5 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Persyaratan untuk mendaftar pekerjaan ada bermacam-macam tergantung instansinya. Salah satunya yaitu membuat surat lamaran kerja.

Di beberapa instansi, surat lamaran kerja ini masih ada yang membutuhkan bentuk tulis tangan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar.

Baca juga: 5 Mitos Seputar Melamar Kerja

5 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Menjadi seorang pelamar kerja tentunya kita harus mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh instansi yang akan kita masuki. Contohnya dalam syarat melamar pekerjaan.

Pada umumnya sebuah instansi akan meminta Anda untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan, CV (Curiculum Vitae) atau data diri, dan portofolio apabila diperlukan.

Meski zaman sekarang sudah ada teknologi komputer untuk mengetik surat lamaran kerja Word. Namun, ternyata masih ada beberapa instansi yang membutuhkan surat lamaran kerja dalam bentuk tulisan tangan.

Nah, dalam pembuatannya, Anda perlu memperhatikan struktur dan kaidah yang berlaku. Untuk penulisannya sendiri bisa Anda lakukan di kertas HVS polos atau kertas folio bergaris. Usahakan ditulis dengan rapi agar mendapatkan nilai lebih di mata HRD.

Lalu, untuk kaidah dan struktur surat lamaran kerja, Anda bisa langsung menyesuaikan dengan peraturan instansinya saja. Namun, secara umum sama saja dengan instansi pada umumnya. Atau, bisa langsung melihat struktur contoh surat lamaran kerja tulis tangan berikut ini.

Struktur Pembuatan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Sebelum Anda membuat surat lamaran kerja, Anda haru tahu bagaimana struktur pembuatan surat lamaran yang baik dan benar agar terlihat rapi di mata HRD. Nah, berikut ini adalah struktur surat lamaran kerja yang bisa Anda gunakan di rumah.

  1. Adanya tanggal pembuatan dan tempat penulisan surat.
  2. Identitas instansi yang dilamar (nama instansi dan alamat lengkap).
  3. Adanya salam pembuka.
  4. Adanya kata pengantar.
  5. Jelaskan informasi jabatan yang akan Anda lamar nantinya.
  6. Jelaskan biodata diri Anda secara singkat saja karena yang lengkap sudah ada di CV.
  7. Berikan informasi pendidikan terakhir secaara singkat
  8. Apabila memiliki pengalaman kerja atau magang bisa jelaskan juga. Lalu, tambahkan penjelasan keahlian Anda.
  9. Berikan informasi lampiran dokumen apa saja yang diperlukan.
  10. Penutup
  11. Salam

Struktur yang sudah disebut di atas masih bisa Anda ubah-ubah dan menambahi. Jadi, tidak harus saklek ya, cukup fleksibel untuk dikuti kok sesuai dengan ketentuan instansi yang lain.

Lalu, mengapa sih surat lamaran kerja tulis tangan masih digunakan? Jadi, fungsi surat lamaran kerja tulis tangan ini agar perusahaan bisa membaca karakter Anda berdasarkan tulisan tangan yang dibuat.

Baca juga: Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Sebelum mulai menulis, ada beberapa nih yang perlu Anda perhatikan agar nantinya surat terlihat rapi di mata HRD instansi tersebut.

1. Jenis Kertas

Yang pertama perlu diperhatikan adalah jenis kerta yang digunakan. Apabila menggunakan HVS, pilih ukuran yang umum saja, tidak terlalu tebal maupun tipis.

2. Warna Pena

Selain jenis kertas yang digunakan, Anda juga harus perhatikan warna pena yang digunakan untuk menulis. Gunakan warna hitam saja untuk bentuk surat formal tersebut.

3. Penggunaan Huruf Kapital

Karena tidak diketika secara otomatis, Anda juga harus memperhatikan huruf kapital ketika menulis surat lamaran kerja tersebut. Jangan sampai ada yang terlewat.

4. Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku

Lalu, perhatikan juga penggunaan kata baku dan tidak baku. Usahakan selalu gunakan kata baku.

5. Correction-pen

Karena ini termasuk surat resmi, usahakan jangan sering-sering menggunakan correction-pen. Anda bisa menulis draftnya dulu di kertas lain, baru setelah itu tulis di kertas HVS yang akan digunakan.

6. Penyebutan Jabatan

Jangan lupa untuk menyebutkan jabatan yang ingin dilamar karena biasanya sebuah instansi bisa membuka lebih dari 1 lowongan kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Contoh surat Lamaran kerja

 

Contoh Surat Lamaran Kerja 2

surat lamaran kerja tulis tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja 3

Contoh Surat Lamaran Kerja 4

Contoh surat lamaran kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja 5

 

Nah, itulah 5 contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa Anda gunakan untuk melamar di berbagai macam instansi sesuai pilihan. Oh iya, apabila Anda sedang mencari tempat kos di tempat baru Anda bekerja nanti, Anda bisa mencarinya dengan mudah melalui aplikasi Mamikos.

Aplikasi Mamikos merupakan aplikasi yang memudahkan Anda dalam mencari maupun mendaftarkan tempat kos. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai macam tips-tips yang bisa diterapkan dalam kebutuhan sehari-hari. Untuk mendapatkan aplikasinya, Anda bisa langsung mendownload di Playstore maupun Appstore.