Brown eggs in a plate. Rural scene

6 Tips Cerdas Beli Telur Yang Berkualitas dan Segar

Telur merupakan panganan yang cocok dinikmati dalam segala suasana. Bahkan, telur menjadi makanan bergizi yang harganya cukup terjangkau. Namun, saat beli telur ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Bukan hanya tentang harga atau nutrisi, kamu juga harus memperhatikan kualitas dan kondisi kesegaran telur. Jangan sampai, ketika membeli telur, ternyata sudah busuk dan tidak layak konsumsi. 

Untuk mengetahui kondisi telur, ada beberapa cara cek telur yang bisa kamu lakukan. Salah satunya dengan melihat ciri telur yang bagus yang bisa kamu kenali. 

Ciri Telur Yang Bagus

Memastikan telur yang kamu konsumsi berkualitas baik dan aman memang perlu kamu lakukan, agar mendapatkan manfaat dengan lebih optimal. 

Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan menyebut bahwa telur yang sehat mempunyai beberapa ciri, seperti :

  • Warna kulit sesuai dengan jenis unggasnya. Misalnya, bebek maka telur yang sehat akan berwarna biru. Sementara untuk telur ayam kampung atau lokal akan berwarna putih agak kecoklatan. Sedangkan telur ayam petelur berwarna coklat
  • Mempunyai permukaan cangkang yang bersih, mengkilat, halus tidak terdapat kotoran ayam, tidak retak atau tidak bernoda.
  • Telur yang baik dan tenggelam jika dimasukkan ke dalam larutan air garam, sebaliknya telur yang busuk akan mengapung. Hal ini karena, telur yang sudah tidak baik mengandung kantung udara. Kantung udara menjadi penanda bahwa telur sudah tua. 
  • Letak kuning telur pada telur yang berkualitas berada di tengah putih telur dan bentuknya bulat. Sebaliknya, ciri-ciri telur busuk maka tidak akan terlihat batas antara putih atau kuning telurnya. Selain itu, akan terlihat noda darah di sekitar putih telur. 
  • Berdasarkan ukuran, telur yang bagus akan memiliki berat sekitar 50 gram.

Setelah mengetahui ciri telur yang bagus dan ciri-ciri telur busuk, maka berikut tips beli telur yang aman. 

Tips Cerdas Sebelum Beli Telur

Berikut beberapa tips cerdas yang perlu kamu perhatikan saat beli telur , antara lain :

Pastikan Membeli Telur Dari Lemari Pendingin

Secara umum, telur yang disimpan dalam wadah dingin akan terjaga dan terhindar dari bakteri, seperti Salmonella. Jadi, agar mendapatkan telur yang berkualitas, maka selalu pilih telur yang tersimpan dalam wadah pendingin. 

Perhatikan Cangkang Telur

Salah satu ciri telur yang bagus dapat dikenali dari cangkang atau kulit telurnya. Jadi, pilihlah telur dengan cangkang utuh dan  tidak retak. Mengapa demikian? Karena telur dengan kulit yang retak akan lebih rentan terserang bakteri. Oleh karena itu, buka karton telur sebelum membelinya.

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Saat beli telur, pastikan kamu mengecek tanggal kadaluarsa. Telur yang kadaluarsa akan mudah sekali pecah.

Cek Stiker BPOM

Telur yang berkualitas akan mendapatkan verifikasi dan sertifikasi dari BPOM. Hal ini menunjukkan bahwa telur tersebut telah memenuhi standar kesehatan yang ditentukan.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Terdapat beberapa kategori serta kualitas telur yang dijual di pasaran. Ada yang berkualitas AA, hingga grade A. Selain itu, telur mempunyai ukuran dan berat yang berbeda. 

Jika ingin membeli telur sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaannya.

Beli telur di Sayurbox

Tips cerdas selanjutnya adalah beli telur di Sayurbox. Belanja kebutuhan telur di Sayurbox tidak perlu khawatir akan kualitas dan kondisi telur lagi. 

Karena kamu akan mendapatkan telur yang langsung dari peternak lokal, loh. Tentu saja kualitas yang terbaik. Apalagi, kamu bisa dengan mudah mengakses SayurBox dari aplikasi hingga websitenya. 

Akhir Kata

Itulah beberapa tips cerdas beli telur yang bisa kamu coba. Jadi, tunggu apa lagi! Ingin beli telur atau kebutuhan sembako lainnya dengan cepat, mudah dan terjamin kualitasnya? Unduh aplikasinya di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sayurbox&hl=en&gl=US. Selamat berbelanja.