Perbedaan Online banking dan Mobile Banking

Online banking beberapa tahun terakhir penggunaannya terus saja mengalami peningkatan. Hal ini tentunya seiring dengan keharusan seseorang untuk menjaga jarak satu sama lain, mengingat virus Covid19 masih saja ada di sekitar kita. Sehingga meminimalkan transaksi manual atau face to face dan berganti menggunakan Digital Banking adalah solusi paling tepat.

Tahukah kamu bank konvensional di Indonesia sudah mempunyai produk perbankan digital yang sangat lengkap. Baik itu online banking, mobile banking, SMS banking dan lain sebagainya.

Para nasabah sudah tidak perlu datang lagi ke ATM terdekat atau kantor bank untuk melakukan transaksi. Entah itu transaksi belanja online, membayar tagihan, mentransfer ke keluarga dan sebagainya.

Bagi kamu-kamu yang belum familiar dengan produk Digital Banking terutama online banking. Tepat sekali kalian ada di situs ini, karena kita akan membahas berbagai hal penting terkait online banking.

Tentunya informasi seperti ini penting untuk kamu sebelum berlanjut menggunakan berbagai kemudahan fitur perbankan yang ada.

Definisi Singkat Seputar Online banking

Online banking pada dasarnya adalah bentuk transaksi perbankan yang memanfaatkan jaringan internet untuk bisa mengakses segala fitur perbankan yang ada di dalamnya.

Jaringan internet akan membantu kamu untuk membuka situs website dari masing-masing bank konvensional yang kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan berbagai perangkat digital baik itu laptop, komputer desktop, tab, smartphone dan sebagainya apabila kamu punya jaringan internet. 

Macam-Macam Fitur Online banking Secara Umum

Pada online banking kamu akan bebas menggunakan banyak sekali layanan perbankan loh. Dari mulai informasi terkait rekening tabungan atau giro kalian, lalu cek deposito, mutasi rekening dan kegiatan transfer-mentransfer.

Selain itu kamu juga akan bisa melakukan hal seperti top up pulsa di saat urgent, membayar tagihan bulanan dari mulai listrik, air, TV kabel, dan sebagainya. Tentunya dengan kemudahan seperti ini kamu tidak perlu khawatir lagi untuk telat membayar tagihan ataupun kehabisan pulsa di jam-jam krusial.

Lalu, Bagaimana Cara Online banking Bekerja?

Misalnya saja kamu ingin mengaktifkan layanan online banking di PermataBank, maka kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke bank tersebut untuk membuat user id, password dan identitas lainya.

Saat akses online banking, kamu hanya perlu mengisikan user id dan password PermataBank yang telah aktif untuk mulai menggunakan layanan perbankan mereka.

Nah setiap transaksi kamu harus memasukkan kode OTP yang biasanya kamu dapatkan dari token baik itu SMS atau email. Selanjutnya kamu akan mendapatkan email yang berisi bukti bahwa transaksi kamu sudah selesai dan berhasil.

Bagaimana dengan Mobie Banking?

Nah selain kemudahan yang ada di online banking, sebenarnya ada juga produk Digital Banking yang jauh lebih banyak dan lengkap dalam memberikan layanan perbankan. Yupp kamu bisa menggunakan mobile banking.

Mobile banking juga menggunakan koneksi internet, tapi bukan mengakses lewat website, kita diharuskan mengunduh sebuah aplikasi mobile. Salah satu yang terbaik adalah PermataMobile X yang mempunyai pelayanan segudang dan ramah terhadap kebutuhan anak muda.

Layanan PermataMobile X Ramah Anak Muda

Sebagai pemuda yang usianya masih 20an tentunya kita butuh sebuah layanan berbasis aplikasi yang bisa memudahkan urusan kita dalam hal perbankan.

Di PermataMobile X sendiri kamu bisa menikmati fitur yang canggih, keamanan transaksi yang terjamin, dan tentunya kegiatan perbankan menjadi lebih praktis.

Lalu apa saja sih yang bisa kalian lakukan dengan PermataMobile X selain beli pulsa dan voucher games? Simak ulasan yang kami buat untuk kamu berikut ini ya kawan.

  • Mutasi Rekening

Lewat aplikasi ini jika kamu sudah tersambung dengan internet, kamu bisa setiap waktu mengecek mutasi rekeningmu. Baik itu rekening tabungan maupun rekening giro, sehingga tidak ada transaksi yang terlewat olehmu.

  • Bayar Tagihan Mendesak

Di saat yang tidak tepat seringkali kita mendapatkan kabar bahwa kita sudah memasuki waktu jatuh tempo pembayaran berbagai tagihan. Jika kamu harus pergi ke ATM atau melakukannya secara manual tentunya akan memakan waktu dan bisa saja kamu terlalu sibuk untuk itu. Oleh karena itu adanya layanan dari produk Digital Banking ini bisa meringankan tugasmu. Kamu bisa bayar tagihan apapun dimanapun kamu berada yaa. Mulai dari tagihan seperti listrik bulanan, telepon, TV kabel, internet, air dan sebagainya.

  • Top Up

Anak muda pasti butuh top up karena mereka pasti suka transaksi online lewat e-wallet, lalu beli token listrik, maupun voucher game tanpa harus keluar rumah loh.

  • Buat Rekening

Selain itu kamu juga bisa buat rekening baru lewat mobile banking ini, baik itu rekening tabungan atau giro, bikin kartu kredit baru, hingga pengajuan pinjaman online atau KTA.

  • Jual Beli Produk Investasi

PermataMobile X juga menyediakan pembelian maupun penjualan Reksa Dana secara online lewat aplikasinya. Kamu bahkan bisa melakukan transaksi switching Reksa Dana saat kamu perlukan.

  • Pakai QR Pay

Agar kamu bisa mendapatkan kemudahan transaksi kamu juga sudah bisa membayar pembelian apapun dengan QR Pay. Kamu tinggal scan saja barcode yang ada di merchant yang sedang kamu kunjungi saat itu.

  • Tarik Tunai di Indomaret

Kalau tarik tunai mengharuskan kamu membawa kartu ATM ke mana-mana tentunya akan sangat memusingkan. Nah dengan PermataMobile X kamu bisa saja melakukan tarik tunai dimanapun asalkan ada gerai Indomaret dan PermataATM loh.

  • WhatsApp Gift, Limit Kredit, Simple Pay dan Lainnya

Ratusan fitur yang ada di PermataMobile X membuat aplikasi ini sangat menarik ya. Selain fitur di atas kamu juga bisa menggunakan fitur seperti WhatsApp Gift untuk mengirim uang ke nomor WhatsApp, mengubah limit kredit bahkan bayar cicilan dengan Simple Pay, dan masih banyak lagi fitur dahsyat lainnya.

Nah, bagaimana menurut kalian layanan yang ada di Digital Banking, sungguh menarik untuk dicoba bukan dari online banking hingga mobile banking nya. So ayo permudah aktivitas perbankan kita dengan layanan yang ada di produk digital PermataMobile X. Karena dengan begitu perekonomian kita akan semakin maju dan kualitas hidup kita menjadi lebih baik.