Yummy App, Solusi Jitu Berburu Resep  Terbaik untuk Kesehatan Mental

Tahukah kamu, jika aplikasi Yummy memang solutif banget. Mau cari resep masakan apa aja, semua ada. Bahkan mencari resep makanan untuk kesehatan mental pun banyak banget yang bisa dicoba. Suka deh. Jadi lebih suka memasak dan semangat mengatur pola makan sehat.

Tepatnya 10 Oktober tahun lalu telah diperingati sebagai hari Kesehatan Mental Sedunia.

Media sosial bergemuruh. Media massa gencar mengampanyekan isu kesehatan mental di masa pandemi.

Hal ini bertujuan untuk memberitahu betapa pentingnya masalah kesehatan mental dan gangguan jiwa ini untuk segera mendapatkan penanganan serta kesadaran tinggi dari para masyarakatnya.

Harapannya dengan adanya peringatan Hari Kesehatan Mental tersebut, bisa menjadikan para mental disorder bisa memenuhi haknya mendapatkan pelayanan terbaik.

Salah Kaprah Tentang Stigma Kesehatan Mental

“Hai, orang gila, orang gila.”

“Eh, dia nggak waras ya. Kadang di pagi hari senyum-senyum sendiri. Malam hari dia ngamuk-ngamuk nggak jelas.”

“Wah, dia ke psikiater tuh. Ada masalah kejiwaan kayaknya.”

Sungguh, cuitan-cuitan di atas rasanya tidak pantas disampaikan kepada penderita kesehatan mental.

Namun mirisnya, di negara kita, dewasa ini justru lebih banyak yang menjudge, memberikan statemen menjatuhkan daripada memeluk mereka yang bermasalah.

Stigma yang tertanam dalam pikiran masih beranggapan bahwa mereka yang mengalami depresi, stres dan kecemasan berlebih dianggap tidak waras, atau bahkan GILA. Padahal tidak juga demikian.

Mungkin kalimat ini wajib dibaca dan didengar oleh semua orang,

“Wahai kalian, divonis mengalami gangguan mental saja, itu rasanya sudah menjadi pukulan telak bagi kami. Tapi kalian menambahnya dengan sebutan sakit jiwa atau orang gila. Sungguh, ini membuat kami tak ada harapan untuk sembuh. Padahal andai pelukan yang diberikan, bukan hujatan. Kami bisa lebih baik lagi. Bukan justru dikucilkan dan dijauhi.”

Stigma atau anggapan negatif ini acapkali dipandang remeh. Tapi sadarkah, jika yang tanpa disadari ini justru memberikan dampak tidak baik untuk orang lain?

Maka tak heran, dengan pemahaman tentang kesehatan mental yang masih salah kaprah, Indonesia sampai dikatakan negara yang darurat kesehatan mental!

Fakta Pandemi, Indonesia Semakin Darurat Kesehatan Mental

Kenapa Indonesia dikatakan darurat kesehatan mental?

Sebelum pandemi saja, hasil survei dari Global Health Data Exchange tahun 2017, Ada data 27,3 juta orang di Indonesia mengalami masalah kejiwaan. Bahkan Indonesia menjadi negara tertinggi di Asia Tenggara yang banyak mengidap kesehatan mental.

Data dari Riskesdes tahun 2018 juga menunjukkan bahwa terdapat 14% dari 300.000 sampel rumah tangga pernah melakukan pasung terhadap ART penderita gangguan jiwa Skizofrenia.

Data pendukung lainnya bisa dilihat saat pandemi sekarang ini. Dari survey yang dilakukan WHO, masyarakat terjebak di rumah dan tidak diketahui kapan aturan social distancing akan berakhir, ternyata sangat mempengaruhi kenaikan angka penderita kesehatan mental.

Pahami dan Sadari Indonesia Darurat Kesehatan Mental

Tahu nggak, faktanya data di atas sebagai bukti bahwa Indonesia darurat kesehatan mental. Lantas kenapa bisa terjadi?

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa banyak orang Indonesia mengalami gangguan kesehatan mental dan angkanya justru semakin naik dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan akibat kurangnya kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

Saya juga pernah melakukan survey kecil-kecilan bahwa kebanyakan dari kita belum terbuka dengan masalah kesehatan mental. Ya, tentu ini masih erat kaitannya dengan judgement lingkungan maupun orang terdekat yang kurang edukasi.

Mindset beberapa orang acapkali berpikir bahwa orang-orang yang pergi ke psikiater untuk menyembuhkan diri tersebut dicap gila. Atau adalagi yang memberikan pernyataan bahwa seseorang yang mengalami mental disorder itu mencari perhatian saja? Miris banget, kan?

