Cara Memasang Kamera CCTV Sendiri, Ternyata Mudah!

Kamera CCTV sekarang ini sudah berubah menjadi sebuah kebutuhan. Dengan memasang CCTV, keamanan rumah dan properti lain menjadi lebih terjamin. Sebagai pemilik rumah, tentu saja kamu pasti menginginkan hidup yang nyaman dan tenang di dalam rumah bukan.

Sayangnya, karena begitu banyaknya berita mengenai pencurian serta perampokan bahkan ditambah dengan pembunuhan yang semakin marak, perasaan pasti menjadi tidak tenang. Oleh sebab itu memperketat keamanan menggunakan CCTV menjadi salah satu upaya yang bisa kamu lakukan. 

Sebenarnya, memasang kamera CCTV bisa dengan mudah dilakukan sendiri. Setiap melakukan pembelian CCTV, biasanya terdapat manual book di dalamnya yang bisa kamu ikuti untuk memudahkan proses pemasangan. 

Pilih Lokasi yang Tepat untuk Memasang CCTV

Sebelum memasang CCTV, kamu tentu harus menentukan tempat pemasangannya terlebih dahulu. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk memilih lokasi kamera CCTV, antara lain:

  1. Jika kamu melakukan pemasangan di dalam ruangan, kamu bisa memilih sudut dimana sebagian besar pintu masuk serta seluruh ruangan terlihat. Pastikan sudut tersebut sesuai dengan area yang ingin kamu pantau serta untuk memperoleh tampilan terbaik.
  2. Jauhkan kabel dari paparan cuaca seperti panas dan hujan. Bila kamu akan memasang CCTV di luar, pastikan jika kabel jauh dari sinar matahari, namun jika kamu memilih CCTV wireless, tentu ini bukan menjadi masalah
  3. Pasang CCTV di tempat yang tinggi. Pastikan memasang CCTV di tempat tinggi serta jauh dari bahaya. Ukuran tinggi yang tepat untuk memasang CCTV, kurang lebih 4 meter.
  4. Untuk kamera CCTV yang dipasang di luar, kamu harus memastikan jika tampilan langit yang dimilikinya minim, sehingga gambar latar belakang depan tidak akan terlihat gelap. 
  5. Hindari memasang CCTV dekat dengan kabel utama. Pemasangan CCTV yang dekat dengan kabel utama bisa menghasilkan interferensi sehingga mengganggu sinyal kamera. 

Cara Memasang Kamera CCTV Sendiri di Rumah

Pada dasarnya, memasang CCTV wireless dan yang masih menggunakan kabel tidak jauh berbeda. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  1. Simpan DVR CCTV di tempat yang tepat. Sebelum melakukan pemasangan CCTV, kamu harus memastikan tempat untuk memasang DVR karena seluruh rekaman CCTV ada pada DVR oleh sebab itu simpan DVR dalam kompartemen yang terkunci. 
  2. Kelola kabel dengan baik. Setelah menentukan penyimpanan DVR, kamu bisa merencanakan alur untuk seluruh kabel dari kamera ke DVR. Kamu bisa menggunakan cetakan kawat atau duck kabel sehingga nantinya kabel bisa terkelola dengan aman. Pasang cetakan kawat atau duck kabel di seluruh dinding.
  3. Tandai lokasi yang akan dipasang kamera CCTV. Setelah menentukan mana lokasi yang pas digunakan untuk memasang CCTV, kamu bisa menandai dan bor lubang serta palu di cetakan sekrup. Bila pemasangan kamu lakukan ke kayu, kamu bisa sekrup kamera ke permukaan secara langsung. 
  4. Kencangkan kamera dengan kuat serta masukkan kabel daya kamera dalam soket, pastikan sudah menghubungkan output video serta kabel power listrik DC menggunakan koneksi yang sesuai. 
  5. Hubungkan ujung kabel masing-masing koneksi di input video pada DVR. Kamu juga harus memastikan jika ujung kabel kamera CCTV sudah terkunci dengan baik. 
  6. Sambungkan power adaptor ke stopkontak, bila kamu menggunakan banyak kamera, gunakan kabel power splitter. 

Rekomendasi CCTV Wireless Terbaik

Selain mengetahui informasi umum seperti pemasangan, pemilihan CCTV tentu juga harus dilakukan dengan baik. Salah satu rekomendasi CCTV yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan adalah ColorVu Hikvision. 

ColorVu Hikvision merupakan kamera CCTV berkualitas yang bisa merekam video penuh. Kemampuan yang dimiliki ColorVu Hikvision bahkan sangat mendetail sehingga bisa menangkap seluruh gambar.

ColorVu Hikvision menggunakan perangkat keras yang mutakhir, bukan hanya itu proses gambar yang dilakukan juga lebih canggih dibandingkan dengan vendor lain. Kehandalan yang dimiliki ColorVu Hikvision juga super tinggi. 

Kelebihan yang ditawarkan ColorVu Hikvision bukan hanya sampai disitu saja, berikut keunggulan lain yang ditawarkan ColorVu Hikvision, seperti:

1. Kamu Bisa Melihat Warna Sesungguhnya

ColorVu Hikvision mampu memberikan informasi warna yang sesungguhnya, proses render warna CCTV ini bahkan sangat akurat. Bahkan, meskipun berada di lokasi yang minim cahaya, kamu tetap bisa melihat warna yang sesungguhnya. 

Kamera ColorVu Hikvision dapat membuat gambar berwarna cerah dengan cahaya yang redup, bahkan hingga mencapai 0,0005 lux, angka tersebut merupakan pencahayaan yang sama dengan keadaan malam tanpa bintang dan bulan.

2. Dapat Memperlihatkan Detail yang Lebih Banyak

ColorVu Hikvision dapat merekam seluruh informasi dengan jelas beserta dengan detail dan warna yang jauh lebih kaya jika dibandingkan dengan kamera biasa hitam putih. 

Sebagai pemilik property, tentu saja kamu ingin seluruh kegiatan yang berada di dalam propertimu terpantau dengan baik bukan, ColorVu Hikvision tepat dijadikan sebagai pilihan karena bisa memperlihatkan kondisi secara mendetail.

3. Pengalaman Visual yang Jauh Lebih Baik

ColorVu Hikvision memiliki kecerahan seimbang bahkan aperture super F1.0 serta sensor lanjutan sehingga bisa menjamin perenderan terlihat lebih realistis. Bahkan ketika kamera yang kamu miliki memperbesar atau memperkecil gambar, kecerahannya akan tetap terjamin. 

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki kamera CCTV ini, tidak heran jika ColorVu Hikvision disebut sebagai CCTV terbaik. Untuk keamanan rumah yang maksimal, tentu kamu tidak boleh memilih kamera yang asal bukan? pastikan menggunakan ColorVu Hikvision untuk menjamin keamanan rumahmu.