Tabungan Investasi, Manakah yang Lebih Untung?

Antara tabungan dan investasi, keduanya kerap dianggap sama oleh banyak orang. Hal tersebut wajar karena investasi memang tujuannya adalah untuk menabung dalam jangka waktu panjang.

Namun, jika ditelisik lebih dalam pada dasarnya tabungan investasi adalah berbeda. Baik itu dalam hal pengertian, tujuan, kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu Tabungan dan Investasi?

Bagi Anda yang masih bingung tentang arti antara tabungan dan investasi, ada baiknya jika membaca arti keduanya di artikel ini.

Menurut pengertiannya, tabungan adalah kegiatan menyimpan uang atau sebagian penghasilan yang didapat untuk kebutuhan di masa depan.

Sedangkan investasi adalah menyimpan uang dalam bentuk produk tertentu yang berkaitan dengan investasi dengan tujuan untuk menambah aset menjadi lebih banyak.

Dalam praktiknya tabungan juga bisa meningkatkan nilai aset, tapi bentuknya lebih banyak dalam bentuk tambahan bunga.

Berbeda dengan aset investasi yang nilainya bisa berubah bunga, premi bahkan bangungan jika yang diinvestasikan adalah properti.

Apa perbedaan Investasi dan Tabungan?

Tabungan investasi sekilas memang terlihat sama, tapi jika ditelisik lebih dalam, dalam dunia finansial keduanya cukup berbeda. Apa saja yang menjadi perbedaannya? Simak selengkapnya di bawah ini

Dilihat dari tingkat risiko tabungan memang lebih aman karena untungnya sedikit dan telah ada jaminan keamanan dari LPS.

Sebaliknya investasi memiliki tingkat risiko yang tinggi. Semakin tinggi investasi dan keuntungan yang didapat, maka tinggi pula risiko yang harus ditanggung.

Sementara dilihat dari keuntungan, tabungan didapat dari adanya bunga yang diterima nasabah tiap bulannya

Sedangkan investasi mendapat keuntungan jika terdapat transaksi dan keuntungan yang didapat bisa jauh lebih besar dari tabungan

Bagaimana dengan kemudahan akses?

Untuk tabungan sejatinya dapat dikases  di mana pun dan kapanpun. Sementara investasi memang butuh waktu apabila ingin dicairkan.

Sedangkan tujuan kenapa harus menabung atau investasi?

Dengan menabung, Anda bisa memiliki dana cadangan karena tabungan dapat digunakan sewaktu-waktu.

Tetapi jika memang tertarik investasi, maka manfaatnya adalah untuk kebutuhan jangka panjang, misalnya dana pensiun dan lainnya.

Setelah mengetahui tentang perbedaan antara tabungan investasi, ada baiknya jika kamu juga mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan keduanya seperti berikut ini:

Kelebihan tabungan

  • Tabungan yang ditaruh di bank akan memberikan manfaat berupa bunga bank. Walaupun bunga ini sering jadi persoalan, tapi bagi sebagian orang bunga bank menjadi daya tarik tersendiri untuk menyimpan dana.
  • Keamanan uang lebih terjamin.
  • Transaksi tabungan sekarang lebih dipermudah dengan adanya ATM, jadi Anda bisa mengambil uang tabungan tersebut kapan pun dan dimana pun.
  • Memiliki tingkat risiko yang kecil.
    Dilindungi oleh LPS.

Kekurangan dari Tabungan

  • Terdapat biaya administrasi yang dikenakan setiap bulan.
  • Bunga yang didapatkan tiap bulannya terbilang kecil
  • Jika kamu butuh dana besar secara mendadak, tidak bisa langsung cair. Apalagi jika mengambilnya lewat ATM, karena terdapat pembatasan jumlah nominal.
  • Uang yang ditabungkan tidak akan berkembang.

Menilik dari kelebihan dan kekurangan dari tabungan ini, akhirnya banyak orang yang tertarik untuk lebih melakukan investasi.

Mereka tertarik karena untuk berjaga-jaga dari kondisi yang penuh ketidakpastian. Misalnya kondisi kesehatan, masalah pekerjaan hingga pendidikan anak yang butuh biaya banyak.

Melakukan investasi, Anda pun harus mengetahui tentang kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan investasi

  • Pertumbuhan atau penambahan nilai aset lebih cepat.
  • Dana lebih aman karena diawasi oleh OJK
  • Dana yang diinvestasikan dikelola oleh pihak profesional atau badan yang memiliki legalitas yang jelas
  • Dapat melawan inflasi
  • Dapat memenuhi kebutuhan di masa depan, misalnya untuk biaya pendidikan anak atau dana darurat saat tua nanti.

