Manfaat Squat Thrust Untuk Kesehatan

Manfaat squat thrust sangat banyak dan mudah dilakukan dengan sarana alat latihan sederhana. Supaya dapat memberikan manfaat untuk tubuh, maka latihan gerakan ini harus dilakukan dengan baik dan benar sesuai panduan pelaksanaannya.

Squat thrust merupakan salah satu latihan olahraga yang bisa mengerti berbagai otot di tubuh. Saat melakukan squat dengan benar, rutin dan teratur setiap minggunya, maka kegiatan positif ini bisa memberikan manfaat besar. Mulai dari mengencangkan otot bokong dan panggul, membentuk otot bagian paha, membuat tulang semakin kuat dan sebagainya. 

Dengan kata lain, manfaat squat trust juga dapat membantu dalam upaya membangun kekuatan otot di bagian atas dan bawah. 

Apa Yang Dimaksud Squat Thrust ?

Squat thrust adalah salah satu gerakan olahraga cukup efisien serta disarankan karena bisa dilakukan dimanapun, tidak membutuhkan keahlian khusus maupun alat tertentu. 

Seperti disebutkan pada myprotein.com, squat thrust merupakan latihan yang hampir serupa dengan burpee. Saat melakukan burpee seseorang akan memerlukan kekuatan otot tubuh bagian atas dan dengan melakukan squat thrust akan memaksimalkan gerakan bagian tubuh yang mendukung untuk gerakan jongkok.

Apa Saja Manfaat Squat Thrust Untuk Kesehatan?

Pada prinsipnya, ada sejumlah variasi squad yang bisa anda lakukan dalam mengencangkan berbagai otot di tubuh. Sejumlah contoh gerakan squat yang bisa dilakukan antara lain One-legged squats, Sumo squats, Pistol squats, Wide-stance squats, dan Goblet squats.

Inilah beberapa manfaat squat  thrust yang bisa anda rasakan. 

Membakar Kalori

Ketika melakukan olahraga tersebut, semua bagian tubuh mulai dari dada, perut, paha belakang,lengan, serta bahu akan bergerak secara maksimal. Karena itulah pembakaran kalori bisa dilakukan dengan baik.

Setelah olahraga ini dilakukan, maka asupan oksigen akan semakin meningkat serta membuat pembakaran kalori dapat terus berlangsung walaupun olahraga sudah selesai dilakukan.

Mobilitas Pinggul Semakin Meningkat

Mobilitas pinggul sangat penting untuk ditingkatkan yang bertujuan agar terhindar dari rasa nyeri, pegal, termasuk juga nyeri pinggul bagian bawah serta hal yang berkaitan dengan masalah lutut.

Mobilitas pinggul yang bagus serta lutut kuat akan semakin membantu menjaga keseimbangan, terutama apabila melakukan latihan kardio misalnya bersepeda maupun berlari. 

Menyehatkan Jantung

Manfaat Squat Thrust lainnya adalah untuk menyehatkan jantung. Ini adalah pilihan olahraga yang bisa meningkatkan detak jantung sehingga kesehatannya lebih terjaga. Selanjutnya, fungsi jantung untuk semakin membuat sirkulasi darah dan oksigen semakin lancar akan optimal.

Menggerakkan Seluruh Bagian Tubuh

Squat thrust bisa dibilang merupakan complete exercices yang mampu menggerakkan seluruh bagian tubuh tanpa butuh tempat dan alat khusus. Pada saat yang bersamaan, metabolisme tubuh akan terjaga dengan baik sehingga kekuatan dan daya tahan tubuh semakin terlatih. 

Melatih Kekuatan Otot

Manfaat Squat Thrust lainnya untuk melatih kekuatan otot. Gerakan yang ada mulai dari loncat, squad, leng, serta gerakan lainnya mampu melatih otot seluruh tubuh.

Beberapa otot yang dilatih antara lain otot punggung, otot perut, trisep, hamstring, glutes, quadricep, serta otot pundak. Jika ingin menargetkan kekuatan untuk bagian tubuh tertentu, maka bisa menerapkan gerakan-gerakan variasi. 

Dilansir dari laman healthline, ada juga manfaat lainnya dari melakukan squat thrust yaitu meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan imunitas atau daya tahan, serta merupakan cara untuk menurunkan berat badan.

Agar bisa memperoleh semua keunggulan Squat thrust tersebut ada beberapa cara untuk berolahraga squat thrust yang dapat diterapkan seperti berikut :

  • Gerakan dasar. Gerakan dasar yang bisa dilakukan adalah dengan berdiri dan membuka kaki selebar bahu, selanjutnya lengan diluruskan ke bagian bawah.
  • Berikutnya, turun ke posisi jongkok dan gapai lantai dengan tangan. Lanjutkan dengan posisi plank dan kembali ke posisi semula atau berdiri. Lakukanlah gerakan ini secara berurutan dan cepat agar hasilnya maksimal. 
  • Menambahkan push-up dan lompatan. Setelah melakukan gerakan dasar dan ingin menambahkan tantangan, Anda dapat melakukan pusat serta lompatan. Ketika pada posisi plank, bisa menambahkan push up 1 kali sebelum akhirnya ke posisi jongkok. 
  • Selanjutnya, saat berdiri tambahkan lompatan jam tangan diarahkan ke atas. Segera jongkok kembali dan lanjutkan ke langkah berikutnya. 

Gerakan yang dilakukan dengan baik memang akan semakin memaksimalkan manfaat squat thrust. Anda dapat menerapkannya di rumah secara teratur dan tidak berlebihan untuk merasakan dampaknya bagi tubuh. Dengan begitu, kesehatan dan kebugaran senantiasa terjaga.