Begini Loh Cara Parkir Mobil yang Baik dan Benar

Cara parkir mobil yang baik dan benar masih sering menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Apalagi bagi yang baru saja bisa mengemudikan kendaraan. Masalah parkir mobil dapat menjadi suatu hal yang menakutkan.

Karena memang tidak gampang menempatkan mobil di area parkir yang sempit dan rapat.

Jika tidak waspada dan hati-hati mobil yang Anda kendarai bisa menabrak tiang pembatas parkir atau lebih parah lagi menyerempet mobil lain yang sudah terparkir. Agar hal tersebut dapat dihindari, ada baiknya Anda menyimak artikel berikut ini. 

Cara Parkir Mobil dengan Baik dan Benar

Cara parkir mobil

Agar dapat memarkir mobil dengan baik dan benar, kuncinya adalah koordinasi yang baik antara mata,  tangan, kaki, serta feeling.

Anda harus dapat memperhitungkan jarak area parkir, baru kemudian mundur pelan-pelan dan memposisikan mobil dengan benar. Hal ini penting agar Anda tidak kesulitan ketika hendak keluar dari mobil. 

Selain itu penggunaan spion harus benar-benar Anda optimalkan untuk mengamati keadaan di sekitar area parkir, terutama situasi di belakang mobil. 

Anda juga harus paham kapan harus menggunakan gigi 1, gigi mundur, dan kapan harus menginjak rem. Ketika hendak memarkir mobil, sikap hati-hati dan waspada harus tetap Anda utamakan.

Cara parkir mobil juga tergantung dari posisi mobil saat parkir. Dan masing-masing posisi mempunyai cara atau teknik tersendiri. Berikut teknik parkir mobil berdasar posisi mobil saat parkir. 

1. Parkir mobil seri tegak lurus

Agar dapat memarkir mobil secara seri tegak lurus dengan baik, maka posisi kaca spion mobil Anda harus sama dengan kaca spion dari mobil yang terparkir di samping mobil Anda.

Dan pastikan bumper depan mobil dekat dengan pembatas area parkir, dan sisi samping dari mobil tidak tepat berada di garis pembatas parkir. Hal ini untuk memberi ruang bagi Anda saat membuka pintu untuk keluar dari mobil.

Baca juga: Tips Mengatur Uang Pensiun untuk Tabungan Hari Tua

2. Parkir mobil seri miring

Parkir mobil dengan sudut miring merupakan cara parkir yang paling gampang dilakukan. Karena banyak ruang kosong yang memudahkan mobil untuk masuk.

Untuk dapat parkir mobil seri miring caranya adalah Anda harus mensejajarkan arah mobil dengan garis parkiran. Kemudian pindahkan gigi R (gigi mundur) dan dalam posisi sudut 45 derajat, lurus mundur secara pelan-pelan.

3. Parkir mobil paralel

Parkir mobil paralel merupakan jenis parkir yang paling sulit jika dibanding yang lainnya. Sehingga untuk dapat melakukannya,  Anda harus berlatih secara terus-menerus.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Syariah yang Tepat dan Terbaik

Pertama yang harus dilakukan untuk parkir mobil secara paralel adalah perhatikan area parkirnya. Perhatikan juga bagian belakang mobil yang sudah terparkir, jangan sampe tersenggol. Setelah itu,  masukkan gigi R, dan putar kemudi ke sisi arah area parkir.

Kemudian mundur secara perlahan lalu putar kemudi ke arah yang ingin tuju. Dalam hal ini usahakan posisi mobil kita sejajar dengan mobil yang ada di depan dan belakang mobil kita.

Nah,  itulah beberapa cara parkir mobil yang baik dan benar yang harus Anda ketahui. Memang parkir mobil bukan perkara yang gampang. Sehingga perlu kehati-hatian agar tidak terjadi kecelakaan yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mobil.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat mengikuti asuransi mobil yang jenis dan macamnya dapat Anda lihat di cekpremi.

Cekpremi merupakan portal penyedia layanan pembanding asuransi berbasis online terbaik yang membantu Anda memperoleh produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.