Apa Itu PayLater dan Manfaatnya?

PayLater Traveloka adalah salah satu produk pembayaran sistem tagihan yang banyak digunakan. Namun, bagaimana konsep PayLater sebenarnya?

Beberapa tahun terakhir, PayLater menjadi salah satu fitur yang banyak dikembangkan oleh penyedia produk komersial berbasis teknologi—PayLater Traveloka contohnya. Kehadiran fitur ini pun mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat. Namun, apa sebenarnya PayLater dan manfaatnya?

Pengertian PayLater

Sederhananya, PayLater berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris, yakni pay dan later, yang berarti ‘bayar nanti’ alias ‘bayar belakangan’. Konsep ini sebenarnya merupakan fasilitas keuangan yang memungkinkan metode pembayaran dengan skema cicilan, tetapi tanpa kartu kredit.

Dengan begitu, pengguna bisa membeli atau melunasi tagihan atas sebuah produk, baik barang maupun jasa, tanpa benar-benar membayar di awal. Walau demikian, pengguna nantinya akan membayarkan ‘dana talangan’ tersebut kepada pihak penyedia PayLater. Adapun durasi pelunasan PayLater dapat dalam hitungan hari, minggu, atau bulan sesuai kesepakatan antara pengguna dan penyedia.

Manfaat PayLater

PayLater menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kebutuhan dan kondisi finansial seseorang. Terlebih lagi, proses pendaftaran dan persetujuannya yang relatif cepat menjadi keunggulan lainnya yang membuat orang makin bersemangat untuk menggunakannya.

Lantas, apa saja manfaat PayLater bagi penggunanya?

Memenuhi Kebutuhan Tanpa Membebani Keuangan

Pandemi mengajarkan masyarakat untuk makin bijak dalam mengelola keuangan. Pengelolaan ini tak terbatas hanya dari sisi jumlah, tetapi juga bagaimana menjaga kelancaran cash flow—bahkan untuk keuangan pribadi.

Skema kredit modern ini pun menjadi salah satu opsi yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kestabilan finansial. Seperti contoh, kamu perlu melunasi angsuran kredit, tetapi dana simpanan yang dimiliki tidak mencukupi. Daripada harus membayar terlambat dan dikenai denda, maka kamu pun bisa menggunakan PayLater untuk melunasinya.

Selain itu, kredit ini bisa pula kamu manfaatkan untuk membeli sesuatu yang mendesak, tetapi biayanya cukup besar dan akan mengganggu kestabilan finansialmu jika harus menggunakan simpanan yang dimiliki. Dengan skema cicilan, kamu tetap bisa memenuhi keperluan tanpa mengacaukan cash flow.

Masa Pembayaran Fleksibel

Masih berkaitan dengan menjaga cash flow, PayLater menghadirkan berbagai tenor pembayaran yang fleksibel. Kamu pun bisa menyesuaikannya dengan kondisi keuangan agar tidak membebani.

Rerata, durasi cicilan bisa dilakukan hingga 24 bulan. Kendati begitu, pastikan kamu tetap membayar tagihan sebelum jatuh tempo, ya. Hal ini untuk menghindarkanmu dari risiko tagihan yang terus membengkak dan justru membebani di kemudian hari.

Mendapat Banyak Promo

Tiap penyedia PayLater bekerja sama dengan berbagai merchant untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Makin banyak merchant yang bekerja sama, makin besar pula benefit yang akan diperoleh pengguna.

Asyiknya lagi, selain makin banyak produk dan layanan yang dinikmati, kerja sama merchant ini biasanya juga menghadirkan berbagai promo menarik, seperti voucher belanja, potongan harga, dan sebagainya. Kesempatan ini tentu saja sayang untuk dilewatkan, bukan? Selain menjaga cash flow, promo juga membantumu memenuhi kebutuhan—dan bahkan keinginan—dengan biaya yang lebih rendah.

Maka dari itu, kamu perlu mempelajari dengan lebih detail PayLater yang akan digunakan. Pilihlah layanan yang memfasilitasi banyak produk dan bekerja sama dengan merchant yang sering kamu gunakan. Di PayLater Traveloka misalnya, kamu bisa membayar mulai dari tiket pesawat, hotel, angsuran kredit, pulsa, dan banyak lainnya.

PayLater merupakan salah satu solusi pembayaran dengan sistem tagihan tanpa menggunakan kartu kredit. Layanan ini pun dapat menjadi alternatif untuk membantu pemenuhan kebutuhan tanpa mengacaukan cash flow yang dimiliki. Walau begitu, pastikan kamu tetap bijak dan bertanggung saat menggunakannya agar tak justru berbalik menjadi beban di masa mendatang, ya!