Rekomendasi Harga Printer Murah Terbaik, Inkjet atau Ink Tank?

Sebelum membeli sebuah mesin printer, wajar saja jika kita kebingungan dan justru malah tenggelam dalam berbagai ulasan atau review mesin printer di internet.

Belum lagi, ada sejumlah istilah yang berhubungan dengan dunia printer yang cukup membingungkan bagi orang awam.

Masalah penggunaan dan perawatan juga cukup tricky, karena mungkin sebagian dari kita masih khawatir jika memiliki printer sendiri, justru akan kerepotan dengan teknologi ini, terutama saat mengisi ulang tinta.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membaca ulasan di bawah ini, di mana mesin printer dibagi menjadi 2 jenis kategori berbeda.

Rekomendasi Harga Printer Murah dan Terbaik

Ada 2 jenis printer yang direkomendasikan karena harganya terjangkau, namun memiliki kualitas terbaik. Yaitu:

Printer Inkjet

Inkjet adalah tipe printer yang biasanya digunakan untuk mencetak dokumen atau print berupa teks dan gambar. Warna tinta yang digunakan untuk printer inkjet bisa beragam.

Di dalam printer ada 2 buah cartridge, yang satu untuk tinta hitam, sementara yang satunya lagi untuk tinta berwarna. Model printer inkjet ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan karena kepraktisannya. selain itu, harga jualnya pun cukup terjangkau, yakni di kisaran 1 jutaan (bahkan ada yang masih di bawah 1 juta rupiah).

Printer Ink Tank

Printer ink tank pada umumnya disebut juga sebagai printer infus. Sebenarnya, printer ink tank sudah dimodifikasi, supaya mesin printer ini dapat menggunakan cakupan tinta yang lebih banyak.

Caranya adalah dengan memiliki tangki atau wadah tinta yang berada di luar bodi printer. Dengan begitu, proses refill tinta menjadi lebih praktis dan mudah karena ink tank sudah didesain agar anti tumpah. Karena tintanya juga lebih hemat, otomatis total biaya yang akan kamu keluarkan ketika mencetak pun bisa lebih murah.

Setelah mengetahui 2 jenis printer di atas, hal lain yang perlu kamu pertimbangkan selain harga printer adalah kemampuan yang dimilikinya.

Berdasarkan berbagai fitur yang mampu ditawarkan oleh sebuah mesin printer, kamu wajib mengetahui daftarnya di bawah ini.

Fitur Printer Murah dengan Kualitas Terbaik

Berikut fitur-fitur printer yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli.

1. Untuk mencetak foto

Saat ini, sudah ada printer dengan kualitas cetak yang tinggi di mana hasil warnanya akan sangat tajam. Untuk printer foto ini sendiri akan lebih baik jika kamu memilih printer ink tank foto.

2. Print, Scan, Copy

Ada juga printer multifungsi yang mampu melakukan 3 jenis kegiatan yang berbeda dalam 1 mesin yang sama. Jadi, kamu tidak perlu membayar lebih untuk membeli mesin scanner atau photocopy. Cukup efisien bukan?

3. Mampu mengirim fax

Selain print, scan dan copy, ada juga beberapa jenis printer yang bisa mengirim fax. Cocok untuk penggunaan di kantor yang mungkin membutuhkan fasilitas yang satu ini.

4. Sudah wireless

Bayangkan betapa praktisnya kegiatan pencetakan dokumenmu jika bisa dilakukan langsung dari smartphone? Yup, dengan memilih printer wireless pastinya akan menunjang aktivitas harianmu selesai lebih cepat.

Itu lah sejumlah pertimbangan sebelum kamu memfilter berbagai harga printer dan fitur yang ditawarkannya. Apabila kamu harus memilih inkjet dan ink tank, jika memiliki budget lebih, sebaiknya kamu membawa pulang printer ink tank.

Pasalnya, fungsi printer ink tank yang sedemikian rupa sangat cocok jika dipakai untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak.

Jadi, jenis printer infus atau ink tank sangat optimal apabila digunakan di kantor atau tempat usaha yang memiliki intensitas cetak yang sangat tinggi.