memiliki peran penting dalam menjaga sel-sel tubuh dari penyakit yang berbahaya dan terutama kanker.

Zat antioksidan ini bisa juga Anda temukan pada sayur-mayur, berbagai jenis buah, kopi, dan juga cokelat. Karenanya, makanan tersebut di atas bisa membantu menjaga tubuh Anda dari risiko penyakit.

Meskipun belum ada bukti secara ilmiah apakah polifenol yang terdapat dalam cuka apel mempunyai manfaat yang serupa, tetapi orang-orang tetap percaya kalau polifenol yang terkandung di dalam cuka apel juga berkhasiat sama dengan buah dan sayur-sayuran.

4. Memelihara Kadar Gula Darah

Cuka apel untuk kesehatan

Cairan berwarna kuning keemasan ini juga dikenal memiliki khasiat yang teramat berguna bagi orang-orang yang mempunyai penyakit diabetes, loh. Yaitu dapat mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil.

Herbal cuka apel ini selain bisa mendorong sensitivitas insulin, juga bisa membantu untuk melambatkan pelepasan zat gula dalam darah.Sehingga karenanya, tingkat gula di dalam darah tak akan melonjak secara mendadak.

5. Memutihkan Gigi

Manfaat lain dari ramuan ajaib ini adalah untuk memutihkan gigi.

Anda bisa menggunakan cuka apel untuk berkumur di mana manfaatnya bisa membuat gigi Anda lebih putih dan bersih karena ada kandungan asam asetat.

Namun perlu diingat, bagi sebagian orang, zat asam asetat yang termuat dalam cuka apel malah berisiko mengakibatkan enamel yang terlapis di bagian paling luar gigi, yang mana menjadikannya terkikis.Padahal, lapisan inilah yang memiliki peran utama dalam melindungi gigi Anda.

Nah, supaya terhindar dari masalah di atas, sangat disarankan bagi Anda untuk rajin menyikat gigi. Jangan hanya mengandalkan berkumur memakai cuka apel belaka.

Baca juga: Waktunya Bergerak Mendukung Penyandang Disabilitas

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kabar baik untuk Anda para penderita hipertensi. Dikatakan, kalau si herbal cuka apel bisa membantu merendahkan tekanan darah, loh.

Akan tetapi, belum ada bukti klinis tentang teori yang mendukung ini karena penelitian yang dilakukan baru sukses dilakukan pada hewan saja. Meski begitu, banyak yang tetap mengonsumsi cuka apel untuk menjaga kestabilan tensi mereka.

Ternyata beragam khasiat bisa didapatkan dari pemakaian cuka apel.  Akan tetapi, ada baiknya untuk mengonsumsi bahan herbal ini secukupnya saja karena memakai apa pun secara berlebihan itu dampaknya tidak pernah baik untuk tubuh.

Selamat mencoba dan sehat selalu, ya, Womanesia!