Dan yang paling mengenaskan, waktu saya mencari informasi terkait berapa jumlah psikiater di Indonesia? Sontak mata saya menatap kaget layar 10 inc di hadapan saya tersebut. Siapa yang menyangka ternyata Indonesia baru mempunyai sekitar 2500 psikolog klinis dan 600-800 psikiater. Artinya, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang jumlahnya hampir 260 juta jiwa pada tahun 2020, maka satu psikiater akan menangani 300.000 – 400.000 pasien. Padahal menurut data WHO telah menetapkan bahwasannya standar jumlah tenaga psikolog dan psikiater dengan jumlah penduduk adalah 1:30 ribu orang.

Inilah kenapa Indonesia memang darurat kesehatan mental dan butuh perhatian serta kesadaran tinggi, baik dari diri sendiri, lingkungan sekitar maupun dukungan dari pemerintah.

Mulai Melakukan dari Hal Sederhana dengan Mengubah Pola Makan Demi Sehat Mental

Tiga bulan lalu saya tidak malu mengakui bahwa saya memang sedang bermasalah di kesehatan mental. Selain tekanan keras pandemi yang seolah-olah mengukung kreativitas saya untuk tetap di rumah saja. Ada juga tekanan mental dari pekerjaan online serta toxic relationship dengan rekan bisnis.

Untungnya sih saya sadar betul jika memang ada yang salah. Karena saya mendeteksinya dari rasa cemasberlebih, terkadang juga suka menangis sendiri tanpa sebab,  depresi yang berujung pada tidak semangat, serta emosi yang tidak terkontrol.

Nah, karena saya sadar sedang tidak baik-baik saja, saya pun mencoba menyewa jasa psikolog online untuk mengatasi masalah kesehatan mental saya. Selanjutnya, beberapa teman yang mengalami gangguan yang sama, mereka menyarankan untuk mengubah pola makan.

Hah? Pola makan?

Awalnya saya kaget ketika seorang teman menyarankan untuk mengubah pola makan. Emang bisa? Dalam hati saya bergumam demikian. Tetapi setelah saya telusuri dengan membaca beberapa artikel, kesehatan mental bisa dicegah dengan mengatur pola makan yang baik dan sehat.

Mengutip dari hallosehat.com menunjukkan bahwa nutrisi yang baik sangat penting bagi kesehatan mental yang nantinya berdampak untuk jangka pendek dan panjang. Dari pernyataan ini, saya pun bisa menyimpulkan bahwa antara faktor makanan dengan kondisi mental itu saling berpengaruh.

Lantas pola makan seperti apa sih yang bisa membantu memulihkan kesehatan mental?

  1. Rutin Sarapan Sehat di Pagi Hari

Layaknya mobil, dia butuh yang namanya bahan bakar agar kuat melaju menelusuri jalanan. Begitu juga dengan manusia yang membutuhkan sarapan pagi sebagai sumber energi setelah malam harinya tidur malam yang panjang. Maka tanpa sadar perutnya menjadi kosong.

Selain sarapan sehat di pagi hari sebagai sumber energi, memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, melindungi dari serangan penyakit. Manfaat lain yang bisa didapat dari sarapan pagi adalah meningkatkan mood sehingga suasana hati lebih baik dan stress di pagi hari bisa diatasi.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Seringnya, orang akan minum kafein untuk meningkatkan mood. Tidak salah juga sih jika memang konsumsi kafein dan minuman sejenisnya. Tetapi ada baiknya jika konsumsi 8 gelas air sehari, yakni sekitar 2 liter.

Kenapa memperbanyak minum air putih itu wajib? Alasannya sangat sederhana. Sebab jika tubuh mengalami dehidrasi ringan, maka akan memicu  rasa lelah, sulit berkonsentrasi, perubahan suasana hati, sakit kepala, pusing, dan lainnya.

  1. Memperbanyak Makan Sayur dan Buah-Buahan

Mungkin selama ini kita menganggap sayuran sekadar dedaunan saja. Tetapi ternyata, Serat dalam sayuran bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Di dalam sayuran pun terkandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan mencegah beberapa macam penyakit.

Selain dua hal di atas, beberapa penelitian menyatakan bahwa sayuran sangat baik untuk kesehatan mental. Penelitian dari Inggris membuktikan bahwa rutin konsumsi sayur bisa memberikan efek nyaman dan sejahtera. Hasil penelitian serupa dari Australia juga menyatakan jika sayuran bisa menurunkan risiko depresi dan gangguan cemas.

