Tips Memilih Sekolah Internasional Terjangkau dan Terbaik Untuk Buah Hati

Sekolah menjadi salah satu sarana bagi anak untuk mendapatkan akses pendidikan yang baik. Untuk itu, penting bagi orang tua tahu tips memilih sekolah terbaik untuk buah hati.

Sekarang ini banyak sekali sarana pendidikan yang menawarkan berbagai macam keunggulan dan fasilitas yang mumpuni untuk anak. Salah satunya yaitu sekolah internasional.

5 Tips Memilih Sekolah Terbaik Untuk Buah Hati

Sekolah internasional menjadi salah satu pilihan terbaik bagi orang tua untuk memilih sekolah yang bagus bagi anak. Hal ini karena sekolah internasional memiliki kurikulum global dengan metode dan cara evaluasi yang sesuai dengan potensi dan bakat anak. Sehingga anak bisa mendapatkan kebutuhan belajar yang sesuai masing-masing individu.

Dengan adanya materi belajar yang sesuai dengan minat bakat anak, maka anak akan belajar dan berkembang secara optimal.

Selain itu, sekolah internasional semakin banyak peminatnya. Dikutip dari sebuah laporan yang dilakukan oleh ISC Research, bahwa jumalh sekolah internasional yang ada di dunia meningkat hingga 62% selama satu dekade.

Lalu di tahun 2021 ini, ada sekitar 12.373 sekolah internasional di dunia dan 200 di antaranya berada di Indonesia.

Nah, kali ini saya akan membahas tips memilih sekolah terbaik untuk buah hati Anda. Terutama dalam cara memilih sekolah internasional yang sesuai.

1. Kenali Minat dan Potensi Anak

Yang pertama adalah dengan mengenali minat dan potensi anak. Sebagai orang tua sebelum memilih sekolah bagi anak, Anda harus tahu minat dan potensi anak.

Misalnya saja anak memiliki ketertarikan dalam bidang seni seperti musik, menggambar, dan lain-lain.
Setelah tahu minat dan bakat anak, Anda bisa mencari sekolah yang menyediakan fasilitas untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Contohnya menyediakan extrakurikuler musik atau melukis.

Tidak lupa, Anda juga harus melibatkan anak dalam memilih sekolah ini. Misalnya saja anak setuju atau tidak untuk sekolah di sana.

Pasalnya yang menjalani sekolah nanti bukan Anda, melainkan si anak. Sehingga penting sekali untuk melibatkan pendapat anak dalam memilih sekolah ini.

2. Cek Lingkungan Belajarnya

Tips memilih sekolah terbaik untuk buah hati yang kedua adalah dengan melihat lingkungan belajar di sekolah tersebut. Anda bisa mengeceknya dari lingkungan secara fisik dan sosial sekolah tersebut.

Dari lingkungan fisik, Anda bisa melihat dari tata letak sekolah, kebersihan sekolah, hingga fasilitas fisik apa saja yang disediakan oleh sekolah tersebut.
Lalu, dari lingkungan sosial, Anda bisa melihat dari suasana dan kultur sekolah.

Terutama bagaimana sekolah menjunjung tinggi interaksi sosial dan pergaulan yang sehat. Contohnya saja tidak ada catatan buruk mengenai diskriminasi, bullying, dan tindakan sejenis lainnya.

Hal ini karena sekolah adalah rumah kedua bagi anak. Sehingga penting sekali memastikan bahwa sekolah tersebut nyaman dan aman sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar anak.

3. Biaya

Tips memilih sekolah terbaik untuk buah hati yang ketiga adalah dengan mengecek biaya. Apabila Anda sudah klop dengan lingkungan belajar yang baik dan fasilitas yang disediakan sekolah, Anda bisa mulai mengecek biayanya.

Biasanya sekolah dengan lingkungan dan fasilitas yang mumpuni akan memberikan biaya yang tidak murah. Hal ini sepadan dengan apa yang akan diberikan untuk anak Anda nantinya.

Contohnya saja sekolah internasional yang memiliki program belajar unggul untuk mengembangkan minat dan bakat anak. Sehingga tidak ada salahnya berinvestasi untuk masa depan anak yang lebih baik.

4. Pengajar yang Berkualitas

Cara memilih sekolah yang keempat adalah dengan mempertimbangkan pengajarnya yang berkualitas.

Pengajar atau guru adalah ujung tombak pendidikan yang akan mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter dan berprestasi. Peran pengajar menjadi sangat penting sebab sekolah yang bagus dan ideal, adalah sekolah yang pelaksananya cakap dan berkualitas.

Maka tidak heran jika dalam sekolah urusan kompetensi guru wajib ditingkatkan. Bahkan pemerintah seringkali memberikan pembinaan soft skill maupun hard skill pada guru maupun pengajar supaya upgrade skill mengajarnya tetap menyenangkan.

Anak belajar nyaman dengan dibimbing tenaga yang profesional.

5. Cek Metode Belajarnya

Beberapa sekolah biasanya memiliki metode belajar yang berbeda. Namun, penting bagi anak apabila diletakkan sebagai subjek yang aktif sehingga terjadi komunikasi dua arah yang baik dalam proses pembelajaran.

Nah, itulah tips memilih sekolah internasional terbaik untuk buah hati yang bisa Anda lakukan untuk anak.

Bagi Anda yang sedang ingin memilih sekolah internasional terjangkau dan terbaik untuk mempermudah anak dalam mengikuti kurikulum global, Anda bisa mencoba di Menlo Park School.

Menlo Park School merupakan sekolah bertaraf internasional untuk jenjang SMP dan SMA dengan harga yang terjangkau dan fasilitas yang tidak kalah bersaing dengan sekolah internasional lainnya.

Tujuan utama kami adalah untuk menyiapkan para siswa agar dapat diterima di perguruan tinggi terbaik di dunia. Perlu diketahui, bahwa Menlo Park School dioperasikan oleh startup company Schoters yang memiliki track record meloloskan ratusan siswa ke kampus top dunia di 38 negara.

Menlo Park School menyediakan SMP dengan kurikulum IGCSE dan SMA dengan kurikulum A-Level.

IGCSE merupakan kualifikasi pendidikan di taraf internasional untuk anak usia 14 – 16 tahun dan merupakan salah satu gerbang pendidikan tinggi di luar negeri. Dengan IGCSE, anak bisa mendapatkan:

  1. Perguruan tinggi atau universitas di luar negeri.
  2. Peluang karir yang baik
  3. Lulus tes bahasa untuk belajar di luar negeri
  4. Mengembangkan keterampilan lebih baik

A-Level sama seperti IGCSE yang merupakan gerbang persyaratan untuk mendapatkan pendidikan tinggi di luar negeri. Hanya saja A-Level diperuntukkan anak usia 17 sampai 18 tahun. Dengan A-Level, anak bisa mendapatkan:

  1. Perguruan tinggi atau universitas di luar negeri
  2. Memulai karir yang diinginkan
  3. Hingga dapat mencari lebih banyak subjek yang disukai oleh anak

Nah, tunggu apa lagi? Yuk segera bergabung bersama Menlo Park School! Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung cek websitenya di https://menloparkschool.com/