Strategi Perencanaan Produksi Manufaktur Perusahaan yang Kompetitif

Operasional perusahaan manufaktur butuh perencanaan sistem yang matang. Jenis perusahaan ini memang begitu banyak bermunculan.

Keberadaan perusahaan manufaktur membuat masyarakat bisa memperoleh berbagai jenis barang atau jasa sesuai kebutuhan.

Perencanaan produksi pada perusahaan manufaktur kini dapat dilakukan dengan mudah berkat kehadiran software ERP manufaktur.

Tahapan Perencanaan Produksi Manufaktur

Ada beberapa tahapan yang penting untuk dilalui dalam sebuah perencanaan produksi manufaktur di perusahaan.

Tentunya setiap tahapan ini akan mempermudah perusahaan untuk melakukan perencanaan produksi secara matang dan efektif. Berikut adalah beberapa tahap perencanaan produksi di sebuah perusahaan manufaktur:

1. Tahap Awal

Pertama masuk ke tahap awa dimana perusahaan akan menentukan desain produk terlebih dahulu. Desain awal produk ini akan dibuat sesuai dengan spesifikasi dan syarat yang memang sudah menjadi standar dari produk tersebut.

Tahap ini menjadi salah satu langkah penting yang akan berpengaruh besar dalam kelancaran produksi sebuah perusahaan manufaktur.

2. Desain Produk

Selanjutnya masuk ke tahap pembuatan desain produk yang sudah ditentukan di tahap awal tadi. Pada tahap ini perusahaan manufaktur akan langsung mengambil keputusan desain produk secara rinci.

Jika di tahap awal tadi hanya sekadar rencana kasar maka di bagian ini sudah masuk lebih detail. Mulai dari ukuran, bentuk, juga warna produk direncanakan secara spesifik.

3. Rencana Pembuatan

Tahap berikutnya adalah rencana pembuatan. Di sini perusahaan manufaktur akan menentukan urutan proses pembuatan produk yang tadi sudah direncanakan.

Selain prosesnya, akan ditentukan pula jenis peralatan apa saja yang akan dipakai agar produksi bisa berjalan secara lancar.

4. Pembuatan

Di sinilah tahap dimana produk akan dibuat. Perusahaan akan mulai memproduksi barang sesuai rencana yang sudah dibuat dan dimatangkan sebelumnya.

Selain itu di tahap ini juga perusahaan bisa membuat modifikasi dari barang yang diproduksi. Proses produksi harus benar-benar mengikuti rencana atau desain produk yang sudah dibuat.

Hasil akhir dari tahap ini tentu saja adalah produk yang direncanakan oleh perusahaan. Namun bisa saja produk tersebut tidak sesuai dengan rencana atau keinginan. Artinya, produk sedikit menyimpang sehingga butuh dilakukan modifikasi untuk menghasilkan produk yang tepat.

Strategi Produksi Perusahaan Manufaktur

Dalam setiap langkahnya, perusahaan manufaktur tentu membutuhkan strategi yang tepat. Termasuk ketika akan melakukan produksi barang.

Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar perencanaan produksi bisa berjalan secara optimal:

1. Menyusun Prediksi Permintaan Konsumen

Strategi awal dalam proses perencanaan produksi adalah menyusun prediksi permintaan dari konsumen. Prediksi ini dianggap penting karena bisa memperkirakan berapa jumlah banyak yang harus diproduksi di satu periode waktu.

Lalu, bagaimana caranya melakukan prediksi ini?

Mudah saja, perusahaan tinggal melihat kembali laporan permintaan konsumen di periode produksi sebelumnya.

Namun, untuk melakukan hal ini maka perusahaan harus punya sistem pelaporan yang memadai.

Itulah mengapa pemakaian software ERP manufaktur terbaik sangat penting bagi kelancaran produksi perusahaan manufaktur. Data produksi bisa didapatkan dengan mudah dan menjadi acuan dalam produksi periode berikutnya.

2. Mengendalikan Inventaris

Berikutnya yang perlu dilakukan oleh perusahaan manufaktur adalah mengendalikan inventaris. Inventaris yang dimaksud adalah inventaris stok gudang untuk menghindari terjadinya pengadaan stok bahan yang sebenarnya tidak dibutuhkan dalam proses produksi.

Dengan begitu proses produksi akan berjalan secara efektif dan efisien.
Agar bisa melakukan pengendalian inventaris dengan baik maka perusahaan dapat memakai software ERP.

Pilih software ERP manufaktur pergudangan terbaik yang menampilkan data secara real time dan akurat. Ini akan menjadi software yang sangat efektif membantu proses pemantauan dan pengendalian inventaris.

3. Mempersiapkan Tim Karyawan

Dalam sebuah proses produksi, perusahaan manufaktur juga akan membutuhkan tim karyawan. Perusahaan harus memperkirakan berapa banyak jumlah karyawan yang akan dibutuhkan dalam sebuah proses produksi.

Tak hanya menentukan jumlahnya, harus dipastikan juga bahwa tim karyawan memang memiliki kemampuan yang tepat.

4.Mengatur Waktu dan Strategi Perencanaan

Selanjutnya perusahaan perlu melakukan pemetaan proses produksi secara berurutan. Dalam hal ini perusahaan juga perlu mengatur waktu sesuai dengan strategi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Di sini akan ditentukan pula berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proses produksi.

5. Mengidentifikasi Masalah

Tentu akan selalu ada risiko masalah dalam sebuah proses produksi. Perusahaan harus bisa menyusun antisipasi yang tepat agar masalah tersebut tidak menghambat proses produksi.

Antisipasi masalah ini hanya bisa dilakukan jika perusahaan melakukan identifikasi masalah sebelumnya.

Dalam hal ini perusahaan perlu mempertimbangkan untuk melakukan analisis efek serta mode kegagalan. Biasanya hal ini dikenal dengan nama Failure Mode dan Effect Analysis.

Jika identifikasi masalah ini dilakukan dengan tepat maka proses penanganan masalah yang muncul dalam proses produksi akan berjalan lebih mudah dan lancar.

Pemakaian Sistem ERP dalam Perusahaan Manufaktur

Sistem ERP terbukti bisa dengan mudah membantu perusahaan manufaktur untuk menyederhanakan proses operasional.

ERP itu sendiri merupakan sebuah sistem dan software yang dirancang langsung oleh SystemEver untuk digunakan oleh perusahaan manufaktur. Sistem ini hadir untuk mengelola berbagai jenis kegiatan manajemen secara terintegrasi.

Penerapan SystemEver ini terbukti sangat efektif dalam proses perencanaan dan penyusunan strategi produksi perusahaan manufaktur.

Manajemen data mulai dari keuangan, pengadaan barang, produksi, pembelian, pengelolaan SDM, dan lain sebagainya sudah termuat di dalam sistem tersebut. Perusahaan bisa mengendalikan proses produksi dengan mudah dan fleksibel namun tetap akurat.

Software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan SystemEver tentu akan menjadi pilihan tepat bagi sebuah perusahaan.

Software ini juga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis. SystemEver siap menjadi mitra bisnis terbaik dan bisa diandalkan. Langsung kunjungi link berikut untuk informasi lebih lengkap https://systemever.co.id/id/join-partner.