Seberapa Sehat Mentalmu? Yuk Cek Mental Health Online Secara Gratis di 5 Situs Berikut!

Hi, Womanesia

Apakah kamu merasa dirimu tidak baik-baik saja? Sering cemas dan overthinking berlebihan? Atau Emosi begitu cepat berubah tanpa terkendali, serta mulai merasa kehilangan arah hidup.

Waspadai. Beberapa masalah di atas adalah ciri-ciri kalau kamu mengalami mental health disorder. Tapi seberapa parah? Kamu tak bisa menentukannya sendiri.

Nah, kali ini Womanesia akan mengulas beberapa situs yang cocok digunakan untuk cek mental health yang bisa dilakukan secara online.

Baca juga: Apakah Kamu Perempuan Bergaya Hidup Konsumtif? Kenali Ciri-cirinya, Yuk!

Situs Mental Health Online yang Wajib Kamu Kepoin

Mental health bukanlah sekadar gangguan biasa. Walaupun kamu mengalami gejala ringan tetaplah harus diwaspadai. Kenapa?

Seorang psikolog pernah bilang pada author Womanesia jikalau mental health yang levelnya parah, ternyata penyebabnya adalah dari gangguan-gangguan kecil yang dianggap tidak terjadi apa-apa, sehingga mencoba abai dan memilih melupakan dengan menyibukkan diri bekerja.

Ada yang pernah begitu?

Yuk, sekarang mulai berbenah demi diri yang lebih baik dan sehat mental. Jika mengalami masalah mental health, mungkin Womanesia butuh bantuan seorang psikolog.

Namun, jika belum berani berkonsultasi secara langsung, kamu bisa mencoba cek mental health online terlebih dahulu di beberapa situs dan aplikasi berikut.

1. Satupersen.net, Menyediakan Banyak Tes Terkait Mental Health

Satu Persen awalnya adalah sebuah kanal youtube milik Ifandi Khainur Rahim. Lulusan sarjana psikologi dari Universitas Indonesia.

Pada tahun 2019, Ifandi bersama temannya (Rizky Andriawan) menjadikan satu persen sebagai sebuah startup. Tujuannya untuk membantu banyak orang agar memiliki growth mindset, identity-aware, dan active problem solver .

Ada banyak tes yang bisa kamu ikuti di situs Satu Persen. Salah satunya adalah tes kesehatan mental. Tes lain yang berkaitan dengan mental health juga ada. Seperti tes tingkat stres, tes self-love, dan tes Quarter-Life Crisis.

Silakan kepoin website atau Instagram satu persen di sini @satupersenofficial

2. Laluibersama.com, Cek Mental Health Online Milik UNAIR

Laluibersama.com adalah situs layanan kesehatan mental online milik Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

Di situs ini kamu bisa cek mental health online secara gratis. Jika berkunjung ke situs laluibersama.com Kamu bisa langsung klik menu ‘Kalkulator Kesehatan Mental. Silahkan jawab semua pertanyaan yang ada.

Pada akhir sesi, kamu akan mengetahui tingkat kesehatan mentalmu. Seberapa parah tingkat kecemasan, depresi, dan stres yang kamu alami.

Baca juga: Ghosting dalam Hubungan Asmara dan Cara Bijak Menyikapinya

3. Lembaga Psikologi Jagaddhita (jagaddhita.org)

Jagaddhita merupakan lembaga psikologi yang sudah berbadan hukum resmi. Membuka layanan konseling di tiga provinsi. Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa tengah.

Jagaddhita menyediakan tes psikologi secara online melalui situs resminya. Memang tidak ada tes khusus untuk mengetahui kondisi kesehatan mentalmu secara umum.

Tes yang ada lebih fokus pada tingkat depresi dan kepercayaan diri. Kedua hal ini merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh sebagian orang.

4. Smart Mind Center Consulting (konsultasipsikiater.com)

Konsultasipsikiater.com merupakan situs resmi dari Smart Mind Center Consulting.

Sebuah layanan konseling yang menghimpun banyak ahli pada bidang mind science. Tak hanya melayani perorangan, tapi juga perusahaan.

Kamu bisa melakukan tes tingkat stres yang kamu alami. Untuk mengikuti tes ini, kamu harus mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Tenang, gratis kok.

5. Pijarpsikologi.org, Skrining Gejala Depresi Awal

Pijarpsikologi.org adalah situs yang membahas banyak hal tentang isu-isu mental health.

Berbagai jenis tulisan bisa kamu nikmati. Mulai dari artikel sampai berbagai kisah nyata mereka yang mengalami kesehatan mental. Kalau kamu mau, kamu juga bisa mengirimkan kisahmu loh.

Selain menyediakan berbagai referensi tertulis. Situs ini juga menyediakan tes untuk skrining gejala awal depresi. Hasil tes akan ditampilkan langsung setelah kamu menjawab semua soal.

Letak atau menu skrining di situs ini agak sulit ditemukan. Akan tetapi, jika kamu berniat mengikuti tes, klik saja link berikut, https://pijarpsikologi.org/tes-kesehatan-mental/

Womanesia, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan tubuh. Kamu perlu aware dan harus mengambil langkah pengobatan jika perlu.

Sebelum memutuskan menemui psikolog. Kamu bisa mengecek kondisi kesehatan mentalmu terlebih dahulu secara online.

Banyak situs yang menyediakan tes secara gratis. 5 di antaranya sudah dijelaskan dalam tulisan ini.

Tapi perlu kamu ingat. Cek mental health online ini hanya memberikan gambaran umum terkait kondisi mentalmu saat ini. Kamu tetap perlu melakukan konseling lanjutan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selamat mencoba, Womanesia!