Kuliah di Korea Bukan Lagi Mimpi, Manfaatkan Global Korea Scholarship

Semua pelajar pasti ingin dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berkualitas, termasuk di luar negeri. Namun mahalnya biaya hidup dan pendidikan membuat banyak calon mahasiswa mengurungkan niatnya.

Dengan Global Korea Scholarship, keinginan tersebut dapat terlaksana. Bantuan dari pemerintah Korea ini sudah banyak dirasakan mahasiswa.

Persaingan untuk mendapatkan beasiswa tidak mudah. karena itu setiap pelajar harus benar-benar mempersiapkan diri. Dengan kesiapan yang matang, peluang untuk mendapatkan beasiswa dan kuliah di luar negeri bisa menjadi kenyataan.

Mengenal Global Korea Scholarship

Pemerintah Korea sebagai salah satu negara yang banyak bekerja sama dengan Indonesia memberikan peluang untuk calon mahasiswa mengenyam pendidikan tinggi di sana.

Salah satu programnya adalah dengan Global Korea Scholarship (GKS). Beasiswa tahunan ini dibuka untuk jenjang S1, S2 dan S3.

Keseriusan pemerintah Korea dalam memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa dari luar negeri, termasuk Indonesia terbukti dengan besarnya tunjangan yang diberikan.

Calon mahasiswa harus memahami bahwa angka tersebut jika dirupiahkan nilainya akan turun naik tergantung kurs, tetapi bisa cukup untuk kebutuhan pendidikan.

Tips Mendapat Beasiswa Luar Negeri

Untuk mendapatkan bantuan pendidikan di luar negeri seperti Beasiswa GKS harus memahami tips yang diperlukan. Kesiapan tersebut penting agar bisa bersaing dengan calon mahasiswa yang juga memperebutkannya. Berikut tips yang perlu dilakukan.

Prestasi akademik

Jika berencana untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, sebaiknya dari awal masuk SMA sudah mempersiapkan diri dengan belajar sungguh-sungguh. Prestasi akademik sangat penting dalam persaingan. Apabila mempunyai kemampuan lebih, maka siswa juga lebih percaya diri ketika mengikuti seleksi.

Persiapkan persyaratan administrasi

Tidak sedikit persyaratan administrasi yang harus dilengkapi oleh pendaftar beasiswa. Jangan lupa mengecek, juga menyiapkan waktu yang cukup dalam melengkapinya.

Beberapa berkas perlu waktu pembuatan. Jangan sampai karena kekurangan dalam administrasi menjadi penghambat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, termasuk Korea.

Kuasai bahasa negara tersebut

Menguasai bahasa negara Korea sangat penting bagi yang ingin mendapat beasiswa. Meski ada pembekalan bahasa, namun jika sudah menguasai akan mudah untuk berkomunikasi, termasuk dalam kegiatan kuliah.

Bekal kemampuan ini bukan saja memudahkan untuk mendapatkan beasiswa, tetapi juga membantu agar mudah menerima materi selama masa perkuliahan.

Pahami bentuk tes yang dilakukan lembaga

Bentuk tes yang dilakukan untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah Korea sudah ditentukan dan setiap tahun hampir sama. Sebaiknya mencari informasi sebanyaknya berkaitan dengan model tes sebelumnya sehingga bisa lebih mempersiapkan diri.

Pelajari kisi-kisi soal

Setiap tahun, soal yang ditanyakan untuk bahan seleksi hampir sama. Karena itu sebaiknya mempelajari soal sebelumnya.

Untuk mendapatkannya bisa dengan bertanya pada kenalan yang sebelumnya mengikuti seleksi tersebut atau browsing. Banyak website yang menyediakan materi dan soal tes sebagai bahan belajar.

Belajar interview

Tidak sedikit calon penerima beasiswa Korea yang gagal pada tahap ini. meski terkesan ringan dan mudah, namun banyak yang terjebak.

Sebaiknya mempersiapkan diri untuk belajar menghadapi interview atau wawancara. Dengan mencoba wawancara akan menyiapkan mental ketika berhadapan dengan penguji sehingga lebih siap dan meningkatkan kemungkinan lolos.

Global Korea Scholarship merupakan beasiswa dari pemerintah Korea untuk calon mahasiswa luar negeri, termasuk Indonesia.

Dengan beasiswa tersebut biaya untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1, S2 maupun S3 di luar negeri bukan masalah lagi. Siapa saja mempunyai kesempatan melanjutkan pendidikan dan mendapat bantuan biaya dari pemerintah Korea.