Kekurangan investasi

  • Risikonya lebih tinggi karena tingkat keuntungannya juga lebih tinggi dari tabungan.
  • Tidak ada jaminan keamanan dari lembaga penjamin.
  • Tujuannya yang digunakan untuk kepentingan jangka panjang, investasi tidak bisa digunakan untuk kepentingan yang tiba-tiba butuh dana besar.

Mana yang harus Anda pilih, Investasi atau Tabungan?

Walaupun telah mengetahui apa itu tabungan investasi, masih banyak yang kebingungan untuk memaksimalkan penghasilan rutin.Menabung memang baik, tapi investasi juga penting.

Bayangkan jika kamu berada dalam kondisi yang tidak terduga, misalnya sakit atau di PHK. Tabungan dan investasi akan berperan.

Tabungan yang dimiliki digunakan untuk berjaga-jaga dari masalah keuangan yang akan menimpa pada suatu saat.

Sedangkan investasi lebih banyak dipersiapkan untuk memenuhi hidup jangka panjang yang akan datang dengan tujuan keuangan tertentu membutuhkan dana yang besar.

Contohnya biaya sekolah anak hingga kuliah, dana haji dan dana hari tua.
Hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi adalah tingkat risikonya.

Karena setiap jenis investasi mengandung risiko dan keuntungan yang berbanding lurus. Artinya semakin besar keuntungan, maka risiko yang diterima juga akan semakin besar.

Berbeda dengan tabungan, yang relatif lebih aman tingkat risikonya. Namun, keuntungan yang didapat memang tidak sebesar investasi. Menabung hanya untuk tujuan jangka pendek. Apabila sewaktu-waktu membutuhkan dana, uang tabungan dapat langsung ditarik atau dicairkan.

Kesimpulannya adalah, akan lebih ideal jika kamu memiliki tabungan yang dapat dijadikan sebagai dana darurat. Harus pula memiliki investasi sebagai tempat untuk mengembangkan uang yang dapat memenuhi kebutuhan atau tujuan untuk jangka panjang di masa depan.

Tabungan bisa kamu jadikan pegangan untuk sewaktu-waktu, sedangkan investasi digunakan sebagai simpanan jangka panjang. Terutama jika cadangan tabungan telah menipis.

Tabungan dan investasi di Financer.com

Memiliki tabungan dan investasi sekaligus adalah sebuah hal yang menyenangkan.

Namun, banyak yang bingung dimanakah tempat terbaik untuk memiliki dua hal tersebut. Apalagi investasi adalah jenis simpanan jangka panjang yang tidak ada jaminan keamanan dari LPS.

Untuk mengatasi problem semacam ini, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan pihak profesional yang lebih tahu tempat yang tepat untuk memiliki keduanya. Salah satu yang direkomendasikan adalah Financer.com.

Di tempat ini Anda tidak hanya dapat melakukan konsultasi, tapi juga bisa membuka tabungan investasi untuk dana darurat. Baik untuk jangka pendek atau panjang yang aman dan terpercaya.

Untuk lebih meyakinkan, Anda bisa bandingkan berbagai produk tabungan dan investasi di Financer.com dengan produk di tempat lainnya.

Setiap produk di berbagai tempat akan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Demikian pula yang produk yang ada di Financer.com.

Selain memiliki produk yang bagus dan terpecaya, di tempat ini kamu akan mendapatkan layanan memuaskan baik saat konsultasi atau telah memilih produknya.

Ketika memutuskan untuk bermitra bersama Financer.com, Anda akan dibantu sepenuhnya untuk memutuskan jenis tabungan serta investasi yang tepat bagi Anda untuk masa yang akan datang. Sebab banyak sekali jenis tabungan dan investasi yang bisa dilakukan dan dipilih.

Baik itu tabungan atau investasi, keduanya memiliki sisi positif dan negatif yang bisa kamu jadikan pertimbangan ketika harus memilih diantara keduanya.

Tabungan investasi jelas adalah produk perbankan yang memiliki risiko meskipun berbeda jauh. Namun, untuk kebutuhan memang disarankan untuk memiliki keduanya sehingga kamu akan lebih siap ketika terjadi sesuatu yang tidak terduga di masa yang akan datang.