5 Makanan Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Kesehatan Mental

Setelah tahu pola makan seperti apa yang harus saya terapkan. Saatnya saya hunting jenis makanan apa saja yang bisa meningkatkan kesehatan mental. Nah, apa sajakah itu?

  1. Yogurt

Yogurt merupakan makanan probiotik atau makanan fermentasi yang mengandung bakteri baik. probiotik dipercaya bisa membantu meringankan depresi karena kandungan bakteri baik bernama Lactobacillus. Di dalam usus, bakteri ini berfungsi mengusir bakteri jahat yang mengakibatkan kerusakan pada produksi hormon serotonin dan dompamin.

2. Lemak Ikan

Ikan dipercaya memiliki kandungan asam lemak omega 3 tinggi, seperti ikan salmon, sarden dan makarel yang mana terbukti bisa mengatasi masalah skizofernia, depresi bahkan autoimun ADHD.

3. Sayuran Hijau

Tinggal di desa adakalanya meminta saya untuk bersyukur berkali-kali. Di mana untuk mendapatkan sayur berwarna hijau bukan hal yang susah layaknya saya tinggal di kota yang menyoal sayur pun harus beli terlebih dahulu.

Misal nih bayam. Saya bisa mengambil sayuran ini cukup di belakang rumah saja hasil menanam nenek. Selain bayam, ada juga sawi, lobak dan brokoli yang mengandung asam folat tinggi sehingga dipercaya bisa membantu meningkatkan kesehatan mental.

4. Rempah-rempah

Sejak zaman nenek moyang, rempah ini sudah menjadi obat tradisional yang ampuh menyembuhkan penyakit. Ternyata, rempah-rempah ini juga dapat menyembuhkan kesehatan mental. Misal kunyit yang digunakan dalam bumbu masak atau bubuk kari, cabai dan lada hitam.

5. Makanan Nabati Sehat

Makanan nabati sehat meliputi biji-bijian, sayuran, buah dan kacang-kacangan. Makanan-makanan ini seringkali dikaitkan dengan mengurangi risiko depresi, kecemasan, dan tekanan psikologis.

Fitur dan Kelebihan Aplikasi Yummy App

Berburu resep masakan paling enak ya di Yummy. Aplikasi serba bisa sehingga membuat pemula yang tidak rajin memasak pun ketagihan. Nah, intip yuk, kira-kira fitur apa saja sih yang dimiliki Yummy App berikut:

Tampilan Beranda Eye Catching

Saat masuk pertama kali di beranda aplikasi Yummy, saya jamin Anda bakal jatuh cinta pada pandangan pertama. Bagaimana tidak, kecanggihan teknologi nyaris membuat aplikasi ini tidak memiliki kekurangan. Di tampilan awal sudah menunjukan kelebihan yang menurut saya bikin orang bakal betah berlama-lama untuk mencari resep masakan. TOP pokoknya!

Selain tampilan Beranda yang clean, minimalis dan stylish, fitur aplikasi terpampang nyata. Seperti event dan promosi, akun official, masakan trending, masakan Western, masakan Korea, Masakan hemat 10 k, rekomendasi, Minuman, dan lain-lain. Coba kepoin ya. 

Menyajikan resep mudah, cepat dan kekinian

Yang saya paling saya suka dari aplikasi yummy ini adalah memberikan resep masakan yang mudah dilakukan. Selain itu proses memasaknya juga sangat cepat. Dan untuk resep-resep yang ada di aplikasi yummy sangat kekinian banget.

Kategori Resep Terlengkap

Dengan mendowload aplikasi Yummy di Hp Android Anda, saya jamin Anda nggak bakal mati gaya lagi mau masak apa keesokan hari. Sebab kategori resepnya lengkap.

Bahkan saking jatuh cintanya dengan aplikasi keren ini, saya sudah membuat list menu masakan apa saja yang akan dimasak selama sebulan. Jadi sangat membantu profesi saya sebagai freelancer dan guru TK yang kadang waktunya sibuk di depan laptop dan berangkat mengajar pagi-pagi buta.

Informasi Resep Jelas dan Detail

Keunggulan Yummy App yang bikin Anda tidak akan melirik yang lain adalah, informasi resep tertulis sangat detail dan jelas. Ada juga video tutorial yang membantu memudahkan Anda mengetahui tentang takaran bahan, cara memasak yang benar, jumlah porsi, durasi memasak, perkiraan budget, info kehalalan, serta foto-foto masakan yang sangat menggiurkan. Jadi dijamin ANTI GAGAL meski anda baru pertama kali membuat menu masakan tersebut.

