Ayo Selektif Memilih Perangkat Keamanan Gedung Terbaik

Perangkat keamanan yang sudah dibekali oleh banyak fitur canggih dan modern, akan lebih memudahkan Anda untuk mengoptimalkan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Sistem keamanan yang harus ada di gedung, tempat bekerja dan berkontribusi dengan pihak lainnya harus selalu terjaga. Mari mengenalnya melalui rincian berikut.

Baca juga: Mesin Fotokopi Bagus untuk Usaha

Perangkat Keamanan untuk Utilitas Bangunan

Seperti apa perangkat keamanan yang dibekali dengan fitur canggih? Pastinya, Anda pernah melihat CCTV di tempat umum dan bangunan-bangunan tertentu guna mengoptimalkan fungsi keamanan. Tujuan yang ada adalah untuk membuat penghuni dan semua pengunjung merasa nyaman dan terlindungi.

Kini, Anda juga harus mengenal istilah utilitas bangunan yang harus diterapkan pada setiap bangunan bertingkat.

Istilah ini pastinya sudah tidak terdengar asing lagi oleh mereka yang bekerja di bidang arsitektur maupun konstruksi bangunan.

Istilah ini adalah hal yang wajib diperhatikan sebab sejak awal, tahapan perencanaan pada bangunan bertingkat sudah memiliki tujuannya sendiri.

Pasalnya, jika sistem ini tidak ada, bangunan juga tidak dapat beroperasi dengan semestinya.

Akibat Jika Tidak Memperhatikan Utilitas Bangunan

Sistem keamanan gedung yang kini dapat lebih masyarakat kenal sebagai utilitas bangunan haruslah diperhatikan. Ketidaklengkapan sistem tersebut dapat membahayakan seluruh penghuni bangunan.

Kelengkapan fasilitas dari bangunan yang merupakan definisi dari istilah ini merujuk pada tercapainya unsur-unsur penting, seperti kesehatan, komunikasi, hingga mobilitas yang ada dalam bangunan.

Sistem ini memang diterapkan berbeda-beda pada setiap bangunan, sehingga memerlukan pengkajian khusus.

Sederhananya, jika Anda ingin mengoptimalkan sistem kesehatan, maka perangkat keamanan tidak dipasang pada fungsi komunikasi.

Pengkajian khusus ini memungkinkan perwujudan fungsi yang lebih maksimal dan connect sesuai tujuan. Dengan begitu, akibatnya jika tidak menerapkan sistem keamanan gedung ini pada bangunan Anda, tidak akan terjadi.

Baca juga: Alternatif Hiburan Masa Kini, Rekomendasi Podcast Selebriti Indonesia

Jenis-Jenis Utilitas Bangunan

Sistem utilitas bangunan untuk rumah sakit tentunya berbeda dengan sistem utilitas untuk bangunan layaknya gedung hotel, perkantoran, dan apartemen. Namun, secara garis besar, setiap bangunan pasti memiliki jenis-jenis, seperti yang ada di bawah ini.

1. Sistem Plambing dan Sanitasi

Sistem plambing haruslah ada di setiap bangunan bertingkat maupun horizontal. Sistem ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan penghuni bangunan dalam transportasi dan suplai air bersih, sehingga pengeluaran air ke tempat-tempat yang dilaluinya akan berakhir tanpa pencemaran.

Kebutuhan ini juga bergantung pada sumber air bersih, seperti mata air, sungai, hujan, dan air tanah yang dikelola dengan Perusahaan Air Minum (PAM).

Adapun yang dimaksud dengan pengeluaran air, yakni air bekas buangan, air limbah, air limbah yang lebih spesifik, dan air hujan.

2. Sistem Tata Udara dan Ventilasi

Jika struktur rumah yang merupakan tempat tinggal sangat memerlukan ventilasi untuk mengatur sirkulasi udara, bangunan dan kantor pun begitu.

Pengkondisian lingkungan terhadap pengendalian suhu, kelembaban, dan arah pergerakan udara sangat penting untuk diperhatikan.

Sistem Pencahayaan dan Elektrikal
Sistem keamanan gedung yang berkaitan dengan elektrikal ini harus dirancang dengan cermat menggunakan perencanaan daya listrik dan pencahayaan.Cahaya yang ini harus mampu menyebar secara efektif dan efisien ke setiap bagian dari ruangan.

Memasang Perangkat Keamanan dengan HikCentral Enterprise Retail

Gedung memiliki sistem keamanan yang terbilang kompleks, karena faktor keamanan menjadi salah satu hal krusial yang dipertimbangkan. Hikvision memiliki fitur keamanan yang akan dibahas, sebagai berikut.

  • HikCentral Enterprise tidak hanya menawarkan fitur keamanan, namun platform ini juga membantu berbagai sistem meningkatkan efisiensinya. Perangkat lunak ini mudah diintegrasikan bersama sistem ketiga lainnya. Integrasi keamanan membutuhkan perangkat lunak yang berperan memproses input elemen-elemen sistem keamanan gedung, selanjutnya disatukan sebagai satu dokumentasi keamanan.
  • Misalnya, jika perangkat ini diintegrasikan dengan sistem akses kontrol. Hal ini menjadikan akses keluar masuk pada suatu ruangan dibatasi, hanya diperuntukkan bagi individu yang mempunyai kredensial. Akses kontrol terintegrasi akan memudahkan pemantauan gedung, serta meminimalisir biaya jasa petugas keamanan.
  • Perangkat sistem keamanan gedung ini memfasilitasi perusahaan memenuhi keperluan manajemennya dengan pemakaian aplikasi cerdas dan terpadu. Platform yang menjadikan video sebagai kompetensi inti dilengkapi sejumlah teknologi-teknologi canggih. Sebab, perangkat ini memiliki kombinasi teknologi IoT, artificial intelligence, analisis Big Data, pengenalan wajah, serta teknologi lainnya.
  • Produk Hikvision bisa menjadi solusi perangkat lunak sistem sentral yang mengamankan gedung untuk berbagai industri vertikal umum. Industri yang dimaksud seperti pendidikan, bangunan komersial, retail, hingga kawasan industri. Perangkat ini tidak hanya meningkatkan aspek keamanan, tetapi bisa memperoleh keuntungan bisnis dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence.
  • Perangkat lunak komersial ini memakai sistem operasi bagi server seperti CentOS 7.2 (64-bit), CentOS 7.4 dan CentOS 7.6. Sementara, sistem operasi terhadap control client seperti Microsoft Windows 7 32-bit/64-bit dan Microsoft Windows 10 64-bit. Untuk versi browser-nya seperti Chrome 35 serta di atasnya (32-bit) dan Internet Explorer 10/11 dan di atasnya (32-bit).

Gedung bertingkat menampung banyak penghuni, sehingga keselamatan mereka harus selalu diutamakan. Perangkat keamanan dari HikVision dan berbagai sistemnya mampu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hingga kenyamanan membuat bisnis dapat berjalan lancar.