Gunakan 6 Bahan Ini Sebagai Cara Menghilangkan Pahit pada Bunga Pepaya

Hi, Womanesia, pernah makan bunga pepaya?

Beberapa orang mungkin sedang mencari cara menghilangkan pahit pada bunga pepaya. Sayuran satu ini termasuk sayuran yang mudah ditemukan dan mempunyai banyak nutrisi. Tidak heran jika mengkonsumsi bunga pepaya bisa memberikan sejumlah manfaat. Mulai dari melancarkan pencernaan, mengobati diabetes, mencegah kanker, sampai menambah nafsu makan.

Namun, rasa pahit yang terdapat pada bunga pepaya ini membuat banyak orang tidak suka mengkonsumsinya. Apalagi anak-anak di era sekarang yang akan menganggap sayuran ini sebagai sayuran tidak enak. Tentunya sangat disayangkan bukan jika manfaat tersebut tidak bisa didapatkan oleh tubuh.

Cara Menghilangkan Pahit pada Bunga Pepaya

Meski bunga pepaya mempunyai rasa pahit, bukan berarti Anda tidak bisa mengolahnya. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya. Jadi siapa saja bisa menikmatinya tanpa harus takut merasakan pahit.

Daun Jambu Biji

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan rasa pahit adalah daun jambu biji. Caranya pun sangat mudah untuk diaplikasikan.

Anda hanya perlu merebus bunga pepaya bersama dengan daun jambu biji. Jika tekstur bunga pepaya sudah empuk, pisahkan dan cuci sampai bersih. Jangan lupa diperas sebelum mengolahnya bersama dengan bumbu dapur lainnya.

2. Menggunakan Garam dan Asam Jawa

Cara menghilangkan pahit pada bunga pepaya bisa dilakukan dengan menggunakan garam dan asam jawa. Caranya dengan meremas 150 gram daun dan bunga pepaya menggunakan garam. Lakukan sampai garam meresap ke dalam daun dan bunga pepaya. Setelah itu, cobalah untuk mendiamkannya selama 10 menit.

Jika sudah, Anda bisa membilasnya. Setelah itu, rebus daun dan bunga pepaya menggunakan air asam jawa. Apabila bunga pepaya masih dirasa pahit, tambahkan asamnya sehingga kadar rasa pahit bisa lebih berkurang.

3. Menggunakan Gula Pasir

Siapa sangka, ternyata menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya bisa dengan menggunakan gula pasir. Hal ini karena gula pasir mempunyai rasa manis sehingga bisa membantu menetralisir rasa pahit dari bunga pepaya. 

Caranya pun sangat mudah untuk diaplikasikan. Anda bisa merendam bunga pepaya menggunakan air dengan campuran gula pasir selama satu jam. Setelah itu, tiriskan dan coba masak.

4. Menggunakan Daun Singkong

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi rasa pahit pada bunga pepaya adalah daun singkong.

Anda bisa mencuci bersih daun pepaya dan daun singkong terlebih dahulu sebelum direbus. Setelah itu rebus kedua bahan sampai mendidih dan keduanya mempunyai tekstur empuk. Jika sudah, tiriskan dan olah dengan bumbu lainnya.

5. Menggunakan Garam Dapur

Selain gula, ternyata garam juga bisa membantu mengurangi rasa pahit yang dihasilkan dari bunga pepaya. Hal ini karena garam mempunyai rasa asin sehingga dipercaya bisa menetralisir. Anda bisa mencuci bunga pepaya lebih dulu dan merendamnya dengan air garam.

Lakukan perendaman selama satu jam agar rasa pahit pada pepaya bisa sepenuhnya hilang. Setelah itu, Anda bisa meniriskannya sambil diremas. Selain itu, tidak perlu khawatir jika bunga pepaya akan berubah menjadi rasa asin.

6.Meremas Bunga Pepaya

Selain menggunakan beberapa bahan di atas untuk menghilangkan rasa pahit, Anda juga bisa menghilangkannya dengan meremas bunga pepaya. Jadi, remaslah bunga pepaya di bawah air mengalir selama beberapa menit sampai getah dalam bunga pepaya hilang.

Sekarang, cara menghilangkan pahit pada bunga pepaya bisa dilakukan dengan mudah. Tidak perlu lagi merasa takut memakan bunga pepaya lantaran rasa pahitnya. Jadi, cara mana yang menurut Anda paling efektif?