Fitur Upload Kreasi Resep Masakan Sendiri

Selain meminta anak sebagai penguji masakan emaknya. Saya sangat senang ketika mengetahui fitur upload resep sendiri juga ada di yummy. Duh, bangga dong semisal saya upload resep di sana, lalu banyak orang yang memakai resep tersebut. Terus, di kolom komentar mendapat pujian-pujian positif. Wah, jadi moodbooster memasak sekali!

Rekomendasi Resep Berdasarkan Bahan di Kulkas

Kalau boleh saya jujur, Yummy App merupakan aplikasi memasak terunik era saat ini. Di mana resep masakan tidak paten, tetapi kita bisa memilih resep masakan berdasarkan bahan-bahan yang ada di kulkas. Misal, di kulkas ada ayam dan sayuran jagung. Ketik saja 2 kata tersebut di kolom pencarian. Maka selanjutnya Anda akan disuguhkan aneka resep yang bikin ngiler. Anda tinggal pilih sesuai selera saja.

Mendapatkan Resep Gratis dari Para Chef Ternama

Di aplikasi Yummy Anda bisa mendapatkan resep dari para chef ternama secara gratis. sehingga secara tidak langsung Anda bisa belajar dari pakarnya secara cuma-cuma. Nggak perlu resepnya bakal susah untuk diaplikasikan. Meskipun tertera Chef ternama yang memberikan resep tetapi Anda bisa mempraktikkan dengan mudah

Fitur Filter Harga

Ternyata, di yummy app juga ada jenis resep masakan yang bisa dipilih sesuai budget. Budget yang ditawarkan pun murah meriah. Mulai dari 10.000 ada lho. enak banget, kan?

Caranya, masuk ke halaman pencarian resep lalu tekan tombol Fitur Resep dan pilih filter sesuai kebutuhan. Mudah dan ngajarin kita memasak hemat banget nih. Jadi kelola keuangan memasak akan lebih teratur.

Fitur Komunitas Untuk Berbagi Resep

Keistimewaan pada fitur ini, Anda bisa berbagi resep, membahas berbagai resep dari para Chef sekaligus berinteraksi dalam bentuk komunitas anggota Chef Yummy.

Fungsi dari fitur ini sendiri adalah berupa kumpulan konten resep anggota pengguna aplikasi Yummy yang sudah dikurasi oleh editor Chef Yummy.

Bagi yang lolos kurasi, kemudian resep masakan dipublish dan dilihat oleh banyak orang. Maka besar kemungkinan resep Anda akan masuk pada golongan  trending resep komunitas. 

Tak hanya itu, di sini juga bisa saling memberikan rating, bertanya, dan memberikan komentar antar anggota. Seru ya?

Apa Sih Keuntungan Menggunakan Aplikasi Yummy?

Pasti nggak bakal nyangka jika aplikasi Yummy App ternyata bisa menghasilkan uang juga. Bagaimana caranya? Cek, yuk!

Publish Resep Dapat Duit

Siapa yang mengira jika di aplikasi Yummy ini, dengan publish resep aja bisa dapat duit. Yup, salah satu Keunggulan Yummy app yang bikin mata saja mendadak Ijo.

Ternyata kita bisa dapatin duit dari setiap resep yang berhasil publish. Bentuk penghasilannya berupa  poin reward untuk resep masakan yang berhasil diunggah. Poin tersebut bisa dirupakan dalam bentuk uang sebesar 10.000 per resep. Lumayan banget, kan? Coba bayangkan jika ada  30 resep selama 30 hari. Dalam sebulan, berapakah penghasilan  yang kita dapatkan?

Program Affiliasi Kode Referral 

Keuntungan lain yang bisa Anda nikmati adalah dengan membagikan kode referral yang Anda dapatkan saat pertama kali daftar. Kemudian mengajak teman sebanyak-banyaknya untuk menjadi pengguna di Yummy App juga dengan menggunakan kode referral Anda. Setelahnya, Anda akan mendapatkan poin dari hasil mengajak teman tersebut.

Event dan Promosi 

Anda juga akan berkesempatan mendapatkan penghasilan dengan mengikuti event dan promosi yang ditawarkan oleh Yummy App. Karena jika Anda bisa lolos menjadi pemenang, maka ada hadiah menarik yang bisa Anda dapatkan.

Nah, sangat menarik bukan? Segera download aplikasi Yummy App dan dapatkan kemanfaatan berlimpah.