Tips Pergi Berlibur dengan Mobil Pribadi

Pergi berlibur memang hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Liburan identik pergi ke luar kota untuk melepas penat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk pergi berlibur, mulai dari menggunakan angkutan umum hingga menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk menghemat budget, biasanya pergi dengan motor atau mobil pribadi menjadi pilihan banyak orang. Selain lebih murah, waktunya juga lebih fleksibel karena tidak bergantung pada jam keberangkatan kendaraan umum, seperti bus, kereta api atau pesawat terbang.

Jangan lupa cek asuransi perjalanan dan detail manfaatnya untuk melindungi kita dan keluarga selama perjalanan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, berikut ini adalah tips bepergian jauh atau berlibur dengan menggunakan mobil pribadi. Simak baik-baik, ya!

Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat

Pertama, cek kondisi kendaraan yang akan digunakan sebelum berangkat. Beberapa hari sebelumnya, coba bawa mobil ke bengkel langganan. Minta kepada montir untuk mengecek kondisi kendaraan, mulai dari kondisi rem, oli, ban, mesin, lampu dan bagian-bagian penting lainnya.

Supaya lebih aman, lengkapi kendaraan dengan benda-benda yang bisa membantu jika terjadi kendala selama di perjalanan, seperti ban cadangan, dongkrak, senter dan sebagainya.

Bawa Barang Secukupnya Saja

Jika menggunakan mobil pribadi untuk pergi berlibur, perhatikan jumlah muatan mobil. Pastikan kendaraan yang digunakan bisa memuat jumlah orang yang hendak pergi.

Perhitungkan pula barang bawaan setiap orang. Jangan sampai mobil jadi kelebihan muatan dan membuat penumpang berdesak-desakan dengan barang. Begitu pun saat menggunakan motor. Sebaiknya, bawa barang secukupnya agar terhindar dari risiko kecelakaan.

Bawa Perbekalan dan Obat

Selain perlengkapan untuk kendaraan, jangan lupa siapkan peralatan P3K dan obat-obatan yang diperlukan, seperti vitamin, obat gosok dan perlengkapan medis lainnya. Bawa juga perbekalan seperti makanan dan minuman yang cukup, apalagi jika ada anak kecil atau bayi yang ikut pergi.

Hal tersebut harus jadi perhatian utama untuk mencegah mereka rewel karena kelaparan. Makanan, camilan dan minuman yang dibawa akan membantu kita tetap segar selama di perjalanan. Perbanyak persediaan air dan buah-buahan untuk menjaga kondisi tubuh, terlebih pengendara mobil agar tetap prima.

Jaga Kesehatan

Tidak hanya kondisi mobil yang harus prima, sebagai orang yang mengendarai mobil kita juga harus dalam keadaan yang sehat. Salah satu syarat sebelum berkendara adalah istirahat yang cukup. Apabila hendak berangkat malam atau dini hari, perbanyak tidur siang.

Sebaliknya, jika hendak berangkat di pagi hari, maka pastikan untuk tidur yang cukup di malam sebelumnya. Jangan ragu untuk beristirahat di rest area apabila merasa lelah saat di perjalanan.

Asuransikan Kendaraan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selama perjalanan ada kemungkinan terjadi suatu hal yang tidak terduga. Maka dari itu, lindungi keamanan kita dan keluarga menggunakan asuransi perjalanan. Selain itu, asuransikan pula mobil sebelum memutuskan untuk pergi berkendara jauh.

Hal ini akan membantu kita semakin tenang saat di perjalanan. Jika terjadi permasalahan atau kendala selama perjalanan atau saat berada di kota tujuan, asuransi tersebut akan membantu kita dalam penyelesaiannya.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan apabila ingin pergi berlibur menggunakan mobil pribadi. Untuk mendapatkan asuransi perjalanan maupun asuransi kendaraan, silakan cek di Lifepal. Di sana, tersedia banyak sekali pilihan asuransi dari perusahaan asuransi ternama yang sudah terjamin kualitasnya.

Harga preminya juga murah, apalagi bisa dibeli secara online yang lebih mudah dan praktis. Bagi yang ingin membeli mobil 150 jutaan yang direkomendasikan beserta asuransinya, bisa melihat daftarnya di duitpintar.com. Cek juga lifepal.co.id untuk mencari tahu asuransi online murah sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.